Info Kampus
Minggu, 24 Okt 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Tips Lancar dan Sukses Sidang Seminar Proposal Online

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Siapa nih di antara kalian yang lagi di semester akhir perkuliahan? Nah, sebelum mencapai kelulusan tentunya mahasiswa harus menyelesaikan skripsi terlebih dulu. Dalam pengerjaan skripsi tersebut terdapat beberapa jenis ujian yang harus dilalui, salah satunya adalah sempro. Namun, berhubung saat ini masih pandemi sidang seminar proposal online pun jadi pilihan. Dalam ujian online maupun offline nggak sedikit mahasiswa yang merasa deg-deg an, khawatir, overthinking, dan perasaan-perasaan nggak nyaman lainnya. Untuk itu, agar kamu merasa tenang dan siap sebelum ujian simak tips sidang seminar proposal online berikut yuk!

Memahami Materi yang Dipresentasikan

sidang seminar proposal online 2
photo by andrea piacquadio

Sebelum hari sidang seminar proposal tiba, salah satu tips yang harus kamu lakukan adalah pahami materi yang akan dipresentasikan. Agar topik yang kamu ajukan dalam proposal disetujui dosen, kamu harus memahami seluk beluk topik tersebut. Terutama pada bagian latar belakang dan kerangka konsep, kamu harus betul-betul paham apa yang kamu tulis. Kamu bisa menambahkan argumen berupa bukti-bukti ilmiah yang sudah ada agar proposalmu makin meyakinkan. Selain itu, untuk mempermudah memahami materi kamu bisa catat poin-poin penting dalam proposal dan menambahkan beberapa data yang mungkin akan dibutuhkan saat presentasi.

Menyiapkan Bahan Proposal

Seminar proposal biasanya berisi rangkuman penjelasan yang terdiri dari bab pendahuluan, tinjauan pustaka, dan metodologi penelitian. Kemudian, di dalam setiap bab akan dibagi lagi menjadi beberapa sub bab. Misalnya, pada bab pendahuluan biasanya terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian. Nah, kamu perlu pastikan jika proposalmu sudah mematuhi format tersebut dan siapkan sebaik mungkin di dalam bahan presentasi.

Buat PPT Seminar Proposal Secara Jelas, Padat, dan Menarik

Salah satu aspek penting dalam sidang seminar proposal online adalah PPT atau powerpoint. PPT ini akan menjadi visualisasi dari materi yang kamu sampaikan secara lisan di hadapan penguji. Siapkan poin-poin penting dalam setiap bab di proposalmu serta sajikan secara jelas dan padat di dalam slide powerpoint. Perhatikan juga jumlah slide yang kamu gunakan, karena pembahasan satu bab sebaiknya dibuat dalam 3-5 slide saja sehingga total slide yang kamu presentasikan adalah 10-15 slide. Dengan begitu kamu juga bisa mengestimasi waktu agar tidak melebihi durasi. Selain itu, agar tayangan slide mu jadi lebih menarik kamu bisa memanfaatkan template powerpoint yang tersedia.

Memperkirakan Pertanyaan yang Diajukan Dosen

Dalam sidang seminar proposal, setelah presentasi dosen pembimbing dan penguji akan melakukan evaluasi. Biasanya mereka akan menanyakan beberapa hal terkait proposal untuk memperjelas apa yang sudah kamu sampaikan. Beberapa pertanyaan tersebut biasanya meliputi:

  • Apa urgensi dari penelitian skripsi yang Anda pilih?
  • Apa yang membedakan penelitian Anda ini dengan penelitian yang sudah ada?
  • Bagaimana cara Anda memperoleh data penelitian?
  • Bagaimana Anda akan mengolah data penelitian yang sudah diperoleh?

Nah, setelah mengira-ngira pertanyaan apa saja yang mungkin akan diajukan oleh dosen. Cobalah untuk menyiapkan jawabannya juga agar saat pertanyaan tersebut muncul dalam sempro kamu bisa memberi jawaban dengan lancar.

Latihan Presentasi Secara Rutin

Latihan Presentasi
photo by authority remedies

Tips berikutnya adalah melakukan latihan presentasi secara rutin. Dengan terus berlatih kamu jadi makin mahir dalam menyampaikan poin-poin penting dalam proposal dan bisa memperkirakan bagian yang perlu dan tidak perlu disampaikan untuk mempersingkat waktu. Sebab, durasi presentasi yang diberikan biasanya sekitar 15 menit. Dalam berlatih, kamu bisa latihan sendiri di depan cermin atau meminta bantuan teman untuk menjadi audience. Mintalah masukan atau saran tentang performa presentasimu untuk dievaluasi agar saat hari ujian kamu bisa tampil sebaik mungkin.

Menyiapkan Urusan Teknis

menyiapkan teknis
photo by pixabay

Tak kalah penting dalam ujian seminar proposal online adalah menyiapkan urusan teknis. Aspek teknis yang perlu kamu perhatikan adalah kesiapan PC atau laptop, koneksi internet serta aplikasi virtual meeting. Hal ini penting untuk diperhatikan agar presentasi dapat berjalan lancar. Tentunya kamu nggak mau kan saat presentasi terkendala urusan koneksi internet atau laptop yang macet? Jadi, pastikan kembali bahwa aspek teknisnya sudah siap juga ya!

Menyiapkan Mental dan Fisik

Selain mempersiapkan materi dan aspek teknis, kamu juga harus melakukan persiapan mental dan fisik juga loh! Kamu harus menjaga kondisi dengan mengonsumsi makanan bergizi, vitamin, dan istirahat yang cukup agar tidak jatuh sakit saat hari ujian. Kamu juga tetap boleh kok sesekali mencari hiburan agar tidak stress dan jadi lebih rileks. Dengan begitu kamu bisa menghadapi sidang seminar proposal online dalam kondisi bugar dan fit.

Berdoa dan Minta Restu

Last but not least, setelah melakukan persiapan dengan matang hal penting yang jangan sampai ketinggalan dilakukan adalah berdoa. Berdoa lah pada Tuhan Yang Maha Esa agar kamu diberi kelancaran serta minta restu pada kedua orang tua agar urusanmu dimudahkan. Dengan begitu kamu juga bisa mendapat ketenangan batin dalam menghadapi ujian. 

Itulah beberapa tips sidang seminar proposal online yang bisa kamu praktikkan sebelum hari ujian tiba. Yakin lah bahwa kamu pasti bisa melaluinya dengan baik. Selain itu, lakukan persiapan dari jauh-jauh hari agar lebih siap sehingga kamu jadi tenang saat hari H. Good luck ya!

Baca juga: Selesai Sidang Skripsi? Harus Lakukan Hal Ini!

Baca juga: Pertanyaan Sidang Skripsi Ini Sering Diajukan Penguji: Mahasiswa Wajib Tau!

The post Tips Lancar dan Sukses Sidang Seminar Proposal Online appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar