Info Kampus
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Tertarik‌ ‌Jadi UX Writer?‌ ‌Pastikan‌ ‌Punya‌ ‌Skill‌ ‌Ini‌

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Beberapa tahun belakangan ini kalian sadar nggak sih kalau ada banyak profesi baru yang bermunculan? Nah, salah satu penyebab terjadinya fenomena ini adalah semakin berkembangnya teknologi saat ini terlebih di bidang digital marketing. Untuk mencapai keberhasilan bisnis tersebut banyak perusahaan terutama start up yang membutuhkan jasa seorang UX Writer. Namun, apa sih sebenarnya profesi UX Writer yang sering kita dengar itu? Selengkapnya simak ulasan berikut ini, ya Sobat Campuspedia!

Apa itu UX Writer?

UX Writer yang merupakan kepanjangan dari User Experience Writer ini memang seringkali dibutuhkan oleh perusahaan dan sering muncul di portal pencarian pekerjaan beberapa tahun belakangan. Tapi, apa sih sebenarnya profesi ini? Menurut UX Design, UX Writer adalah orang yang bertugas menuliskan kata-kata yang nantinya akan ditampilkan ketika user sedang berinteraksi dengan produk perusahan baik di aplikasi seluler, situs web maupun perangkat lunak. Tulisan UX Writer sangat penting untuk memandu pengguna dalam menyelesaikan tindakan yang diinginkan saat sedang mengoperasikan perangkat atau aplikasi.

Baca juga: Profesi UI/UX Designer, Beda atau Sama?

Jadi, tanggung jawab seorang UX Writer adalah membuat kata-kata yang ditampilkan menjadi layak dibaca dengan diksi yang tepat sehingga pengguna merasa nyaman dan tetap menggunakan produk yang ditawarkan. Tulisan seorang User Experience Writer yang baik adalah yang singkat namun tetap jelas serta konsisten sesuai guideline, tema dan tone produk atau perusahaan. Oleh karena itu, profesi ini berkewajiban untuk memahami background produk digital perusahaan termasuk target audience, objective, key message, dan research findings. 

Skill UX Writer yang Wajib Kamu Punya

Jika kamu tertarik untuk berkarir menjadi seorang UX Writer di perusahaan digital marketing atau start up, ada beberapa keterampilan yang wajib untuk kamu miliki. Lalu, apa sih saja skill UX Writer yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Skill Menulis yang Baik

Salah satu skill wajib yang dimiliki oleh UX Writer adalah kemampuan menulis yang baik. Sebab, nantinya akan dituntut untuk membuat kata-kata dengan diksi sederhana yang ringkas, jelas serta sesuai dengan tata bahasa sehingga pengguna akan lebih mudah memahami.

2. Mau Mempelajari Proses Desain UX

Skill selanjutnya adalah bersedia memahami dan mempelajari proses desain UX. Dalam desain user experience terdapat enam tahapan. Tahap yang pertama adalah  understand atau memahami kebutuhan pengguna. Lalu, tahap research yaitu menganalisis kompetitor, melakukan riset tren UX serta memperhatikan aturan-aturan UX. Berikutnya, ada tahap sketch yaitu mengumpulkan ide, menggambar sketsa dan wireframe serta melakukan evaluasi berulang-ulang.

Ada pula tahap design yaitu mendesain gambar dan membuat prototype. Selanjutnya adalah tahap implementation atau melakukan tes dan fungsi desain. Terakhir, ada tahap evaluate, yaitu melakukan uji coba kegunaan desain, membuat laporan audit dan mengidentifikasi pengembangan yang ada.

Baca juga: Ingin Berkarir Menjadi UX Designer? Ketahui 6 Hal Ini

3. Mampu Menggunakan Tools Tertentu

Selain memahami alur desain UX, kamu juga harus bisa menggunakan beberapa tools untuk menunjang keberhasilan dalam proses bekerja. Beberapa tools tersebut adalah Google Document, Trello, prototyping tools serta software video conference.

4. Mengenal Brand Voice

Seorang UX Writer juga diharuskan mengenal brand voice. Brand voice adalah identitas sebuah merek yang terdiri dari perilaku, kata-kata, serta ekspresi. Hal ini penting untuk membangun kepercayaan serta mempengaruhi pelanggan atau user.

5. Pendengar yang Aktif

Berkarir sebagai UX Writer, berarti kamu juga harus bisa mengesampingkan ego dengan mendengarkan kritik maupun saran dari tim. Keinginan konsumen juga terus berubah – ubah sehingga kamu harus terbuka terhadap saran serta kritikan.

6. Menjaga Networking

Tak hanya menjadi pendengar yang aktif, kamu juga harus pandai menjaga hubungan kerja sama dengan rekan kerja. Sebab, profesi ini tidak bekerja sendiri dan akan terus berhubungan dan berkoordinasi dengan tim lainnya seperti UX designer, product manager serta developer.

Baca juga: Banyak Muncul Di Lowongan Kerja, Apa Sebenarnya UX Researcher?

Teknologi yang semakin maju memang sangat mempengaruhi kehidupan kita, tak terkecuali dunia bekerja. Profesi yang dulunya belum ada kini pun tersedia, seperti profesi ini. Nah, jika kamu tertarik untuk terjun menjadi seorang UX Writer pastikan kamu memahami berbagai tugas dan skill yang diperlukan, ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Tertarik‌ ‌Jadi UX Writer?‌ ‌Pastikan‌ ‌Punya‌ ‌Skill‌ ‌Ini‌ appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar