SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Terjebak Salah Jurusan Saat Kuliah, Lanjut Atau Berhenti?

Hallo Campuspedia Friends! Saat ini kita sudah menjalankan semester ganjil perkuliahan, jadi gimana nih masih pada semangat gak kuliahnya? Atau malah kamu merasa salah jurusan kuliah?

Salah jurusan adalah salah satu problematika mahasiswa ketika kuliah. Dimana para mahasiswa merasa kalau jurusan yang mereka jalani itu gak cocok dengan mereka. Menurut survei penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN), ada sekitar 87 persen mahasiswa yang mengakui kalau mereka kuliah di jurusan yang gak sesuai dengan minat mereka. Kamu salah satunya gak nih?

Baca juga : Merasa Stres dan Ingin ke Psikolog? Coba Kunjungi Layanan Psikologi Online Berikut ini!

Emang penyebab salah jurusan itu kenapa?

Salah jurusan itu bisa banyak banget penyebabnya. contohnya :

  1. Kebanyakan mahasiswa itu gak riset dulu tentang jurusannya. Dengan minimnya informasi, gak sedikit mahasiswa yang bereskpetasi tinggi. Nah, ketika sudah dipertengahan kuliah, baru deh mulai sadar kalau jurusan yang diambil itu gak sesuai ekspetasi mereka.
  2. Masa-masa SMA itu bisa dibilang masa mencari jati diri dan menemukan passion. Karena masih tahap pencarian, gak heran kalau masih banyak yang belum menemukan passion-nya.
  3. Walaupun sudah menemukan passion, ada juga yang harus memenuhi keinginan orang tua. Alhasil  mereka harus menjalani perkuliahan setengah hati.
  4. Ada juga yang cuman ikut-ikutan teman saking bingungnya harus memilih jurusan apa. Padahal yang menentukan hidup itu kan kamu sendiri.
  5. Demi masuk kampus favorit, ada juga yang bodo amat sama jurusannya yang penting masuk kampus favorit. Kalau ngejar kampus cuman karena gengsi sih mending gak usah deh.

Kamu merasa salah jurusan?

Terus apa yang harus dilakukan kalau memang merasa salah jurusan? Kamu cuman punya dua pilihan, lanjut atau ujian lagi. Kedua pilihan itu pun punya risikonya masing-masing. Jadi kamu harus pikirin matang-matang nih sebelum menentukan pilihan.

Kalau kamu lanjut, kamu harus memaksa diri kamu untuk menikmati jurusanmu saat ini. Sedangkan kalau memilih berhenti dan memutuskan ujian lagi, siap-siap kamu harus mengeluarkan effort lebih kaya pikiran, tenaga, dan waktu buat belajar ujian masuk kuliah lagi. Jadi kamu milih yang mana?

Baca juga : Mencari Kenyamanan Bagi yang Salah Jurusan

Tips buat yang milih lanjut

Memilih lanjut adalah salah satu option terbaik kok, walaupun kamu menjalani kuliah yang gak kamu suka. Bukan berarti kamu gak bisa mengeksplor hal lain lho. Nah, ini ada tips buat kamu yang memilih buat lanjut kuliah.

1. Bersyukur

Pertama kamu harus bersyukur dulu nih karena masih diberi kesempatan kuliah. Ada banyak orang yang malah ingin berada di posisi kamu saat ini. Kamu itu sudah berusaha keras sampai ke titik ini. Apalagi kalau kamu kuliah di PTN. Walalupun kamu gak suka jurusannya, tapi bersyukurlah kalau kamu berada di lingkungan yang bisa mendukungmu.

2. Coba eksplor hobi atau passion kamu

Kamu kuliah di jurusan yang gak minat bukan berarti kau ga bisa eksplor hobi. Cobalah lakukan beberapa kegiatan yang bisa mengembangkan hobi atau passion kamu. Siapa yang tahu kan kalau suatu saat nanti kamu bisa menyatukan ilmu jurusanmu dengan passionmu.

3. Jalin pertemanan dengan orang lain sebanyak mungkin

Ini penting banget. Dengan kamu menjalin pertemanan dengan orang lain, kamu bisa menambah banyak relasi. Ini bisa jadi salah satu cara kamu buat eksplor bidang lain. Jadi kamu punya banyak peluang kalau seandainya kamu mau banting setir jurusan kuliah nantinya.

4. Tetap fokus pada kuliahmu

Iya sih gak suka sama jurusannya, tapi jangan kamu berikap seenaknya ya. Kamu juga harus tetap fokus sama kuliahmu sembari mengeksplor hal lain. Minimal nilaimu aman deh gak sampai dapat nilai D. Kalau kamu dapat nilai D, kapan lulusnya? Malahan kamu jadi semakin terjebak sama jurusanmu itu.

Bagaimana kalau pilih gap year atau ujian lagi?

Kamu yang masih semester awal-awal, mungkin dengan gap year atau ujian lagi bisa jadi salah satu pilihan nih. Tapi kamu tahu sendiri kan kalau itu bakal memerlukan effort lebih, bisa berupa waktu, tenaga, pikiran, atau bahkan uang. Nah, ada tips nih buat yang mau milih gap year.

1. Coba atur time management mu dengan baik

Kalau kau sambil kuliah, tentunya ini sangat penting. Kamu harus bisa bagi waktumu untuk kuliah dan belajar ujian masuk lagi. Kamu bisa mengkategorikan tugas ke dalam 4 kuadran time management, yaitu penting dan darurat, penting dan tidak darurat, tidak penting tapi darurat, tidak penting dan tidak darurat.

2. Cari referensi untuk menunjang belajar

Tentunya kamu harus punya referensi belajar buat ujian nanti dong. Kamu bisa beli buku latihan soal atau rangkuman materi. Saat ini juga banyak platform website yang menyediakan tutor online. Nah ini bisa kamu manfaatkan buat belajar dan kamu gak perlu khawatir soal waktu yang bentrok dengan kuliah kamu.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatur Waktu Kerja Hanya dengan 3 Teknik Unik Berikut!

Jadi apapun keputusan kamu mau lanjut atau nyoba lagi. Kamu yang merasa salah jurusan kuliah gak perlu khawatir kok karena jalannya setiap orang itu beda-beda. Mungkin saja dengan jalan ini malah membuat kamu lebih berkembang lagi nantinya. Siapa yang tahu kan?

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Terjebak Salah Jurusan Saat Kuliah, Lanjut Atau Berhenti? appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR