SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Simak Cara Belajar Efektif Ala Maudy Ayunda Saat Kuliah di Oxford!

Hallo Campuspedia Friends! Pernah gak sih kepikiran kenapa orang-orang bisa pintar bahkan sampai ada yang ketagihan belajar. Sama-sama makan nasi, tapi kok otaknya bisa beda ya. Ternyata kebanyakan orang-orang yang pintar itu punya tips sendiri tentang cara belajar yang efektif buat mereka.

Salah satunya Maudy Ayunda. Siapa sih yang gak kenal sama artis berbakat ini. Selain jago akting dan berkarya di bidang musik, Maudy Ayunda juga lulusan Oxford dan bahkan pernah diterima di Harvard dan Standford saat mau melanjutkan S2. Keren banget kan!

Maka dari itu, Maudy Ayunda membagikan tips cara belajar yang efektif sehingga bisa diterima di universitas bergensi di dunia. Yuk simak!

Baca juga : Kamu Kesulitan Dalam Belajar? Yuk, Belajar Bagaimana Cara Untuk Belajar!

1. Memahami konsep

Tentunya untuk pintar dalam sesuatu kamu perlu memahami materinya dong. Ingat belajar itu bukan buat menghapal, kamu harus memahami konsep dari inti materinya. Kalau kamu cuman hapalan tapi gak ngerti point-nya, ini malah memakan waktu kamu untuk terus mengulang materi karena gak ngerti konsepnya.

2. Fokus pada materi yang belum dipahami

Biar kamu gak menghabiskan banyak waktu, coba kamu fokus pada materi yang belum kamu paham. Cara belajar yang satu ini paling efektif nih kalau ada banyak materi yang belum ter-cover untuk kamu pelajari. Setidaknya kamu bisa mengatasi kelemahan kamu dan ada sedikit materi yang kamu ingatlah.

3. Menulis membuat belajar lebih mudah

Kepikiran gak sih kenapa guru atau dosen kamu sering banget nyuruh kamu buat bikin rangkuman. Ini sebenarnya ada manfaatnya lho. Ketika kamu menulis, kamu pasti sambil membayangkan kalimat seperti apa yang harus ditulis kan. Secara gak sadar, otak kamu bakal merekam kalimat itu yang akhirnya bikin kamu ingat kalimatnya. Makanya penting banget nih kalau kamu bikin catatan dengan gaya bahasamu sendiri. Sesuatu yang dibuat oleh otakmu sendiri terkadang memiliki daya ingat paling kuat lho.

4. Baca kembali catatan yang telah dibuat

Setelah menulis jangan dianggurin begitu aja. Coba kamu refresh lagi ingatanmu dengan membaca ulang kembali catatanmu. Kamu akan teringat lagi dengan materi yang sempat kamu lupakan dan materi yang kamu ingat akan semakin menguatkan ingatan di otakmu lagi.

5. Membaca dengan metode skimming dan scanning

Kalau ada banyak materi yang harus kamu baca, coba deh pakai teknik skimming dan scanning. Keduanya ini merupakan metode membaca cepat. Skimming digunakan ketika ingin mencari tahu inti dari keseluruhan bacaan. Sedangkan untuk metode scanning bisa digunakan ketika kamu ingin mencari tahu sesuatu secara spesifik dari sebuah bacaan.

Baca juga : Kesalahan Terbesar Yang Kita Lakukan Saat Belajar

6. Belajar gak cuman buat ujian doang

Jangan pernah sekali-kali kamu belajar ketika ada ujian aja. Kalau kamu cuman belajar dengan mindset buat ujian aja, nantinya kamu cuman terpikirkan materi yang cuman ada di ujian aja. Tentunya cara gak efektif buat belajar kamu. Walaupun materi itu terpisah-pisah topiknya, biasanya semua topik itu ada keterkaitannya. Jadi kalau kamu cuman pelajari topik buat ujian, kamu gak akan ngerti konsepnya.

7. Coba koreksi ulangan atau ujian yang sudah dinilai

Setelah ujian selesai, biasanya guru atau dosen akan membagikan hasil ujian beserta lembar jawabannya. Nah, dari situ coba kamu pelajari lagi jawaban milikmu. Learning by mistake. Perhatikan jawaban soal kamu yang ternyata salah. Dari koreksi itu kamu bisa memperbaiki pengetahuan kamu. Kalau kamu menemukan soal itu lagi, kamu gak akan melakukan kesalahan yang sama.

8. Adaptif dan fleksibel sama lingkungan

Kamu juga harus mencoba beradaptasi nih sama lingkungan kamu. Maudy Ayunda bilang kalau cara ini bisa jadi cara belajar yang efektif lho. Dengan kamu beradaptasi sama sekelilingmu, kamu akan jauh lebih mudah menjalani keseharian dan juga membuka peluang berinteraksi dengan teman baru. Dari teman-teman itu kamu bisa bertukar pikiran yang bikin kamu makin tahu deh.

9. Sering-sering main ke perpustakaan

Maudy Ayunda ternyata sering banget lho ke perpustakaan semasa kuliah, bahkan dia menjadikan perpustakaan sebagai rumah keduanya. Perpustakaan bisa jadi salah satu pilihan buat belajar selain kos-kosan dan rumah. Suasana yang tenang bisa bikin kamu fokus belajar. Belum lagi di perpustakaan banyak pilihan buku yang bisa kamu baca.

10. Sering-sering ikut kuliah umum atau seminar

Ilmu itu gak hanya dari kampus atau buku aja, tapi bisa dari orang lain. Sesekali coba kamu ikut kuliah umum atau seminar. Dengan mengikuti seminar atau kuliah umum, kamu bisa menambah wawasan yang bukan jurusan kamu sekalipun.

11. Jangan lupa terapkan study-life balance

Ambis dan fokus belajar boleh, tapi jangan lupa luangkan waktumu untuk bersenang-senang ya. Contohnya Maudy Ayunda yang walaupun selalu belajar tapi dia masih menyempatkan diri melalukan hobinya seperti berakting dan bermusik. Seimbangkan kegiatan akademikmu denga kehidupan personal kamu. Cara ini dilakukan agar kamu gak terlalu stres juga. Dengan begitu, kamu bisa menyerap ilmu lebih banyak ketika mood mu sedang bagus.

Baca juga : Cara Belajar Berdasarkan Zodiak Yang Bisa Kamu Coba!

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Simak Cara Belajar Efektif Ala Maudy Ayunda Saat Kuliah di Oxford! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR