Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Tips Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, kadang bingung enggak sih bagaimana cara perkenalan diri saat interview kerja? Karena ternyata tidak boleh asal jawab loh!

Perkenalan diri akan memberikan kesan pertama yang mendalam bagi HRD atau User yang mewawancarai kalian. Jadi pastikan kalian bisa menggambarkan diri kalian dengan baik kepada pewawancara. 

Minca punya beberapa tips untuk kalian memperkenalkan diri nih! Eits tapi sebelum membahas itu, Minca mau ngasih tau nih beberapa jenis-jenis interview kerja yang nanti bisa kalian temui.

Jenis-jenis Interview Kerja

jawab wawancara rencana 5 tahun ke depan
photo by mart production

Wawancara Biasa dan Wawancara Perilaku

Wawancara biasa adalah salah satu wawancara dengan tipe standar yang biasa ditemui oleh para pendaftar kerja. Disini biasanya akan ditanya hal-hal basic dan seputar diri kalian. Biasanya wawancara biasa ini dilakukan oleh HRD, User, atau Manager perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kalian adalah kandidat yang tepat.

Sementara wawancara perilaku adalah sebuah wawancara yang dilakukan untuk mengetahui perilaku kalian di masa lalu untuk memprediksi perilaku kalian di masa datang. Bisa dibilang HRD ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengalaman dan perilaku kalian di tempat kerja sebelumnya.

Wah ternyata ada ya seperti itu? Baru tau kan?

Wawancara Study Kasus

Kalian pernah ditanya tentang sebuah situasi jika sudah diterima? Atau tentang sebuah permasalahan dan bagaimana untuk bersikap? Nah ini adalah jenis wawancara study kasus, dimana kalian akan diberi case dan harus bisa menjawab saat itu juga. 

Sedikit tips, jika kalian mendapatkan pertanyaan semacam ini, pastikan kalian menjawab dengan jujur dan dengan metode STAR (Situation- Task- Action – Result). Bagaimana maksudnya? Jadi kalian jawab secara runtut mulai dari situasi sejenis yang pernah kalian alami, tugas seperti apa yang pernah kalian kerjakan, dan apa langkah kalian untuk mengatasi masalah tersebut? Yang terakhir hasil akhir dari yang sudah kalian lakukan.

Perlu diperhatikan, kalian harus menjelaskan Action dan Result secara rinci, agar HRD ingin mengetahui bagaimana cara kalian menangani sebuah masalah. Tambahkan juga beberapa jawaban yang relate dengan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan!

Pertanyaan yang Umumnya Diajukan Saat Interview

pertanyaan sebelum tanda tangan kontrak kerja
Photo by Headway

Nah kali ini Minca sudah merangkum beberapa pertanyaan yang biasanya ditanyakan, simak baik-baik ya dan persiapkan jawabannya!

  • Silahkan perkenalkan dirimu
  • Mengapa melamar posisi ini?
  • Sebutkan kekurangan dan kelebihanmu
  • Kenapa saya harus merekrut Anda?
  • Apa jobdesk dari posisi yang Anda lamar?
  • Apa bedanya perusahaan kami dengan perusahaan lain?

Lanjut ke poin yang utama, yaitu bagaimana sih cara memperkenalkan diri saat interview kerja? Simak beberapa tips dan contoh berikut!

Cara Perkenalkan Diri Saat Interview

apa itu notice period
photo by tumisu/question g47

Kali ini Minca akan membahas hal-hal yang wajib ada di perkenalan diri kalian saat interview kerja

Perkenalkan Diri dengan Singkat dan Padat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kalian harus memperkenalkan diri dengan singkat dan padat. Pastikan informasi yang kalian sampaikan tidak bertele-tele dan langsung to the point dengan perkenalan dan serangkaian hal-hal wajib lainnya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Perkenalkan nama Anda

Identitas pertama kali yang harus kamu perkenalkan adalah nama panjang, setelahnya bisa kamu tambahkan nama panggilan kamu. Pastikan kamu memperkenalkan nama pertama kali ya! Jangan menyebutkan hobi, umur, agama, dan hal-hal tidak penting lainnya.

Sedikit tips, saat kalian sudah dipersilahkan untuk memperkenalkan diri, biasakan ucapkan terimakasih karena sudah diberi kesempatan wawancara dan atas waktunya. Ini akan menjadi nilai plus!

Latar Belakang Pendidikan

Selanjutnya, sampaikan juga latar belakang pendidikan kalian! Berasal dari universitas mana, jurusan apa, angkatan berapa, dan jika sudah lulus sertakan bulan kapan kalian lulus.

Hal ini akan memudahkan HRD memahami kalian, jadi pastikan jangan sampai lupa untuk mengenalkan latar belakang pendidikan Anda!

Pengalaman Kerja atau Organisasi

Ini adalah bagian paling menarik bagi seorang HRD, karena dengan perkenalan diri kalian melalui pengalaman kerja dan organisasi, mereka kan mengetahui seberapa jauh posisi dan peran kalian dalam organisasi maupun dunia kerja.

Di sinilah kalian harus stand out dan menceritakan pengalaman kerja secara singkat yang relate dengan posisi yang dilamar. Buat HRD terkesima!

Contoh Perkenalan Diri Saat Interview Kerja

tujuan bertanya rencana 5 tahun ke depan
photo by sora shimazaki

Kali ini Minca juga mau memberikan sedikit tips nih untuk kalian tentang bagaimana sih memperkenalkan diri yang baik? Simak beberapa contoh berikut!

Contoh 1

Perkenalkan nama saya Adya Puspita, saya lulusan Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Komunikasi enam bulan yang lalu. Saya mendapatkan banyak pengalaman saat menempuh perkuliahan, karena bukan hanya belajar mengenai materi di kelas, saya juga aktif dalam beberapa organisasi dan kepanitiaan yang melatih sift skill saya.

Contoh 2

Terimakasih atas kesempatan dan waktunya yang telah diberikan kepada saya. Nama saya Adya Puspita, saya  lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dua bulan lalu. Jurusan Ilmu Komunikasi sangat cocok bagi saya, karena memiliki kesempatan kerja yang luas dan mempelajari hal-hal yang saya sukai.

Contoh yang Sudah Berpengalaman

Setelah melihat contoh-contoh yang standar, kali ini ada contoh untuk kalian yang sudah berpengalaman di suatu bidang.

Perkenalkan nama saya Thomas Jaya. Saya lulus dari Universitas Gajah Mada jurusan Ilmu Komunikasi pada tahun 2018. Selang satu bulan, saya bekerja di PT. Telekomunikasi Indonesia, sebagai human relations. Selama 5 tahun di posisi ini, saya berhasil membangun citra baik perusahaan dan mendaatkan beberapa penghargaan. Saya juga sukses berpartner dengan pihak-pihak eksternal.

Contoh Lulusan SMA

Untuk kalian yang lulusan SMA, jangan khawatir ya! Karena kalian masih tetap bisa unjuk diri dan menarik perhatian HRD dengan perkenalan seperti berikut.

Nama Saya Wahyu Jati Kusuma Saya berusia 20 tahun, lulusan SMA, saya pernah mengikuti kursus bahasa Ingrris di Pare. Sehingga saya memiliki kemampuan yang lebih di bidang bahasa Inggris. Sya sudah sering menulis artikel bahasa Inggris dan mengajar bimbel.

 Contoh Perkenalan Diri Interview Kerja Fresh Graduate Pengalaman Magang

Punya banyak pengalaman magang? Jangan sampai lewatkan kesempatan berharga untuk menceritakan sedikit pengalamanmu saat perkenalan!

Perkenalkan nama saya  Indra Gunawan, saya lulusan dari Universitas Negeri Maalang pada tahun 2017. Saya cukup aktif dalam dunia magang saat kuliah, salah satunya pengalaman magang terbaik saya adalah menjadi Human Resources di Shopee. Saya mempelajari banyak hal dan mengimplementasikan ilmu saya, mulai dari sumber daya manusia, proses rekruitmen, offering, dan lain sebagainya. Pencapaian saya di magang saya berhasil hire lebih dari 30 karyawan selama 3 bulan.

Contoh Perkenalan Diri Interview Kerja Fresh Graduate yang Memiliki Pengalaman Organisasi

Nah jika kamu adalah seorang fresh graduate yang memiliki segudang pengalaman organisasi, bisa gunakan contoh ini ya!

Perkenalkan nama saya Fadil Shandy, lulusan Universitas Padjadjaran jurusan Ilmu Pternakan pada tahun 2020. Saya dikenal sebagai pribadi yang aktif di organisasi, selama berkuliah saya menjabat menjadi ketua BEM Unpad. Banyak sekali yang saya pelajari dari dinamisasi organisasi yang saya naungi, saya menjadi belajar tentang time management, leadership, komunikasi, berprikir kritis, bersikap tegas, dan lain sebagainya. Menjabat menjadi ketua BEM juga membuka relasi saya dengan berbagai organisasi lainnya baik di dalam kampus maupun luar kampus. Hal ini sangat cocok dengan saya yang menyukai berinteraksi dan bertukar pikiran dengan orang lain.

Contoh Perkenalan Diri Saat Interview Kerja Memakai Bahasa inggris

Lalu kalau memakai bahasa Inggris bagaimana nih? Waduh takut banget gak bisa jawabnya deh! Tenang saja, kalian bisa menggunakan berbagai template berikut!

Contoh 1

Good morning Sir, I am glad to be here for this interview. Firstly, I would like to thank you for giving me the opportunity to introduce myself. My name is Shandy. I am 22 years old. I am find the information that Tokopedia seeking an Sales Lead. My professional experience and my awareness of your well-known reputation have led me to want to work for your company.

I am graduated from Padjadjaran University major Management in 2021. Over the 4 years, I have so many experience that match with this position. I have an internship as a marketing team at Shopee, and also I have a responsbility as Manager of Marketing at Himabis. I am able to work on under pressure and gain a new things. I am expecting to become your colleague someday. Thank you.”

Contoh 2

Hello thankyou for the opportunity to join this interview, My name is Kamila. I am 23 years old. I have graduated my bachelor degree in Universitas Indonesia major Computer Science last year. I am apply for data scienticst position in Campuspedia. I believe I have some skilss that proper for this position. I have some experiences too that relate with this job description. Besides, I am fluent in English, Bahasa, Chinese, and Japanese, which i think can help my work

Contoh 3

First, I would like to thank you for giving me an opportunity to introduce myself. My name is Jaja Wijaya. I have graduated from the University Islam Indonesia one years ago. I have won many trophies for my university, one of them was when I won the writing contest in Yogyakarta. I have a huge passion for writing and make a script. That is the main reason why I apply for this job as an content writer in this company.

If I am welcomed to be a part of this company, I will do my best to make a great copywriter and impactful message in every campaign. In my spare time, I like to publish some informational posts on my personal website. If you would like to visit my personal website, you can check it in my curriculum vitae. I am fluent in both active and passive English. That’s all about me. Thank you.”

Nah bagaimana? Apakah kalian sudah memiliki gambaran untuk memperkenalkan kepada HRD saat wawancara besok? Persiapkan perkenalan diri sebaik mungkin ya untuk memukau HRD!

BACA JUGA:

Digital Marketing Campaign: Jenis yang Perlu Kamu Ketahui

Lowongan Google Indonesia Dibuka Untuk 25 Posisi, Segera Lamar!

The post Tips Perkenalan Diri Saat Interview Kerja appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar