SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Yuk! Intip 4 Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan Lengkapnya!

Hai Campuspedia-friends!—Setelah tahu nih Serba-serbi TOEFL dan IELTS, ada kabar baik lagi nih! Karena Campuspedia kembali menyelenggarakan Online English Fair 2020 dimana kamu bisa memperdaalam kemampuan bahasa inggris kamu lewat TOEFL Prediction Test sekaligus preparation untuk Scholarship! Siapa nih yang penasaran contoh soal yang ada di TOEFL Prediction Test-nya Campuspedia? Kalau iya, yuk kita belajar bareng-bareng C-friends!

Contoh Soal TOEFL 1

Soal Reading Comprehension

Nah, contoh soal TOEFL Prediction Test dari Campuspedia yang pertama, kita mulai dari Reading Comprehension dulu ya!

Williamsburg is a historic city in Virginia that was settled by English colonists in 1633, twenty-six years after the first permanent English colony in America was settled at Jamestown. In the beginning, the colony Williamsburg was named Middle Plantation because of its location in the middle of a peninsula between two rivers, the York and the James. The site for Williamsburg had been selected by the colonists because the soil drainage was better there than at the Jamestown location, and there were fewer mosquitoes.

The passage indicates that Jamestown____

  1. was settled in 1633
  2. was settled twenty-six years after Williamsburg
  3. was the first permanent English colony in America
  4. was originally named Middle Plantation

Pembahasan Contoh Soal 1

Jawaban yang paling tepat adalah opsi (C). Jenis soal diatas adalah mengukur pemahaman mengenai informasi tersurat yang ada di dalam teks tersebut.  Dari pertanyaan diatas, hal yang perlu dilakukan adalah membaca dengan cermat apa maksud dari soal, yaitu menemukan bagian yang membahas tentang Jamestown.

Pada bacaan diatas, diketahui bahwa Williamsburg dihuni oleh penjajah Inggris pada tahun 1633, dua puluh enam tahun setelah koloni Inggris permanen pertama di Amerika diselesaikan di Jamestown. Mari kita cek setiap opsi jawaban untuk membandingkan kebenaran di dalam teks bacaan

  • Jawaban (A) salah, karena itu Williamsburg yang diselesaikan pada tahun 1633
  • Ini dijelaskan dalam teks bacaan pada kalimat pertama yaitu “Williamsburg is a historic city in Virginia that was settled by English colonists in 1633” . Jadi jelas informasi ini tidak berkaitan dengan Jamestown
  • Jawaban (B) salah, karena Jamestown diselesaikan sebelum dan bukan setelah Williamsburg.
  • Coba perhatikan kalimat pertama pada bacaan teks “Williamsburg is a historic city in Virginia…………, twenty-six years after the first permanent English colony in America was settled at Jamestown.” Dari kalimat ini sudah jelas bahwa williamsbrug telah diselesaikan 26 tahun setelah Jamestwon. Berarti Jamestwon dibangun lebih awal dari Williamsbrug.
  • Jawaban (D) salah karena nama Middle plantation disebut Williamsburg.
  • Coba perhatikan kalimat kedua seperti berikut : “In the beginning, the colony Williamsburg was named Middle Plantation……”. dari kalimat ini jelas dikatakan bahwa sebenarnya penamaan Willamsburg adalah Middle plantation bukan Jamestwon yang dinamakan seperti itu

Maka pilihan yang tepat adalah (C) karena jelas secara langsung menyatakan bahwa Jamestown adalah koloni Inggris permanen pertama di Amerika.

Baca juga: Serba-serbi TOEFL dan Jenis-jenisnya, Sudah Tau?

Contoh Soal 2

Masih contoh soal Reading Comprehension nih C-friends, yuk coba deh cari tahu jawaban yang benar yang mana?

 

 

 

 

 

 

 

 

Next, there is the problem of waste. All nuclear power stations produce wastes that in most cases will remain radioactive for thousands of years. It is impossible to make these wastes radioactive, and so must be stored in one of the inconvenient ways that scientists have invented. For example they must be buried under the ground, or dropped into abandoned mines, or sunk in the sea. However, these methods do not solve the problem, since an earthquake could easily crack the containers open.

 

The word “they” in line 11 refers to___

  1. Scientists
  2. wastes
  3. nuclear power
  4. stations

Pembahasan Contoh Soal 2

Soal ini menanyakan tentang rujukan (refers to)  dari kata ganti tertentu. Pada soal ini kata “they” merujuk kepada apa? Kalau kita perhatikan pada baris ke-11 terdapat kalimat sebagai berikut:

  • For example they must be buried under the ground, or dropped into abandoned mines, or sunk in the sea. Kalimat ini menjelaskan bahwa “mereka (they)” harus di kubur di bawah tanah, atau dijatuhkan ke tambang yang ditinggalkan, atau ditenggelamkan di laut.
  • Untuk membantu menjawab siapa “mereka (they)” ini, kita lihat kalimat sebelumnya; “It is impossible to make these wastes radioactive, and so must be stored in one of the inconvenient ways that scientists have invented”. Kalimat ini bisa diartikan sebagi berikut : “Tidak mungkin membuat limbah ini menjadi radioaktif, dan karenanya harus disimpan dengan salah satu cara tidak nyaman yang ditemukan para ilmuwan.”
  • Maka kata “they”yang dimaksud adalah limbah (wastes) karena sesuai dengan penjelasan sebelumnya bahwa limbah ini harus di simpan dengan cara yang telah ditemukan ilmuwan, cara tersebut bisa dikubur dibawah tanah, dijatuhkan ke tambang, atau ditenggelamkan.

Contoh Soal 3

Soal Structure

Nah, dua contoh soal tadi kan sudah Reading, yang ketiga ini yuk kita coba bedah soal Structure!

While attempting to reach his home before the storm, _______
A. the bicycle of John broke down
B. it happened that John’s bike broke down
C. the storm caught John
D. John had an accident on his bicycle

Pembahasan Contoh Soal 3

Jawaban yang benar adalah opsi (D), hal ini bisa jelasakan sebagai berikut :

  • Reduction in adverbial clause –> while John was attempting to reach his home before the storm, John had an accident on his bicycle.
  • Reduce adverb clauses mengarah kepada pemendekan sebuah adverb clause menjadi adverbial phrase. Adverb clauses hanya dapat direduksi apabila subjek pada dependent (adverb clause) dan independent clause adalah sama.
  • Dari keempat jawaban yang tersedia, hanya pilihan D saja yang memiliki subjek yang sama dengan klausa pertamanya. Subjek yang dimaksud adalah John. Pada pilihan A, subjek yang tertera adalah “the bicycle”. Untuk pilihan B, subjek yang tertera adalah “it”. Untuk pilihan C, subjek yang tertera adalah “the storm”.

Baca juga: Serba-serbi IELTS dan Jenisnya yang Wajib Kamu Tau!

Contoh Soal 4

Soal Written Expression

In autumn, briliant yellow, orange, and red leaves are commonly  to  both the sweet

(A)                                                                                         (B)         (C)

Gum tree and the Maple.

                 (D)

Pembahasan Contoh Soal 4:

Pada dasarnya ini adalah jenis soal untuk mencari kata ataupun yang lainnya yang penyusunan grammarnya salah dalam penempatan di kalimat tersebut. Kata kunci untuk menjawab pada soal ini adalah pada kata “are”. Perhatikan penjelasan berikut ini guys,:

  • Kata “commonly” merupakan kata keterangan atau adverb sehingga tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kata sifat diperlukan dalam kalimat ini, sehingga kata “commonly” harusnya diganti menjadi “common. Hal ini terjadi dikarenakan setelah adanya to be “are” maka hanya boleh diikuti oleh adjective ataupun noun dan untuk didalam soal, kita memerlukan adjective untuk menyempurnakan kalimatnya,
  • Maka dalam hal ini jawaban yang tepat adalah (B)

Nah, itu dia C-friends 4 Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan Lengkapnya. Gimana? Masih kurang nih? Tenang! Kalau kamu masih mau mengasah sekaligus memperdalam kemampuan bahasa inggrismu lewat TOEFL Prediction Test, bisa banget nih ikutan Online English Fair 2020!

Ada 3 paket pilihan yang bisa kamu pilih loh! Jadi, selain untuk TOEFL Preparation, ada juga paket untuk Scolarship atau bahkan Paket Komplit TOEFL dan Scholarship! Dimana Online English Fair Campuspedia 2020 ini akan berlangsung dari tanggal 26-5 Desember 2020.

Dapet Fasilitas Apa Aja?

Fasilitas yang akan diperoleh dalam Paket Komplit (Paket TOEFL Preparation + Paket Scholarship)  :

  • Test TOEFL
  • Sertifikat
  • Modul & Record Acara
  • Pembahasan & Kunci Jawaban Soal TOEFL
  • Group WA + Coaching Clinic (CV dan Motlet)*
  • Bank Soal TOEFL*

Speakernya Siapa Aja?

  • Dewantoro Ratri, M.Hum. – Fullbright Foreign Language Assistant di University of Georgia, Amerika Serikat.
  • Nur Shabrina Safitri – Chinese Government Scholarship 2019 Awardee.
  • Ahmad Muhfid Chomsa – LPDP Scholarship 2019 Awardee.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website Campuspedia Academy atau dengan link alternatif di bit.ly/KelasOEF. Atau langsung tanya ke Contact Person berikut:  0881 1265 172 (Marvel) atau 0898 9735 003 (Alya).

Eits! Ada Promo Menarik Juga Loh!

Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, ada potongan harga khusus bagi kamu yang daftar sampai tanggal 30 November 2020! Dengan kode promo HAIOEF ya C-friends!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #2020LolosPTN (@campuspedia_edu)

Yuk, tunggu apa lagi? Kami tunggu kamu di Campuspedia Online English Fair 2020ya!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Yuk! Intip 4 Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan Lengkapnya! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR