SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Strategi Anti Salah Jurusan Kuliah 

 

Tips Memilih Jurusan Kuliah – Memasuki masa akhir SMA, banyak pelajar yang mulai gundah akan memilih bidang mana dalam kelanjutan studinya. Tak dapat dimungkiri, meskipun masa SMA terkenal sebagai masa untuk mencari jati diri, tetapi masih banyak pelajar yang belum menemukan passion dan minatnya.

Kondisi ini berakibat pada pemilihan jurusan yang ternyata tidak tepat. Menurut data, 87% dari mahasiswa Indonesia mengalami salah jurusan. Nah, lebih dari 50% bukan? Jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat besar dan bisa berdampak fatal.

Sebab, masa kuliah seharusnya digunakan untuk mengembangkan diri. Jika hal demikian yang terjadi, seseorang akan merasa tersiksa dan sulit nyaman dengan mata kuliahnya. Alhasil, bisa jadi kuliah tersebut malah tidak menghasilkan apa-apa.

Dalam jangka panjang, para lulusan sarjana ini bisa berkontribusi terhadap penurunan sumber daya manusia yang kurang berkualitas. Semestinya, dunia kuliah dimanfaatkan untuk mencari bidang karier yang “kamu banget”

Jangan khawatir, kamu masih memiliki waktu untuk memikirkannya. Putuskan dengan segera. Melalui tips dan strategi memilih jurusan berikut ini bisa segera kamu praktikkan.

Pahami Minat dan Cita-Cita Kamu Terlebih Dahulu

Jurusan sangat erat kaitannya dengan cita-cita seseorang. Meskipun banyak kasus bidang kerja tidak sesuai jurusan, tetapi sebagian mahasiswa pasti memilih jurusan karena prospek kerja yang menjanjikan.

Oleh karenanya, tentukan mulai dari sekarang kamu mau menjadi apa. Contoh jelasnya seorang dokter, tentu kamu harus mengikuti pendidikan kedokteran. Jika masih bingung, cobalah tes kepribadian dan pertimbangkan minatmu.

Kamu bisa menganalisis dari hobimu. Petakkan apakah hobi tersebut cenderung ranah soshum atau saintek. Dengan mengenali hobi, kamu bisa menelisik di mana minatmu. Kemudian hubungkan dengan jurusan-jurusan yang relevan.

Selain Minat dan Cita-Cita, Cobalah Tinjau Kemampuanmu

Belajar memang seiring waktu. Namun, ketika memasuki bangku kuliah, kenali terlebih dahulu belajar apa yang paling kamu suka. Terkadang hal yang kamu suka ini bisa membuatmu terus mengasah kemampuan di bidang itu.

Misalnya ketika kamu menganalisis hobi, tinjau kembali apa kamu benar-benar mampu bergelut dalam bidang tersebut? Hal ini sangat penting karena untuk maju, kamu harus mampu. Tenang, kemampuan ini bisa kamu asah seiring berjalannya waktu.

Tips memilih jurusan kuliah yang penting kamu senang dahulu dengan bidang yang ingin kamu pilih. Dengan begitu, kamu akan terpicu untuk berjuang lebih keras agar mendapatkan posisi itu. Sebab, jurusan kuliah dengan prospek kerja sering dikaitkan dengan cita-cita.

Baca Juga: Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Drama Start-up

Dalam Memilih Jurusan Kuliah, Mencari Informasi Jurusan Adalah Hal Terpenting

Jangan hanya menduga-duga, carilah informasinya. Bagaimana akan memilih jurusan, jika kamu saja tidak mengetahui jurusan tersebut? Nah setelah memetakkan minatmu, kamu harus mendata jurusan apa saja yang menjadi minatmu.

Kemudian carilah informasi jurusan secara lengkap. Kamu bisa menemukan informasi lengkap dengan mengunjungi website universitas dan jurusannya langsung. Misalkan kamu mencari ilmu komunikasi UI, akan muncul di halaman pertama website dari jurusan tersebut.

Selain itu, kamu bisa meminta informasi kepada kakak tingkat yang berada di jurusan tersebut. Pasti lebih terasa sensasinya!

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati, tetapi Punya Prospek Bagus

Wajib Minta Pertimbangan Orang Tua

Yang membiayai kuliah, yang selalu mendukungmu, yang selalu menyemangatimu adalah orang tua. Menjadi hal yang paling penting untuk meminta pertimbangan dar orang tua. Selain agar mendapat restu, kamu bisa lebih optimis dengan persetujuan dari mereka.

Ingat bahwa doa orang tua, terutama ibu, pasti dikabulkan oleh Tuhan. Selalulah meminta doa restu orang tua saat menentukan pilihan. Mereka pasti memberikan gambaran terbaik untuk anaknya sendiri.

Jangan takut jika terjadi pertentangan. Yang harus kamu lakukan adalah menyamakan persepsi agar orang tua paham rujukan jurusan yang ingin kamu pilih. Setelah diskusi tentu kamu segera menemukan titik temu.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan untuk Orang yang Malas Menghafal

Jangan Lupa untuk Terus Berdoa

 

 

Segala takdir hidupmu ditentukan oleh Tuhan. Jangan pernah sekalipun memutuskan suatu hal tanpa meminta petunjuk dari Tuhan. Bagaimana pun, semua usahamu dalam mencapai PTN, hasilnya berada di tangan-Nya.

Jangan menganggap remeh kekuatan doa ya. Dengan terus berdoa dan meminta petunjuk, hatimu akan semakin teguh. Ketika mendapati keraguan, segeralah kembali kepada Tuhan. Niscaya kamu akan merasa tenang kembali.

Orang-orang sukses di dunia terbukti memiliki kepercayaan yang kuat. Kepercayaan seperti inilah yang selalu mereka jaga dalam setiap usaha. Artinya, Tuhan pasti selalu memberikan jalan terbaik kepada hamba-Nya.

Nah itulah tips memilih jurusan kuliah. Lakukan analisis mulai dari sekarang, konsultasikan, dan berdoa. Untuk mengiringi hal tersebut, belajarlah dengan strategi yang tepat.

Jangan lupa ikuti terus campuspedia melalui  instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn

The post Strategi Anti Salah Jurusan Kuliah  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR