Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Tips Jitu Menjawab “Apa Rencana 5 Tahun ke Depan?” Saat Interview

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Salah satu pertanyaan dalam tahap interview atau wawancara yang sering ditanya HRD adalah “Apa rencana Anda 5 tahun ke depan?” Nah loh, kalau ditanya begitu kira-kira mau jawab apa hayo? 

Kalau kamu belum menyiapkan jawaban bisa jadi kamu malah memberikan jawaban yang terlalu ambisius atau bahkan terlalu melebar dari pembicaraan dan tidak berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. 

Untuk itu agar hal tersebut tidak terjadi, Minca mau ajak Campuspedia Friends untuk membahas mengenai cara menjawab pertanyaan interview rencana 5 tahun ke depan. Langsung saja simak ulasan berikut yuk! 

Tujuan Recruiter Bertanya “Apa Rencana Anda 5 Tahun Kedepan?”

tujuan bertanya rencana 5 tahun ke depan
photo by sora shimazaki

Sebelum mulai membahas tips atau cara menjawab interview jika ditanya apa rencana 5 tahun ke depan, ada baiknya kita ketahui dulu nih sebenarnya apa sih maksud dan tujuan recruiter menanyakan hal tersebut. Simak alasannya yuk!

Mengetahui Loyalitas

Tujuan pertama mengapa recruiter menanyakan rencana 5 tahun ke depan adalah untuk mengukur tingkat loyalitas kamu di perusahaan. Melalui jawaban yang kamu berikan, perekrut jadi tahu bagaimana cara pandang dan pola pikir kamu. Apakah kamu seorang yang loyal pada perusahaan nantinya atau akan berpaling dari perusahaan setelah 1 sampai 2 tahun bekerja disana.

Mengukur Motif Bekerja

Selain untuk mengetahui keloyalitasan kamu, pertanyaan tentang rencana 5 tahun ke depan sebenarnya adalah untuk mengulik motif mengapa kamu ingin bergabung dengan perusahaan. Apakah kamu akan bertahan lama dan berjalan selaras dengan perkembangan perusahaan atau kamu akan memutuskan untuk resign cepat karena merasa tidak sejalan.

Menyelaraskan Tujuan Pribadi Pelamar dengan Perusahaan

Pertanyaan interview tentang rencana beberapa tahun ke depan juga untuk mengetahui tujuan pribadi kamu. Apabila tujuan kamu sejalan dengan misi dan visi perusahaan maka kemungkinan kamu diterima akan lebih besar. Begitu pula sebaliknya.

Mengetahui Kemampuan Planning Pelamar

Jika kamu berhasil menjawab pertanyaan planning 5 tahun ke depan dalam sesi wawancara, artinya kamu adalah orang yang terarah dan punya rencana hidup jelas. Sebenarnya yang ingin diketahui oleh perekrut adalah strategi apa saja yang akan dan sudah kamu lakukan untuk mewujudkan rencana tersebut. Sehingga recruiter bisa menilai kemampuan kamu dalam merencanakan sesuatu dan upaya untuk mencapainya. 

Tips Menjawab Pertanyaan Rencana 5 Tahun Ke depan

jawab wawancara rencana 5 tahun ke depan
photo by mart production

Nah, setelah tahu tujuan pertanyaan rencana 5 tahun ke depan ditanyakan. Sekarang saatnya membahas tips dan cara menjawab interview biar kamu nggak salah langkah dalam menjawab.

1. Jelaskan Sesuai Minat

Cara pertama menjawab interview pertanyaan rencana 5 tahun ke depan adalah dengan menjelaskan bahwa minat yang kamu punya sesuai dengan posisi yang kamu lamar di perusahaan tersebut. 

Contohnya, 5 tahun mendatang kamu ingin menjadi seorang editor-in-chief dan berminat untuk mempelajari bidang editorial lebih mendalam. Untuk itu, saat ini kamu melamar menjadi copy editor di perusahaan tersebut. 

Nah, dengan menjelaskan dan menunjukkan minatmu yang sesuai dengan posisi yang dilamar, kamu bisa mendapat penilaian baik dari rekruter.

2. Kaitkan dengan Posisi yang Dilamar

Selain menjelaskan bidang minatmu, kamu juga bisa mengaitkan rencana 5 tahun ke depan dengan job description atau tugas yang akan kamu kerjakan jika diterima perusahaan. Misalnya, kamu menjawab ingin menjadi Digital Marketing Analyst

Nah, kamu bisa sebutkan bahwa job description yang kamu emban nanti bisa membantu kamu mencapai tujuan tersebut. Sehingga, perekrut akan tahu bahwa kamu akan terus belajar dan aktif berkontribusi bagi perusahaan sekaligus memenuhi rencana jangka panjangmu.

3. Tunjukkan Motivasi Terhadap Pekerjaan yang Dilamar

Kamu juga bisa tunjukkan motivasi terhadap pekerjaan yang dilamar saat ditanya apa rencana 5 tahun mendatang. Sebutkan apa motivasi terbesarmu sehingga bisa membuat perekrut terkesan dan menilai bahwa kamu adalah orang yang selalu berusaha mewujudkan impian dan mau belajar.

4. Bersikap Realistis

Tips Menjawab pertanyaan interview kerja tentang rencana 5 tahun mendatang selanjutnya adalah beri jawaban yang realistis. Kamu memang dipersilahkan bermimpi tunggu, namun jangan memberi jawaban yang terlalu tinggi seperti misalnya mengatakan bahwa kamu ingin menjadi CEO perusahaan. 

Jika mimpi tersebut tidak sesuai dengan kemampuan, sikap, dan kontribusi kamu saat ini maka sebaiknya hati-hari dalam menjawab. Jangan sampai kamu dianggap perekrut sebagai orang yang tanpa planning dan berbicara hal terlalu tinggi namun tidak sesuai dengan effort yang dilakukan. Untuk itu, agar rekruiter tetap respek maka berikan jawaban realistis.

5. Tunjukkan Sikap Optimis dan Antusias

Sebagian orang mungkin memang tidak memiliki rencana dalam 5 tahun mendatang. Oleh karena itu, kamu bisa menyampaikan jawaban jujur pada recruiter jika saat ini kamu memang belum memiliki rencana dalam waktu 5 tahun ke depan. 

Meski begitu, kamu tetap bisa tunjukkan rasa antusiasmu bahwa posisi tersebut adalah passionmu. Jelaskan juga kamu akan mencurahkan kemampuan untuk selalu belajar dan berkembang bersama perusahaan. Siapa tahu, jika sudah diterima nanti kamu jadi punya rencana untuk 5 tahun mendatang. 

Jawaban yang Harus Dihindari

jawaban wawancara harus dihindari
photo by tima miroshnichenko

Dalam menjawab pertanyaan rencana 5 tahun ke depan, ada beberapa jawaban yang perlu kamu hindari loh. Apa saja jawaban tersebut? Simak berikut.

Jawaban Terlalu Ambisius

Menjadi orang yang ambisius menang tidak ada salahnya, karena artinya jadi lebih mudah berkembang dan maju. Akan menjadi masalah jika menjadi orang yang terlalu ambisius. Sifat tersebut akan membuat kamu tampak menjadi orang yang rela melakukan apa saja untuk mewujudkan impian dan mencapai tujuan. 

Jadi sebaiknya, beri jawaban interview yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang pekerja keras. Jika ingin mencapai sebuah posisi, kamu akan berusaha keras tapi tetap menyadari bahwa ada banyak tahap dan proses yang harus dilewati.

Menjadikan Perusahaan Sebagai Batu Loncatan

Jawaban saat interview kerja yang perlu kamu hindari selanjutnya adalah menunjukkan bahwa kamu hanya akan sebentar saja bekerja di perusahaan tersebut. Recruiter tentunya akan ragu untuk memilihmu meskipun kamu punya kualifikasi yang baik karena kamu hanya menjadikan perusahaan sebagai batu loncatan saja.

Tidak Menyiapkan Rencana Masa Depan Sama Sekali

Ketika ditanya apa rencana 5 tahun ke depan, jika kamu memang belum punya maka katakan jangan katakan “Saya tidak punya”. Karena, kamu bisa dianggap sebagai orang yang tidak peduli dengan masa depan dan tidak punya ambisi. Sebaiknya kamu ambil waktu beberapa detik untuk berpikir baik-baik dan menjawab jujur bahwa kamu memang belum mempunyai. 

Namun, kamu bisa tambahkan juga bahwa kamu memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan jenjang karir dan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melamar posisi di perusahaan tersebut. Kamu jelaskan bahwa kesempatan untuk bekerja di perusahaan adalah kesempatan yang sangat baik untuk berkembang dan berkontribusi.  

Contoh Cara Menjawab Interview

Berikut contoh jawaban interview kerja saat ditanya rencana 5 tahun ke depan yang bisa kamu tiru:

Contoh #1

“Sebagai profesional yang sudah bekerja di bidang pemasaran selama hampir lima tahun, saya ingin terus meningkatkan dan mengembangkan keahlian. Dalam lima tahun ke depan, saya ingin menguasai penggunaan software seperti Adobe Photoshop. Saya juga ingin mempelajari seputar media sosial dan cara pemasaran menggunakan video dengan mengikuti berbagai webinar dan kelas pelatihan. Saya berharap dapat menerapkan keahlian saya tersebut nantinya untuk berkontribusi di perusahaan ini.”

Contoh #2

“Saya ingin belajar sebanyak mungkin agar lebih mengetahui seluk beluk bidang pekerjaan ini. Setelah beberapa tahun bekerja, saya ingin mencoba untuk ikut training untuk menambah pengalaman dan pengetahuan. Harapannya, setelah banyak usaha dan fase yang saya lalui di lima tahun mendatang saya bisa mencapai posisi impian.”

Contoh #3

“Alasan saya tertarik bekerja di perusahaan ini adalah karena menemukan tujuan yang sama dengan visi yang dimiliki perusahaan. Saya adalah orang yang suka mempelajari keterampilan baru dan mampu berkontribusi dalam sebuah proyek dengan baik dan aktif. Dalam lima tahun mendatang, saya ingin memiliki banyak proyek sehingga saya bisa mencapai posisi yang saya inginkan. Selain itu, saya juga memiliki hubungan yang baik dengan klien di perusahaan terdahulu sehingga saya percaya bisa menerapkan keahlian saya disini.” 

Contoh Jawaban yang Harus Dihindari #1

“Untuk lima tahun ke depan, saya memiliki rencana untuk menjadi CEO perusahaan karena seperti yang pepatah bilang untuk tidak boleh dengan apa yang sudah diraih. Untuk itu saya ingin meraih tersebut dari sekarang.”

Contoh Jawaban yang Harus Dihindari #2

Saya tidak memiliki rencana jangka panjang untuk lima tahun ke depan karena tujuan saya adalah cukup menjalani hari ini dulu saja.

Gimana Campuspedia Friends? Setelah menyimak ulasan di atas, sekarang udah tahu dong gimana cara menjawab pertanyaan interview tentang rencana 5 tahun ke depan? Jadi, kamu nggak perlu bingung dan panik jika ditanya HRD saat tahap wawancara. Semoga tips dan contoh yang sudah dibahas bisa membantu ya. Good luck!

Baca juga: Perbedaan Interview User dan HRD, Job Seeker Wajib Tahu!

Baca juga: Mengapa Kami Harus Merekrut Kamu? dan 5 Pertanyaan Sulit Lainnya Saat Interview

The post Tips Jitu Menjawab “Apa Rencana 5 Tahun ke Depan?” Saat Interview appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar