SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Suka Duka Pengusaha vs Karyawan, Kamu Pilih Mana?

Halo Sobat Campuspedia! Siapa sih disini yang sudah memikirkan karir kedepan mu akan jadi seperti apa, atau mau bagaimana? Sekarang sih rame banget yang mau jadi entrepreneurship aka pengusaha, tapi ga dikit juga yang ingin tetap jadi karyawan. Masih ada yang bingung ga sih beda antara keduanya itu? Kalau masih ada, yuk langsung aja kita simak suka duka pengusaha vs karyawan

  1. Perbedaan sistem

Sistem yang biasa dilakukan oleh seorang pengusaha adalah bekerja mandiri, bekerja sesuka hati. Kenapa begitu sih? Seorang pengusaha yang sukses biasanya menciptakan sebuah sistem yang diatur dan dikontrol oleh dirinya. Dia bisa meninggalkan bisnus yang sedang dijalaninya selama setahun, dan mungkin saja saat dia kembali, bisnis tersebut sudah berkembang pesat. Hal ini dapat terjadi karena staff dibawahnya tetap bekerja dan memaksimalkan bisnis yang sedang dijalani oleh si pengusaha.

Sistem yang dijalani karywan adalah bekerja bersama tim dan bekerja serius. Seorang karyawan harus memberikan effort yang besar agar ia bisa mendapatkan promosi. Bekerja serius dan bertanggung jawab, bahkan sampai lembur. Semua aturan dan sistem pun sudah diatur oleh atasan yang berwenang. Apabila ia pergi meninggalkan pekerjaan dalam beberapa waktu, mungkin saja karirnya akan langsung hancur (bisa jadi langsung dipecat).

  1. Perbedaan resiko

Menjadi seorang pengusaha, membutuhkan mental yang kuat karena resiko menjadi seorang pengusaha sangat tinggi. Menjadi pengusaha tidak pernah menjamin kamu akan mendapatkan pendapatan tetap. Pendapatan kamu akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, kemungkinan usaha akan gagal atau bankrut, atau lain sebagainya.

Bertolak belakang dari pengusaha, karyawan malah akan berasa nyaman dengan pendapatan yang didapat per bulannya. Kalau kamu kurang suka dengan tantangan, menjadi seorang karyawan adalah pilihan yang tepat. Karena kamu akan mendapatkan gaji per bulan secara pasti, bisa juga kan kamu mendapatkan promosi dan gaji mu naik. Belum lagi kalau ada gaji tambahan karena kinerja mu bagus.

  1. Perbedaan tanggung jawab

Pengusaha harus bertanggung jawab atas bisnis yang ia bangun, selain itu ia juga harus bertanggung jawab dengan seluruh karyawannya. Semua strategi harus ia pikirkan, agar ia bisa menjalani bisnisnya dengan baik dan juga bisa membayar dengan karyawannya gaji yang pantas. Ketika ada permasalahan dalam perusahaan, pengusaha harus menjadi orang pertama yang maju untuk menghadapinya.

Karyawan memiliki tanggung jawabnya sebagai pekerja. Ia bertanggung jawab atas semua jobdesc yang diberikan kepadanya. Bos hanya mau tau semua pekerjaan dikerjakan oleh karyawan dengan baik dan benar. Mungkin yang dipikirkan oleh karyawan hanya bagaimana ia bisa menyelesaikan tiap tugas dengan baik, tanpa perlu berpikir bagaimana caranya untuk memajukan perusahaan.

Baca Juga: Bingung Mau Jadi Mahasiswa Kura-Kura atau Kupu-Kupu? Simak Keunggulannya Masing-Masing!

Nah setelah membaca penjelasan Minca tentang suka duka pengusaha vs karyawan, pasti wawasan mu makin terbuka kan ya? Terlepas kamu mau jadi pengusaha atau karyawan, sama saja lah ya. Yang penting uang yang kita hasilkan itu halal. Jangan lupa untuk follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE  kami agar kamu terus update mengenai tips and trick, info kampus, beasiswa, dan masih banyak lainnya.

 

The post Suka Duka Pengusaha vs Karyawan, Kamu Pilih Mana? appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR