SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Sering Menunda-nunda Tugas? Berikut 9 Cara Jitu agar Tugas Cepat Kelar 

Sering Menunda-nunda Tugas? Berikut 9 Cara Jitu agar Tugas Cepat Kelar – Hallo Campuspedia friends! Sudah mulai memasuki semester genap? Jika iya, siap-siap dengan segala tugas yang nanti menghampiri ya guys! Nah berhubung sudah berganti tahun, adakah keinginan untuk tidak lagi menunda-nunda tugas? 

Kenyataannya, banyak mahasiswa yang sering menunda tugas hingga mengerjakannya ketika mendekati deadline. Padahal waktu mereka sangat panjang, tetapi digunakan hanya untuk berleha-leha dahulu baru kemudian menjelang deadline akan panik. Kamu termasuk orang yang demikian? 

Jika iya, yuk coba berubah menjadi lebih baik lagi. Kebiasaan menunda-nunda tugas menjadikan hasil pekerjaanmu tidak maksimal lho! Sebab waktu yang kamu delegasikan untuk mengerjakan tugas menjadi lebih singkat. Alhasil kamu pun bisa “asal selesai”. 

Tenang, berikut ini sudah Minca rangkum cara jitu agar tugas cepat kelar. Yuk disimak! 

1. Kenali kebiasaan dan ubah mindset 

Sampai sejauh ini apakah kamu mengakui bahwa kamu merupakan orang yang suka menunda-nunda tugas? Kalau jawabanmu “iya” artinya kamu sudah mengenal hal tersebut menjadi kebiasaanmu. 

Sekarang kalau kamu mau berubah, ubah dahulu mindsetmu. Ubahlah dari yang awalnya “mengerjakan tugas nanti saja” menjadi “kerjakan tugas dengan segera”. Untuk membangun mindset seperti ini aturlah jadwal kegiatan dan segera bertindak. 

2. Buatlah jadwal mengerjakan tugas  

Masih berhubungan dengan bagian sebelumnya, kamu diminta untuk membuat jadwal mengerjakan tugas. Nah dalam hal ini artinya kamu memang DIWAJIBKAN untuk segera bertindak. 

Baca juga: 7 Tips Membuat Rencana Belajar agar Kamu Semakin Produktif

Tanpa tindakan, segala hal di pikiranmu tentu tidak akan terealisasikan. Untuk itu tetapkan tujuan bahwa kamu harus segera menyelesaikan tugas. Tenang, jangan membebani diri bahwa mengerjakan tugas butuh waktu berjam-jam, cukup luangkan waktu 1-2 jam saja untuk menyelesaikan tugas. 

Nah agar memudahkanmu dan agar tugas cepat kelar, bagilah tugas besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil. Misalnya ketika sedang memulai proyek besar, bagilah proyek tersebut menjadi beberapa bagian agar lebih ringan. 

3. Kerjakan tugas yang sulit dahulu 

Nah ini yang menjadi alasan kamu menunda-nunda tugas. Kamu bisa saja menganggap suatu tugas sulit sehingga enggan mengerjakannya dengan segera. Pun jika tugas tersebut kamu rasa terlalu mudah sehingga kamu akan mengerjakan ketika menjelang deadline saja. 

Yang benar adalah mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu. Tugas yang sulit membutuhkan waktu lebih banyak. Nah agar bisa maksimal, kerjakanlah terlebih dahulu saat kamu memiliki banyak waktu. 

Baru ketika tugas tersebut selesai, kamu pasti lebih cepat mengerjakan tugas-tugas yang lebih mudah. Terdengar sangat menarik bukan? 

4. Segera bangun dari kasur 

Niat mengerjakan tugas sih selalu muncul, tetapi memulainnya yang sangat sulit. Bisa jadi hal ini karena sudah kebiasaan kita selama belajar di rumah hanya rebahan saaja. Alhasil kita pun terbawa suasana sulit untuk produktif. 

Untuk itu, saat niat sudah ada, segeralah bangun dari kasur, segera mengambil tindakan. Jangan biarkan jiwa rebahan menang dalam hal ini. Milikilah kontrol diri agar rencana dapat berjalan sesuai harapan. 

Baca juga: 7 Tips Anti Rebahan Selama WFH

5. Budayakan bertanya jika ada yang tidak paham  

Pernah mendengar kalau malu bertanya akan sesat di jalan? Ini juga ada hubungannya dengan kebiasaan menunda-nunda lho! Ketika kamu tidak paham terhadap tugas yang diberikan, apakah kamu akan langsung bertanya? 

Faktanya sebagian mahasiswa baru akan bertanya ketika tugas tersebut sudah hampir tiba pada batas waktunya. Alhasil selama belum mendekati deaadline, tidak ada kepentingan untuk bertanya. 

Solusi agar tugas cepat kelar adalah dengan membudayakan bertanya jika memang kamu belum paham dengan tugas yang diberikan. Nah kalau sudah paham kan enak tinggal langsung kerjakan saja, setuju? 

6. Biar ga bosendengerin lagu 

Kebiasaan menunda-nunda tugas bisa kamu atasi dengan menghilangkan kebosanan ketika melakukan pekerjaan itu. Caranya cukup beragam. Misalnya dengan mendengarkan lagu kesukaanmu. 

Ingat dengarkanlah lagu-lagu yang membawa semangat. Hindari lagu-lagu galau yang membuatmu malah tambah bermalas-malasan. Intinya ketika kamu bosan, bangkitkan kembali semangatmu, salah satunya dengan mendengarkan musik. 

Baca juga: Bosan Belajar? Coba Cara Menarik Mengatasi Bosan Belajar Berikut!

7. Pilih tempat belajar yang nyaman 

 

Satu lagi yang bisa kamu lakukan agar tugas cepat kelar. Pilihlah tempat belajar yang nyaman. Kalau kamu belajar pada tempat yang banyak distraksi kamu tidak akan cepat dalam menyelesaikan tugas. 

Saat kamu tidak fokus pada materi dan tugasmu, tentu kamu lebih sulit dalam melakukan hal tersebut bukan? Untuk itu pilihlah tempat belajar yang nyaman agar meskipun tugasnya berat kamu mampu fokus dan cepat menyelesaikan tugas. 

8. Buat reward  jika kamu selesai

Selain melakukan serangkaian cara tersebut, memberi reward atas hasil kerjamu juga PENTING untuk dilakukan lho! Kalau kamu sudah bekerja keras menyelesaikan tugas, apresiasilah diri kamu. 

Kamu hebat telah menyelesaikan tugas dengan benar. Berikan penghargaan dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, seperti menonton film atau menghibur diri. Kamu juga bisa menikmati makanan dan minuman favorit sepuas yang kamu mau. 

9. Milikilah komitmen ketika mengerjakan 

Agar cara untuk tidak menunda-nunda tugas sukses kamu jalankan, yang terpenting adalah komitmen. Milikilah komitmen untuk menyelesaikan tugas dari awal hingga akhir.  

Jangan setengah-setengah dalam bertindak. Pastikan tugasmu tuntas dan kamu sendiri puas dengan hasil yang kamu usahakan. Kamu hebat! 

Yes, tunggu apalagi segera praktikkan tips tersebut agar kamu tidak lagi menunda-nunda tugas. Semoga tips tersebut bisa membantumu dalam berkomitmen agar tugas cepaat kelar. Good luck. 

Jangan lupa ikuti terus campuspedia melalui  instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn

The post Sering Menunda-nunda Tugas? Berikut 9 Cara Jitu agar Tugas Cepat Kelar  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR