SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Sering Dispelekan, Begini 8 Etika Mengikuti Online Meeting

Hai Campuspedia-friends!—Di masa pandemi kini hampir semua pembelajaran dan pekerjaan dilakukan secara daring dari rumah masing-masing. Sebut saja sudah sekitar 7 bulan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Work From Home (WFH) dilakukan. Namun, sebenarnya bagaimana sih etika mengikuti online meeting menggunakan video conference?

Virtual ataupun online meeting dengan video conference ini sebenarnya sudah jadi hal lumrah di era serba digital ini, namun penggunaannya makin masif ketika kita diharuskan di rumah.  Hal positifnya, kita bisa berkomunikasi dan melanjutkan kegiatan akademik maupun pekerjaan cukup dari rumah saja.

Namun, meskipun begitu, baiknya kita masih harus tetap memerhatikan etika ketika menghadiri online meeting tersebut. Dan sebenarnya, juga tidak jauh berbeda ketika kita mengikuti meeting secara online. Kira-kira apa saja ya etika mengikuti online meeting?

Penasaran? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Baca juga: 7 Alternatif Pekerjaan Online Tanpa Harus Ngantor

8 Etika Mengikuti Online Meeting

  1. Persiapkan Device yang Dibutuhkan

Meskipun semua serba mudah dan cukup dilakukan di rumah masing-masing, bukan berarti online meeting ini tidak ada hambatan apapun. Jadi, untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan di tengah-tengah berlangsungnya meeting, persiapkan semua device yang kamu butuhkan ya C-friends!

Mulai dari PC atau laptop, ponsel, earphone, buku catatan, hingga earphone dan jaringan internet yang memadai.

  1. Kurangi Kebisingan

Nah, masih relate sama poin pertama nih, etika online meeting selanjutnya adalah persiapkan tempat yang tenang dan minim kebisingan. Usahakan menyiapkan dan berada di tempat yang minim kebisingan, agar kamu bisa fokus dengan meeting. Apalagi, jika kamu adalah orang yang akan presentasi.

Pastikan juga ponsel kamu dalam mode silent atau minimal mode bergetar. Dan jangan lupa juga untuk memberi tahu orang rumah jika kamu sedang meeting dan tutup pintu kamu.

  1. Pakailah Pakaian yang Tepat

 

Meskipun tak lagi perlu datang ke kelas ataupun ke akntor, bukan berarti kamu bisa berpakaian bebas dan tidak rapi ya C-friends!

Meskipun daring, usahakan tetap mengenakan baju yang rapi ya. Minimal baju atasan seperti blouse atau kemeja, karena masih terlihat ketika melakukan online meeting. Dan untuk bawahannya, kamu bisa lebih santai deh!

  1. Mute Ketika Tidak Berbicara

Nah, etika poin keempat ini sering dilupakan dan terkadang lolos dari perhatian para peserta online meeting nih C-friends! Yaitu, mematikan atau mute microphone.

Ketika belum giliran kamu untuk presentasi atau berbicara, pastikan bahwa pengaturan microphone kamu sudah mati. Agar noise atau suara yang ada di latar belakang kamu tidak mengganggu peserta meeting lainnya.

  1. Tetap Sopan

Ketika menghadiri online meeting menggunakan video conference, tetaplah bersikap sopan dengan memerhatikan apa yang sedang dipresentasikan. Dan responlah ketika diminta pendapat atau diajukan pertanyaan.

Hindari juga memotong pembicaraan orang lain, dan kalau kamu tidak sengaja karena adanya delay, jangan ragu untuk meminta maaf ya C-friends!

  1. Fokus dan Tidak Mengganggu Perhatian Orang Lain

Nah, etika poin keenam ini juga masih relate sama poin sebelumnya nih! Ketika menyimak dan memerhatikan presentasi yang diberikan, jangan lupa juga untuk fokus pada isi materinya ya!

Jangan sampai karena kamu tidak fokus, akhirnya rasa bosan melanda bahkan sampai menguap dan terkantuk-kantuk. Hindari juga mengganggu fokus orang lain dengan memainkan jari-jari kamu di layar atau mencoret-coret materi yang sedang dipresentasikan ya!

  1. Hindari Makan dan Minum

Masih perihal bersikap sopan, alangkah lebih baiknya jika kamu juga menghindari makan dan minum ketika meeting sedang berlangsung. Kecuali jika online meeting tersebut bersifat santai dan kamu dipersilahkan untuk makan dan minum.

Atau, baiknya lagi meskipun kamu dipersilahkan, jangan terlalu menampakkannya di video ya C-friends, hihi.

  1. Konfirmasi Jika Harus Meninggalkan Meeting

Meskipun online meeting dan menggunakan video conference, kamu sangat diperbolehkan untuk izin meninggalkan meeting sejenak untuk ke toilet kok C-friends! Namun, pastikan kamu memberi informasi atau konfirmasi ke peserta meeting lainnya jika kamu terpaksa harus meninggalkan meeting sejenak.

Atau, jika kamu benar-benar harus meninggalkan meeting dan tidak bisa mengikutinya hingga selesai, berikan penjelasan baik-baik dan alasan konkrit ke peserta lain atau ke penanggung jawab meeting. Jangan sampai kamu asal memencet tombol leave ya!

Baca juga: Glass Ceiling: Penghambat Karir Perempuan, Benarkah Ada?

Nah, itu dia 8 Etika Mengikuti Online Meeting yang tidak boleh kamu sepelekan C-friends! Karena apapun bentuknya, tujuan dari meeting adalah menyampaikan informasi yang tentunya positif bagi semua peserta meeting. Semoga bermanfaat ya!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Sering Dispelekan, Begini 8 Etika Mengikuti Online Meeting appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR