SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Yuk Kenalan Sama Green Job, Peluang Karir yang Menjanjikan di Masa Depan!

Halo Sobat Campuspedia! Kurang lebih sudah 6 bulan nih kita berhadapan dengan pandemi Covid-19. Gimana kabar kalian? Semoga tetap baik-baik aja ya. Selama masa pandemi ini, ada frase ”new normal” yang selalu dikumandangkan setiap saat. Siapa sih yang masih asing sama frase tersebut? Menurut Minca kayaknya semua orang udah tahu deh new normal. Yap, benar banget. New normal adalah upaya dari pemerintah untuk mengupayakan hidup bersih dan sehat. Ini bukan berbicara hanya saat pandemi Covid, tapi kehidupan “new normal” itu memang sudah sepantasnya untuk diterapkan agar kita memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Hidup bersih dan sehat itu ga bisa kamu dapatkan kalau lingkungan disekitar mu masih kotor ataupun kumuh ya. Nah makanya Indonesia sendiri juga sudah gencar kan untuk membentuk suatu lingkup hidup yang ramah lingkungan, biar kamu bisa tetap nyaman dan sehat. Tapi, pernah ga sih Sobat Campuspedia berpikir bagaimana kita bisa mencapai kehidupan yang ramah lingkungan itu? Kalau masih bingung gimana caranya, yuk langsung simak aja penjelasan dari Minca!

Selain Covid 19 yang menjadi trending topic di tahun ini, masih ada masalah global yang penting, yaitu Global Warming. Sebenarnya bisa dikatakan bahwa kondisi Covid 19 memberikan efek yang cukup baik untuk lingkungan sekitar. Intinya sih selalu ada hikmah baik dalam setiap masalah yang kita hadapi ya Sobat. Oleh karena beberapa masalah dunia yang benar-benar krusial, muncul solusi yang bisa diterapkan. Salah satu caranya adalah dari pengembangan program Green Job. Green Job? Hmm masih asing ya. Yaudah Minca langsung jelasin. Simplenya, Green Job adalah upaya dari transformasi dari ekonomi, perusahaan, tempat kerja dan tenaga kerja menjadi pekerjaan yang layak, berkelanjutan dan rendah karbon. Jadi win win solution, ekonomi tetap jalan dan lingkungan tetap terjaga.

Kenapa sih Green Job akan menjadi prospek yang menjanjikan di masa depan?

Green Job

Bumi membutuhkan kita, untuk terus melestarikan lingkungan. Pemerintah pun sudah menggalang berbagai program untuk pelestarian lingkungan. Apalagi Indonesia merupakan paru-paru dunia. Seluruh negara pasti menyandarkan harapannya kepada Indonesia. Otomatis banyak banget Sumber Daya Manusia yang akan dibutuhkan untuk dapat menempati posisi-posisi yang dibutuhkan untuk realisasi dari program pelestarian lingkungan.

Kalau gitu, ciri-ciri Green Job tuh gimana?

Green Job tidak selalu membicarakan sebuah “lulusan jurusan tertentu”. Apabila kamu merupakan anak teknik, manajemen, komunikasi, akuntan dan lainnya, bisa banget kamu bekerja dalam bidang ini. Hal yang paling penting adalah kamu punya pembekalan mengenai Energi Baru dan Terbarukan dan kamu punya gaya hidup yang ramah lingkungan. Untuk meninjau lebih jauh apa sih Green Job, yuk simak aspek yang harus selalu ada dalam pelaksanaan Green Job:

  1. Pengurangan konsumsi energi dan penggunaan material mentah (raw material)
  2. Pembatasan pengeluaran emisi gas rumah kaca
  3. Minimalisasi sampah (waste) dan polusi
  4. Perlindungan dan perbaikan ekosistem

Keren kan ya kalau kamu bisa berkontribusi untuk negara dengan melestarikan lingkungan? Habis ini pasti banyak yang nanya “Min, mau dong berkontribusi untuk lingkungan. Tapi aku masih muda sih, belum ada pengalaman. Gimana ya?”

Tenang-tenang, Minca punya solusinya! Ada yang namanya SOBAT BUMI.

Sobat Bumi merupakan sebuah gerakan sosial berbasis masyarakat yang bertujuan untuk menyebarluaskan kesadaran mengenai pentingnya melakukan inovasi energi bagi keberlangsungan bumi. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung penuh pengembangan dan pemanfaatan keberlangsungan Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Kontribusi sekecil apapun akan sangat berdampak pada lingkungan kita loh. Aksi kita bisa dimulai dari mengikuti kegiatan sosial, seperti Sobat Bumi ini. Kamu bisa sama-sama belajar, diskusi, menambah wawasan dalam pengembangan dan pemanfaatan EBT.

Penasaran apa saja sih yang dilakukan sama Sobat Bumi untuk menjaga lingkungan kita? Cepetan kepoin websitenya di www.sobatbumi.id atau bisa juga langsung cek Instagram Sobat Bumi dan Facebook nya ya. Ditunggu kontribusi kalian untuk lingkungan! Save earth, save lives!

Baca Juga: Merasa Tergerak Dengan Isu Lingkungan? Ini 4 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan!

Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  Campuspedia agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

The post Yuk Kenalan Sama Green Job, Peluang Karir yang Menjanjikan di Masa Depan! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR