Info Kampus
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Skripsi Sambil Kerja? Ini Dia Tipsnya!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Skripsi sambil kerja? Kebayang enggak sih bakal gimana nanti? Jangan sampai kamu keteteran dan justru dua-duanya diabaikan yah! Harus tetap all out dan maksimal di keduanya, gimana caranya? Simak deh tips berikut

Atur skala prioritas untuk skripsi dan pekerjaanmu!

Nah sangat penting untuk kalian mengatur skala prioritas dalam bekerja dan menulis skripsi. Kalian musti paham hal yang urgent atau mendesak yang harus dilakukan sesegera mungkin. Apabila deadline pekerjaan lebih dekat dan sifatnya sangat urgent, bisa dikerjakan terlebih dahulu dan begitu pula sebaliknya.

Ada beberapa cara mengatur skala prioritas, yakni bisa dengan menggunakan list seperti berikut :

  1. Penting dan mendesak.
  2. Penting dan tidak mendesak.
  3. Mendesak tetapi tidak penting.
  4. Tidak penting dan tidak mendesak.

Nah ada baiknya setiap hari kalian mengisi dan menulis jadwal kalian sesuai dengan urutan skala prioritas di atas.

BACA JUGA: Tips Mengerjakan Skripsi Saat Pandemi Agar Lulus Tepat Waktu

Tips Biar Skripsimu Cepat Selesai, Fokus Dulu!

Lalu hal yang terpenting lainnya adalah jika kalian sudah menyentuh skripsi, usahakan fokus  tidak  memikirkan pekerjaan. Hal ini lah gunanya mengatur skala prioritas. Selain itu ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mempermudah dalam mengerjakan!

  1. Rajin membaca buku/jurnal sebagai literatur.
  2. Diskusi dengan teman yang memiliki topik penelitian sama.
  3. Kerjakan sedikit demi sedikit.
  4. Apabila lelah, istirahat dan lanjutkan.

Beberapa tips di atas sangat disarankan untuk dilakukan ya para pejuang gelar! Tetaplah ingat jika skripsi yang baik adalah skripsi yang dikerjakan.

BACA JUGA: Catat! Kumpulan Website Penting Buat Pejuang Skripsi di Tengah Pandemi

Rajin-rajin menyicil pekerjaan

Tidak deadliners sangat penting diterapkan apabila kamu sedang mengerjakan skripsi dan sambil bekerja. Karena apabila deadlinenya bersamaan, kalian akan pusing sendiri. Lebih baik dikerjakan jauh-jauh hari sebelum deadline agar bisa lebih tenang mengerjakan pekerjaan. Pekerjaan yang ditumpuk-tumpuk justru membuat kalian lebih pusing dan mudah stress.

Jadi alangkah baiknya kalian rajin mengerjakan satu persatu tugas yang diberikan oleh atasan ya! 

Pintar membagi waktu

Kunci dari mengerjakan skripsi sambil bekerja adalah harus pintar-pintar mengatur waktu. Misalnya kalian bisa membagi waktu dengan pagi hari bekerja, dan malam hari dilanjutkan dengan mengerjakan skripsinya. Jangan sampai  waktu kalian justru berat sebelah sisi, lebih banyak mengerjakan skripsi sehingga pekerjaan terabaikan.

Kalian bisa menggunakan google calendar untuk mengingatkan dan membagi waktu agar lebih mudah, sehingga tetap up to date dalam setiap proses pengerjaannya dan lebih teratur!

BACA JUGA: 4 Tips Produktif Hack Untuk Meningkatkan Work-Life Balance, Jangan Kerja Mulu!

Nahh buat kalian mahasiswa tingkat akhir yang lagi skripsian sambil kerja, jangan lupa diterapin tips-tipsnya yah! Semangat cari cuan dan gelar!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Skripsi Sambil Kerja? Ini Dia Tipsnya! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar