SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Support system? Seberapa Penting Perannya Untuk Hidup Kita?

Hai Campuspedia-friends!—Di era pandemi seperti ini, lebih banyak kekhawatiran yang muncul. Mulai dari perihal kesehatan hingga hal lain seperti akademik dan pekerjaan. Maka dari itu, kita diimbau untuk menjaga diri dan imun, salah satunya untuk tetap berpikir positif dan saling menjadi support system satu sama lain.

Hah? Support system? Pernakah kamu mendengar istilah support system?

Mungkin istilah support system sudah tak terlalu awam lagi ya C-friends? Apalagi, memang kini semakin dibutuhkan. Baik di lingkungan akademik, sekolah dan perkuliahaan, hingga di lingkungan pekerjaan.

Nah, untuk lebh tahu apa itu support system dan seberapa penting perannya, yuk kita langsung bahas lebih lanjut!

Baca juga: Glass Ceiling: Penghambat Karir Perempuan, Benarkah Ada?

Apa Itu Support System?

Menurut Halodoc, istilah support system ini merujuk pada suatu sistem dukungan sosial yang berisi beberapa orang yang kamu percayai sebagai tempat menyampaikan keluh kesah dan tempat mencari bimbingan. Dan biasanya support system berasal dari lingkungan orang terdekat seperti keluarga dan sahabat.

Lebih lanjut menurut Very Well Mind, support system jadi komponen kunci dari suatu hubungan yang solid dan kuatnya kesehatan psikologis.

Orang-orang yang kamu anggap sebagai salah satu support system kamu adalah mereka yang pertama kali kamu temui saat menghadapi krisis atau masalah pribadi bahkan membutuhkan bantuan mereka segera.

Mereka jugalah orang-orang yang piling ingin kamu ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Dan tentunya, hubungan tersebut memainkan peran penting dalam cara bagaimana kamu bertindak dalam kehidupan sehari-hari serta untuk perkembangan diri sendiri.

Kenapa Punya Support system itu Penting?

Banyak Psikolog profesional yang mengatakan bahwa mempunyai support system yang kuat adalah hal yang penting untuk kamu miliki C-friends! Sebab, keika mencoba mencapai tujuan atau menghadapi suatu permasalahan, para ahli sering memohon agar kamu bersandar pada teman maupun keluarga untuk mendapatkan dukungan.

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya, para ahli juga sering meminta orang-orang terdekat untuk mendukung yang bersangkutan dan menjadi support systemnya. Kemudian, menurut penelitian dari American Psychological Association menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara hubungan sosial dan berbagai aspek kesehatan dan kesejahteraan.

Dukungan sosial yang buruk berkaitan dengan dampak negatif seperti kesepian hingga depresi.  Maka dari itu, mempunyai support system yang kuat sangat penting, apalagi untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin jalinlah hubungan yang baik dengan orang-orang sekitarmu ya C-friends!

Apa Saja Peran Penting Peran Support system?

Saling Menguatkan

Rasanya, berhadapan dengan berbagai macam deadlines dalam satu hari pasti melelahkan ya C-friends? Kuliah berjam-jam saja juga sudah lelah, padahal kita hanya sebagai pendengar dan pemerhati saja.

Nah, untuk itu, dengan adanya support system, setidaknya ada satu sosok yang bisa kamu andalkan atau sebagai sandaran untuk saling menghibur satu sama lain. Dengan begitu, gak hanya hubungan dan ikatan pertemanan saja yang makin membaik, namun juga suasana hatimu yang juga membaik.

Beban Terasa Lebih Ringan

Ada peribahasa yang mengatakan, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”, yang artinya jika suatu pekerjaan dilakukan secara bersama-sama akan terasa lebih ringan.

Nah, itu juga berlaku di pentingnya support system ini loh C-friends! entah itu pekerjaan pribadi atau yang lainnya, tak menutup kemungkinan akan memberi beban tersendiri bagi kamu.

Maka dari itu, dengan adanya support system ini, setidaknya kamu jadi punya “tempat” untuk berbagi keluh kesah, dan bersedia untuk membantu dan mendengar ceritamu. jadi, kamu tidak akan merasa sendiri atau pun terlalu sedih atas semua beban yang kamu rasakan

Sebagai Pengingat

Namanya juga manusia, gak akan luput dari salah dan dosa ya kan C-friends? Terkadang mungkin kita tak sengaja melakukan suatu hal yang salah di kampus atau lingkungan kerja. Entah itu dari salah ucap, tak sengaja menyinggung orang lain, lalai tugas dsb.

Lewat support system, mereka juga bisa jadi pengingat yang baik buat kamu ketika kamu tak sengaja melakukan hal yang kurang tepat C-friends! Teman yang baik adalah teman yang saling mengingatkan bukan?

Memotivasi

Selain menjadi pengingat atau tempat berkeluh kesah seperti poin-poin diatas, support system juga bisa jadi sumber semangat yang memotivasi kamu C-friends!

Sebab, begitu eratnya ikatan kamu dengan support system-mu, kamu seakan-akan tidak mau membuatnya kecewa dan sangat ingin melihatnya bahagia atas pencapaian kamu. Oleh sebab itu, terkadang, ketika kita berhasil melalui masa tersulit kita dengan dibantu oleh support system, kita seakan termotivasi untuk “membayar” jasa baik dari support system kita.

Baca juga: Mind Blowing! 7 Rekomendasi TED Talks Inspiratif Untuk Mahasiswa dan Milenial

Nah, itu dia C-friends Pentingnya Peran Support system di Hidup Kita. Gimana nih? Apakah kamu setuju kalau punya support system itu penting?

Semoga bermanfaat ya!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Support system? Seberapa Penting Perannya Untuk Hidup Kita? appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR