SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Sudah Tahu Level Bahasa Inggris Kamu Sampai di Level Berapa? Cek Disini!

Halo Campuspedia Friends! Hidup di era globalisasi memungkinkan banyak orang terutama generasi millennial dalam menguasai bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris. Bahkan bahasa Inggris sudah digunakan layaknya bahasa umum ya dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, apakah kamu sudah tahu level bahasa Inggris kamu selama ini?

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 8 Idiom Bahasa Inggris yang Bisa Digunakan Sehari-Hari!

Kemampuan seseorang dalam berbahasa tentu memiliki level atau tingkatannya sendiri. Semakin tinggi level atau tingkatan kemampuannya, maka semakin jago pula dia dalam menggunakan bahasa tersebut. Nah, kalau dalam bahasa Inggris ada lho standar level yang diakui di dunia, namanya CEFR. Yuk simak lebih lanjut mengenai CEFR!

tingkat kemampuan bahasa inggrisStandar CEFR

CEFR atau Common European Framework of Reference for Languages adalah standar internasional untuk mengukur kemampuan berbahasa seseorang yang banyak digunakan di Eropa. Nah, CEFR ini gak cuman digunakan untuk bahasa Inggris, tapi juga beberapa bahasa lainnya.

Tentunya selain CEFR, kita mengenal beberapa standar internasional untuk mengukur level bahasa Inggris seseorang. Sebut saja, TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Tapi CEFR sendiri bisa loh mengukur keterampilan bahasa Inggris kamu baik secara pasif maupun aktif. Nah, pengukuran ini diukur dalam 6 tingkatan berbeda.

Baca Juga: Mahasiswa, Simak 7 Tips Mudah Belajar TOEFL Dari Rumah!

Tingkatan CEFR

Dalam CEFR ada 6 tingkatan kemampuan bahasa Inggris atau level bahasa Inggris yang bisa menjadi acuan, yakni: A1 Beginner, A2 Elementary, B1 Intermediate, B2 Upper Intermediate, C1 Advanced, dan C2 Proficient.

A1 Beginner

Sesuai dengan namanya, pada level ini kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki seseorang itu masih sangat dasar. Jadi dia hanya memahami beberapa kosa kata umum dan sederhana.

Nah pada level ini, ketika seorang beginner berusaha untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris, maka lawan bicaranya harus berbicara dengan cukup jelas dan pelan agar beginner dapat mengerti maksud dari orang tersebut. Dalam menjawab lawan bicaranya pun seorang beginner umumnya membutuhkan waktu lebih untuk memikirkan jawaban yang layak atau pas.

A2 Elementary

Pada tahap ini, seseorang sudah lebih mengerti jika diajak bicara dalam bahasa Inggris, walaupun masih basic. Pembahasannya pun sekedar hal-hal yang ia kuasai, misal bicara soal idolanya, musik kesukaannya, atau mungkin mengenai dirinya sendiri.

Namun pada tahap ini, seorang elementary mampu berbicara langsung dengan seorang native speaker dengan lebih santai dan tenang.

B1 Intermediate

Kalau di tahap ini, biasanya seseorang sudah bisa menggunakan slang language atau bahasa gaul dalam bahasa Inggris. Mereka juga mampu untuk melakukan wawancara dalam bahasa Inggris. Sehingga cakupan pembahasannya lebih luas daripada level sebelumnya.

Baca Juga: Begini Caranya Sukses Interview Berbahasa Inggris

B2 Upper Intermediate

Memasuki level bahasa Inggris selanjutnya, pada tahap ini seseorang sudah paham menggunakan bahasa Inggris yang lebih kompleks. Umumnya jika kamu berada di level ini, kamu sudah mampu untuk membuat tulisan mengenai topik-topik berita atau fenomena sosial yang ada.

C1 Advanced

Nah, kalau sudah sampai di tahap ini, harusnya kamu tidak akan menemukan masalah ketika mengerjakan tes TOEFL, IELTS, atau TOEIC. Karena pada tahap ini, seseorang yang sudah advanced akan mampu menggunakan bahasa Inggris untuk kepentingan akademik atau tingkat profesional.

Kalau kamu mampu berbicara bahasa Inggris secara spontan, pede, dan fasih, mungkin saja level bahasa Inggrismu sudah sampai level advanced.

C2 Proficient

Ini dia level tertinggi dalam standar CEFR, yakni proficient. Umumnya, pada level ini berarti posisi yang dimiliki seseorang setara dengan seorang native speaker. Kalau kamu sudah berada di tahap ini, fix banget sih mau tersesat di Amerika Serikat atau London pun kamu akan baik-baik saja karena kamu mampu untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kondisi apapun.

Jadi itu dia, Campuspedia Friends, level bahasa Inggris yang bisa jadi acuanmu dalam mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggrismu. Berdasarkan 6 level tersebut, kira-kira kamu sudah sampai di tahap mana nih? Kalau levelmu masih rendah, jangan berkecil hati dan tetap semangat belajar bahasa Inggris ya! Karena kuncinya adalah perbanyak latihan biar cepat fasih! Kalau yang levelnya sudah tinggi, jangan sombong juga dan bantu temanmu yang masih kesulitan dalam bahasa Inggris biar sama-sama jago.

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

The post Sudah Tahu Level Bahasa Inggris Kamu Sampai di Level Berapa? Cek Disini! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR