Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Skill Media Sosial Berikut Wajib Masuk CV

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Kamu seorang konten kreator? Pernah buat konten dan meraih engagement yang banyak? Kamu pasti punya skill media sosial yang hebat nih! Wajib masuk CV tuh!

Skill dalam berstrategi di media sosial memang sangat diperlukan belakangan ini, namun ternyata skill media sosial tidak sekadar upload konten saja, lo! Apa aja sih, penasaran kan?

Sebelum masuk ke skill media sosial, kita bahas dulu yuk tentang media sosial itu sendiri!

Kenapa Media Sosial Penting?

Di zaman yang serba digital, media sosial menjadi salah satu wadah yang penting dalam perkembangan informasi. Awalnya media sosial dipergunakan untuk menjangkau seseorang yang sulit kita temui di dunia nyata, namun seiring berkembangnya zaman dan semakin banyak kebutuhan manusia, media sosial pun menjadi meluas dan bertambah fungsinya sebagai wadah untuk berbisnis.

Karena maraknya penggunaan media sosial itu sendiri, peluang bisnis kamu akan semakin mudah untuk ditemukan oleh orang lain, baik dari wilayah yang terdekat bahkan sampai luar negeri. Kesempatan eksposur sangat besat di dunia maya ini, tidak lagi terhalang oleh jarak.

Setiap orang pasti memiliki Facebook, Twitter, maupun Instagram di zaman ini. Karenanya akan semakin mudah untukmu mengembangkan bisnis di media sosial. Tapi tunggu dulu, kamu juga perlu strategi dan skill agar bisnismu sampai dan menarik di mata orang lain.

Yuk kita bahas skill media sosial apa saja yang wajib kamu miliki!

Skill Media Sosial yang Wajib

Cepatnya perkembangan zaman, skill media sosial pun akan terus semakin berkembang sesuai kebutuhan zaman. Namun ada beberapa skill yang wajib kamu miliki sebagai dasar jika kamu ingin mengembangkan bisnis di media sosial.

1. Melek informasi dan bisa beradaptasi

Dunia media sosial bergerak lebih cepat setiap harinya. Informasi terus mengalir dan dengan mudah berganti dari satu topik ke topik lain.

Skill media sosial yang satu ini mewajibkan kamu melek informasi agar tidak tertinggal tren apa yang sedang ramai diperbincangkan khalayak internet. 

Kamu juga harus bisa beradaptasi dengan tren ini jika ingin bisnis di media sosial secara tepat.

Sebagai contoh, kamu adalah pedagang kue. Bisnismu lumayan laris, namun belakangan muncul serial drama Korea Squid Game yang ramai dibahas di media sosial.

Kamu bisa mengambil tren tersebut sebagai kesempatan mengembangkan bisnis di media sosial. Kamu bisa membuat kue bertemakan Squid Game dalam waktu yang terbatas. 

Jadi pembeli dan khalayak internet tertarik dengan produkmu ditambah dengan tren Squid Game yang sedang hangat-hangatnya.

2. Mengerti estetika

Bisnis di media sosial tentunya tidak boleh sembarangan. Hal yang pertama sampai pada seseorang ketika mereka bermedia sosial adalah tampilan. Skill selanjutnya adalah kamu harus memahami nilai estetika dan keindahan visual.

Bisnis di media sosial tidak jauh dari postingan Instagram atau Facebook. Jika kamu dengan sembrono memposting foto kue jualanmu saja tanpa memperhatikan nilai estetika di feeds Instagram, tentunya pelangganmu enggan melirik lebih jauh ke dalam Instagram milikmu.

3. Kemampuan copywriting

Ketika kamu memposting di feeds Instagram, kamu membutuhkan caption yang menarik. Tidak semua orang memiliki skill media sosial untuk membuat caption, lo!

Pasti kamu sering menemukan temanmu yang kebingungan membuat caption ketika hendak memposting fotonya di Instagram. Nah, karenanya, jika kamu ingin membuka bisnis di media sosial, kamu juga harus pandai membuat caption yang menarik.

Teknik membuat caption yang menarik disebut dengan kemampuan copywriting. Dengan kemampuan copywriting ini kamu menempatkan dirimu sebagai orang yang ingin membeli dan mengetahui apa kebutuhanmu. Ada banyak teknik copywriting yang bisa kamu gunakan.

Skill media sosial yang satu ini juga menambah kekuatan captionmu dalam bercerita, sebagai bentuk komunikasi yang dekat dan relate dengan calon pembeli produk. Sehingga mereka akan merasa produkmu menawarkan sesuatu yang personal, dengan pendekatan ini, mereka tak akan segan-segan untuk membeli produkmu.

4. Mengetahui prime time

Ada algoritma sendiri perihal prime time yang bisa kamu pelajari. Dengan skill ini, kamu akan mengetahui jam-jam berapa saja yang bisa menarik pengunjung lebih banyak untuk melirik produkmu.

Biasanya dalam satu hari ada tiga waktu utama untuk memposting sebuah konten, di pukul 08.00, saat makan siang pukul 13.00, dan ketika sore di 19.00.

Namun setiap media sosial pada dasarnya memiliki algoritma prime timenya sendiri. Dengan memahami waktu tertentu untuk memposting produk yang kamu jual, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan dan bisnis di media sosial akan semakin berkembang.

5. Paham SEO

Skill media sosial terakhir adalah pemahamanmu dalam SEO. 

Jika kamu pikir SEO hanya digunakan dalam artikel dan situs, maka kamu salah besar. SEO bisa kamu gunakan di caption dan foto yang kamu upload. SEO masuk dalam bagian copywriting dan merupakan dasar dari teknik menulis dalam dunia bisnis di media sosial.

SEO akan mempermudah Google untuk mengindex barang jualanmu ke halaman pertama hasil pencarian. Dengan ini, akan ada banyak calon pembeli yang akan menemukan barangmu di sana dan kemungkinan besar muncul ketertarikan untuk membelinya.

Tidak hanya Google, pencarian di Instagram pun menggunakan SEO juga, lo!

Jadi gimana Sobat Minca? Apakah kamu memiliki skill media sosial di atas untuk mengembangkan bisnis di media sosial? Jika iya, kamu bisa menuliskannya dalam CV agar menjadi nilai tambah dirimu di mata HR.

Namun jika belum, kamu bisa mulai untuk belajar memahami skill media sosial di atas agar peluang kerjamu semakin besar. Selalu ada celah untuk belajar dan berkembang! Semangat!

 

The post Skill Media Sosial Berikut Wajib Masuk CV appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar