SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Terbongkar! Proses Marketing Ternyata Ibarat Dating Journey

Halo Sobat Campuspedia! 28 November 2020 kemarin telah diadakan online career class edisi “Get To Know About Content Marketing Strategies” pukul 19.15-21.00 lohh! Online Class kemarin berjalan dengan lancar dan menarik diawali dengan pembukaan oleh moderator, yaitu kak Claresta. Kemudian dilanjutkan pembacaan peraturan, sesi presentasi 60 menit oleh kak Fadlan secara interaktif, dan sesi tanya jawab selama 30 menit.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Menggunakan LinkedIn

Kenalan dengan Kak Fadlan, Yuk!

Kak Fadlan merupakan Founder dari Digitalkrew.id loh, friends! Buat kamu yang belum tau, Digitalkrew merupakan sebuah platform yang dikhususkan untuk membantu para brand, bisnis, maupun individu. Digitalkrew memiliki visi dan misi untuk menjadi solusi mengenai segala marketing problems yang dialami kalian saat ini. So, kalau kalian butuh bantuan tentang marketing, boleh banget nih hubungi kak Fadlan di Digitalkrew!

Marketing Ibarat Relationship, Menarik Ya?

Menarik nih, friends! Di kelas online kemarin, kak Fadlan mencoba menjelaskan dengan pembawaan yang lebih ringan bahwa marketing adalah sebuah friendship atau dating journey. Dengan analogi seperti ini, semoga kamu semakin mudah memahami konsep marketing ya!

Ketika kita bertemu dengan orang baru atau calon pasangan baru. Awalnya pasti kita belum kenal nih sama orang ini, tetapi seiring berjalannya waktu kita bisa menjadi sahabat bahkan pasangan salah satu dari mereka. Proses dari TIDAK KENAL menjadi KENAL terkait dengan proses membagun kepercayaan, kenyamanan, dll. Secara keseluruhan, marketing  juga merupakan proses untuk membuat orang yang awalnya tidak kenal kita (brand, produk, jasa kita) menjadi kenal dan memilih kita (brand, produk, jasa kita) daripada yang lain.

Bagaimana Cara Membangun Relationship yang Baik?

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik antara kita dengan target konsumen adalah dengan konten. Konten itu sangat penting ya, friends! Dari konten yang kita buat, akan terbangun hubungan dan kepercayaan. Dalam konteks bisnis, nanti akan menghasilkan pendapatan yang berupa uang atau hal lainnya.

Yakin Selama Ini Sudah Membuat Konten dengan Tepat?

Content marketing adalah suatu cara membuat sesuatu untuk mengenalkan produk kita tanpa membuat target konsumen merasa kita sedang berjualan kepada mereka. Proses content marketing itu halus dan elegan.

“Content Marketing is like a first date. If all you do is talk about yourself, there won’t be a second date.” –  David Beebe

Perlu diingat! Ketika membuat konten, hindari untuk cerita mengenai diri kita sendiri secara terus menerus. Melainkan, bangunlah hubungan dengan target konsumen untuk saling mengetahui keinginan dan kebutuhan satu sama lain.

Dalam content marketing terdapat 2 tipe konten, yaitu entertaining dan educating. Selain itu, kak Fadlan juga menambahkan tipe trading way dimana koten yang dibuat mengikuti arus konten-konten yang sedang nge-trend pada saat itu.

Cara melakukan content marketing:

  • Merencanakan (tentukan tujuan konten)
  • Membuat kontennya
  • Mempromosikan (promosikan konten melalui media sosial yang lain)

 

Nah, gimana nih friends tanggapan kamu setelah membaca beberapa rangkuman materi yang disampaikan kak Fadlan?

Selain sesi presentasi materi yang dikemas secara interaktif, terdapat juga sesi tanya jawab yang bisa kamu optimalkan untuk sesi konsultasi nih. Yuk cek beberapa pertanyaan yang ditanyakan partisipan!

“Jika ada sebuah brand ingin memiliki media sosial untuk setiap cabangnya, bagaimana ya cara mengoptimalisasikan semua akunnya?”

Jika ingin mengoptimalkan semuanya, usahakan semua message yang disampaikan di setiap media sosial itu sama. Supaya media sosial tersebut dapat bertumbuh dan punya identitas sendiri, lihatlah karakteristik dari tiap daerah, lalu mulailah membuat konten sendiri sesuai dengan culture di cabang tersebut.

Ketika bikin konten, apakah bisa menyasar ke beberapa tujuan sekaligus ya kak?”

Tidak bisa dijawab ya/tidak karena setiap audience mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Namun, alangkah lebih baik bila membuat konten berbeda-beda sesuai dengan target audience-nya.

“Sharing tentang pengalaman menarik yang dialami Digitalkrew selama pandemi dong kak!”

Zaman sekarang adalah zamannya digital dimana semua produk bisa dijual lewat media sosial. Selama pandemi ini cukup banyak produk baru yang memulai bisnisnya di medsos. Saya cukup kaget ketika ada orang membuka bisnis di media sosial untuk jualan pupuk hahaha. Tetapi, sisi positif yang bisa kita ambil adalah jangan ragu untuk memulai bisnis di era digital ini ya! Kalau diusahakan terus pasti ada peluang kok!

Baca Juga: Tips Membangun Karakter Diri untuk Karier yang Sukses

Kamu tertarik menambah ilmu dan ikut keseruan online career class? Yuk daftarkan dirimu di Online Career Class by Campuspedia Academy segera DI SINI!

The post Terbongkar! Proses Marketing Ternyata Ibarat Dating Journey appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR