SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Yuk Persiapkan 6 Hal Ini untuk Menghadapi Persaingan Kerja

Halo Sobat Campuspedia! Apakah kamu sedang merasa bahwa persaingan kerja semakin ketat dan semua pekerja menjadi kompetitif dalam bidangnya masing-masing? Atau, kalau kamu belum bekerja, bisa jadi persaingan di dunia organisasi, kepanitiaan, atau pendidikan juga terasa sangat kompetitif?

Persaingan kerja adalah hal yang wajar

Sebelumnya, kamu harus paham dulu nih kalau kompetisi atau persaingan kerja itu adalah hal yang wajar dan sering terjadi kok. Dengan adanya kompetisi tersebut, kamu akan terus terpacu untuk belajar menjadi lebih baik lagi dengan memaksimalkan kemampuan dan kualitas diri. Istilah kerennya push the limit!

Selalu tanamkan ke diri sendiri bahwa orang-orang yang berada di lingkungan kompetisimu itu hadir untuk membuat kualitas dirimu meningkat, bukan untuk membuat kamu menjadi “tidak aman” dengan bidang pekerjaan yang sedang kamu ambil.

Dalam dunia karier, tentu kompetisi hadir dengan tujuan mencapai level up di bidang pekerjaan masing-masing. Entah untuk mendapatkan promosi kenaikan jabatan, kenaikan gaji, atau peluang project baru.

Kira-kira kamu udah siap belum nih menghadapi kompetisi tersebut? Yuk simak beberapa tips berikut untuk membantu kamu menjadi pekerja yang unggul di lingkungan kerja yang kompetitif. Hadapi kompetisi dengan cara yang sehat untuk mendapatkan peluang level up career yang lebih besar!

1. Miliki Motivasi dan Semangat Bekerja

Untuk menghasilkan pekerjaan yang baik tentu dibutuhkan motivasi dan usaha yang tidak mudah. Tunjukan semangatmu dalam bekerja karena dengan begitu kamu akan menyebarkan energi positif ke rekan kerjamu yang lain. Semangat dan motivasi juga akan membuat kamu semakin mudah menjalani dan menyelesaikan tugas-tugasmu dan tentunya berpeluang besar mendapatkan hasil yang optimal!

2. Berintegritas

Tentu kamu sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata integritas? Ketika kamu menjadi pekerja yang berintegritas, kamu akan diidamkan banyak orang loh karena ketika seseorang memiliki tingkat integritas yang baik maka ia akan menunjukkan sikap tanggung jawab, jujur, serta menunjukkan prinsip moral dan etika yang baik. Integritas juga dibutuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan antara sesama rekan kerja.

3. Miliki Karakter yang Baik

Karakter berkaitan erat dengan integritas. seseorang yang berintegritas tentu harus memiliki karakter yang baik juga, seperti ramah, hormat, pekerja keras, dan bertanggung jawab.

Baca juga: Tips Membangun Karakter Diri untuk Karier yang Sukses

4. Miliki Sikap yang Rendah Hati

Tidak ada orang yang sempurna. Oleh karena itu, tanamkanlah sikap rendah hati dengan cara berani mengakui kesalahan jika memang berbuat salah. Menegur rekan kerja dengan cara yang tepat jika mereka melakukan kesalahan atau memerlukan perbaikan dalam pekerjaannya.  

5. Membangun Relasi yang Baik

Mau bagaimanapun juga, bekerja di suatu perusahaan, organisasi, atau apapun itu tentu dibutuhkan kemampuan interpersonal yang baik. Untuk dapat bekerja dalam tim, kamu harus mampu membina hubungan yang baik dengan rekan kerjamu, atasan, atau staff lainnya.

Relasi yang baik akan memunculkan keterikatan, rasa memiliki, kepercayaan, kenyamanan, dan rasa kekeluargaan. Untuk dapat membina relasi yang baik, perlu sikap rendah hati juga loh sesuai dengan yang dibahas di poin 4 di atas. Kamu juga bisa mencoba untuk menawarkan bantuan ke rekan kerja yang lain supaya rasa kekeluargaan kalian bisa semakin terjalin ya, friends!

6. Terus Belajar dan Kerjakan Tugas dengan Maksimal

Sepanjang karier, kamu dituntut untuk terus belajar dan memperbaiki diri. Terkadang kamu juga harus bisa menjadi fast learner karena tidak kondisi pekerjaan bisa berubah dengan cepat sehingga kamu harus bisa cepat beradaptasi.

Kerjakan setiap tugas-tugasmu dengan fokus dan detil ya supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari kecerobohan atau mengumpulkan tugas melebihi tenggat waktu. Jangan sampai melebihi deadline ya!

Baca Juga: Hindari 5 Hal ini Saat Menggunakan LinkedIn

Nah, sekarang kamu sudah semakin siap belum nih mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri dengan cara-cara di atas? Kamu juga bisa banget loh ikutan Online Career Class edisi “Tips and Tricks to Level Up Your Career Level” pada 5 Desember pukul 19.15-21.00 bersama mentor kece kita, yaitu kak Alvin Tanthio, HR Professional in A Global FMCG Company. Yuk daftar DI SINI.

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Step by step untuk menaikkan career level
  • Cara untuk tetap termotivasi dalam mengejar level karier
  • Cara menghadapi sebuah kompetisi
  • Tips dan trik dalam mengejar level karier

Garis besar yang akan dipelajari:

  • Steps untuk meningkatkan jenjang karier
  • Cara untuk tetap termotivasi dalam meningkatkan jenjang karier
  • Tips dan triks kompetisi antar pekerja dalam meningkatkan jenjang karier
  • Hal-hal yang menjadi pertimbangan perusahaan untuk menaikkan posisi karyawan
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam menaikkan jenjang karier

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Ayo jangan tiggalkan kesempatanmu, segera daftar DI SINI!

The post Yuk Persiapkan 6 Hal Ini untuk Menghadapi Persaingan Kerja appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR