Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Siap-siap! UNAIR dan ITS Gelar Kuliah Hybrid September Ini

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk mulai kuliah tatap muka, ada kabar baik nih. Sejalan dengan izin pelaksanaan kuliah tatap muka yang diberikan Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim beberapa waktu yang lalu, UNAIR dan ITS siap menggelar kuliah hybrid dalam waktu dekat ini.

Kuliah Hybrid UNAIR

Dilansir dari detikNews pada Jumat (3/9/2021), Direktur Pendidikan UNAIR Prof. Dr. Sukardiman menyebutkan bahwa kuliah tatap muka di UNAIR Surabaya akan dilaksanakan pada 6 September 2021 dengan metode hybrid learning. Kuliah hybrid atau hybrid learning ini adalah gabungan antara pembelajaran daring dan luring. Beliau juga menambahkan jika tidak semua mahasiswa dapat mengikuti kuliah tatap muka ini. Kegiatan perkuliahan tersebut akan tetap menyesuaikan dengan kondisi pandemi dan kebijakan prodi yang menuntut soft skill tinggi mahasiswa. Seperti misalnya, Prodi Ilmu Kesehatan yang akan melaksanakan praktikum secara hybrid setelah UTS pada pertengahan Oktober 2021. 

Meskipun kuliah offline ini dilaksanakan oleh setiap prodi di UNAIR, jumlah mahasiswa yang mengikuti dibatasi sebanyak 25 persen saja dari kapasitas kelas. Selain aturan jumlah kapasitas kelas yang perlu diperhatikan, syarat yang wajib dipenuhi untuk melaksanakan kuliah tatap muka dan praktikum luring ini adalah mahasiswa telah divaksinasi Covid-19. Selain itu, dosen hingga karyawan UNAIR juga harus sudah menjalani vaksinasi lengkap sesuai ketentuan kuliah tatap muka yang tertuang dalam SKB 4 menteri.

Kuliah Hybrid ITS

Tak hanya UNAIR yang akan menggelar kuliah luring, ITS Surabaya juga akan segera melaksanakan meskipun baru di mulai pada minggu keempat bulan September. Melansir dari halaman detikNews, rektor ITS Prof. Mochamad Ashari menyebutkan bahwa kuliah kombinasi luring dan daring ini dilaksanakan pada minggu keempat bagi mahasiswa angkatan 2020 dan 2021. Keputusan itu diambil mengingat mahasiswa angkatan baru tersebut sama sekali belum pernah merasakan kuliah langsung di ITS.

Selain itu, beliau juga menambahkan jika kuliah hybrid ITS ini sifatnya terbatas dan harus tetap waspada. Mahasiswa yang diperbolehkan untuk mengikuti pembelajaran langsung ini juga yang berasal dari Surabaya Raya, yaitu Kota Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Kemudian, kelas-kelas yang akan digunakan juga telah dipersiapkan dengan baik dan ditambahkan beberapa perangkat untuk menunjang kuliah hybrid. Seperti halnya UNAIR, kampus ITS juga mewajibkan seluruh dosen, karyawan, dan mahasiswa untuk melakukan vaksinasi dalam pelaksanaan kuliah offline ini.

Jadi, buat kalian yang akan segera mengikuti kuliah hybrid ini pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan wajib melakukan vaksin terlebih dulu ya Campuspedia Friends. Semangat!

Baca juga: Diizinkan Wali Kota, UNS Siap Menggelar Pertemuan Tatap Muka

Baca juga: Menteri Nadiem Izinkan Perguruan Tinggi Kuliah Tatap Muka

Baca juga: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Dibubarkan oleh Nadiem Makarim

The post Siap-siap! UNAIR dan ITS Gelar Kuliah Hybrid September Ini appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar