SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Tips Mengoptimalkan Jasa Endorse Selebgram untuk Bisnis yang Efektif!

Halo sobat Campuspedia! Dilansir dari QWord, endorse adalah bentuk promosi/iklan yang umum digunakan oleh banyak bisnis, mulai dari makanan, pakaian, hingga skincare dan makeup. Biasanya, endorse yang dilakukan selebgram ini dilakukan secara online via media sosial, bisa dalam bentuk teks, foto, atau bahkan video.

Endorsement dilakukan sebagai strategi marketing guna meningkatkan sales sebuah produk. Umumnya, para pebisnis menarik customer dengan menggunakan jasa influencer seperti selebgram. Telah terbukti bahwa produk yang diiklankan oleh influencer akan lebih laku dan bisa cepat viral!

Kenapa Harus Jasa Endorsement, sih?

Semakin kesini, banyak pengusaha ataupun brand menggunakan jasa endorsement untuk strategi pemasaran produk mereka. Tidak jarang, mereka memilih para influencer ataupun selebgram untuk melakukan endorse tersebut. Dilansir dari CNBC Indonesia pada 13 Oktober 2019, Parvez Ghoman selaku Digital Communication Specialist PT Egogohub Indonesia  mengatakan bahwa perusahaannya sering melakukan strategi endorsement. Dengan endorsement produk kepada selebgram, produk akan dikenal lebih luas karena followers selebgram akan memperhatikan produk yang diposting melalui akun selebgram tersebut.

Baca Juga: Tips Lolos Tahap FGD dan LGD

Jasa Endore Gratis Selama Pandemi

Sejak pandemi COVID-19 yang memberikan dampak pada perekonomian masyarakat, banyak influencer atau selebgram membuka jasa endorse gratis untuk para UMKM loh! Yuk simak nama-namanya siapa tahu mereka masih membuka endorse gratis sampai sekarang!

  • Ashanty. Di instagram story 25 Maret lalu, Ashanty membuka endorse produk ataupun makanan secara gratis. 
  • Aurel Hermansyah. Mengikuti jejak sang bunda, Aurel membuka free endorsement yang lebih spesifik ke bentuk barang. 
  • Jessica Iskandar. Membantu mempromosikan produk, brand, ataupun service secara gratis.
  • Via Vallen. Mempromosikan produk, kecuali masker kesehatan, skincare, judi online, dan sejenisnya.
  • Ernest. Khusus untuk usaha kuliner di Jakarta.
  • Melly Goeslaw. Free endorsement khusus untuk para pengusaha kecil.
  • Terry Putri. Free endorsement untuk para UKM dan UMKM tanpa perlu mengirimkan barang, jadi hanya materinya saja untuk dipromosikan.
  • Annisa Pohan. Free endorsement untuk para UKM dan UMKM

Selebgram yang membuka jasa endorse gratis tidak hanya 8 orang di atas loh, tetapi masih banyak lagi yang bernisiatif untuk melakukan hal yang sama. 

Istilah dalam Endorsement

  • Paid Promote (PP)

Dalam proses PP, kamu sebagai orang yang melakukan endorse-an akan dikirimkan materi/bahan postingan untuk dipromosikan di akun sosial media kamu. Biasanya, jenis endorsement seperti ini tidak perlu effort yang karena kamu hanya akan menerima materi (foto/video dari produk) kemudian mem-posting di media sosial kamu.

  • Paid Endorse (PE)

Dalam PE, produk yang akan dipromosikan akan benar-benar dipakai oleh selebgram yang melakukan endorsement tersebut. Proses foto ataupun pembuatan video pun dilakukan sendiri oleh selebgram tersebut. Karena effort yang dikeluarkan cukup besar untuk jenis endorsement ini, maka tarif yang dipatok pun lebih mahal daripada PP.

Tips Memilih Selebgram yang Tepat

Dilansir dari ModalRakyat, terdapat 6 poin yang harus kamu perhatikan sebelum memilih selebgram untuk endorsement kamu.

  • Lihat profil selebgram
  • Periksa jumlah komentar dan like
  • Bandingkan dengan selebgram lain
  • Pastikan audiens selebgram tepat dengan produk kamu
  • Perhatikan konten foto yang di-upload selebgram tersebut

Baca Juga: 7 Posisi untuk Kamu yang Berminat Kerja di Bank

Kamu ingin tahu tips lengkap mengenai cara mengefektifkan endorsement? Yuk ikuti kelas edisi “Endorsement as one trick of Social Media Marketing” pada 20 Desember 2020 pukul 19.15-21.00 WIB bersama Dwinandha Legawa dari Digital Marketing Specialist at FaberHost. Yuk daftar DI SINI!

Di akhir kelas, peserta diharapkan dapat memahami:

  • Apa itu endorsement
  • Pengaruh influencer terhadap sebuah promosi
  • Cara pemilihan influencer
  • Teknik agar produk menjadi viral
  • Bagaimana endorsement yang efektif

Garis besar yang akan dipelajari:

  • What is endorsement 
  • What is the different with affiliate mates 
  • How can an influencer helps the promotion
  • What kind of influencers should be chosen 
  • Why is this technique become a viral way of promotion
  • Plus minus of influencer endorsement 
  • How to make endorsement effective

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari

Yuk segera daftar DI SINI!

The post Tips Mengoptimalkan Jasa Endorse Selebgram untuk Bisnis yang Efektif! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR