SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Sering Cemas di Hari Senin? Ini 6 Tips Mengatasi Monday Blues Syndrome!

Hai Campuspedia-friends!—Hayo siapa nih yang kalau denger kata Senin bawaannya sudah males, cemas, atau gelisah? Merasa kalau weekend-nya cepet banget dan tiba-tba udah mau ketemu Senin lagi. Ternyata perasaan malas, cemas, gelisah ketika mau ketemu sama hari Senin itu disebut dengan Monday Blues Syndrome, C-friends!

Monday Blues Syndrome adalah sebuah sindrom yang muncul dan menggambarkan emosi negatif ketika berada di penghujung akhir pekan dan akan menemui hari Senin. Sindrom ini muncul karena kita merasa tidak bahagia untuk memulai aktivitas kembali di hari Senin.

Monday Blues Syndrome ini ternyata bisa dirasakan oleh semua kalangan loh C-friends! mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Dan sebenarnya, jika kamu mengalami Monday Blues ini wajar kok C-friends. Tapi, kalau kamu mengalami Monday Blues hampir di tiap minggunya, kamu perlu cari tahu nih akar masalah dan penyebabnya apa.

Nah, supaya lebih tahu apa itu Monday Blues dan bagaimana mengatasinya, yuk langsung aja kita bahas lebih lanjut!

Apa itu Monday Blues?

Dilansir dari limone.di, menurut seorang psikolog, Beta Kurnia, M.Psi,  Monday Blues adalah suatu sindrom yang menggambarkan emosi kurang menyenangkan seperti sedih, cemas, lelah, hingga stres yang dirasakan berkaitan dengan hari Senin.

Nah, kondisi ini bisa jadi petunjuk bahwa ada stresor (pemicu stres) tertentu di hari Senin, seperti aktivitas yang akan dilakukan atau orang-orang yang akan ditemui di hari Senin. Dari sini, bisa diasumsikan bahwa penyebab Monday Blues itu bukan “hari Senin”-nya melainkan apa yang ada di hari Senin tersebut.

Jika pada kondisi yang lebih serius, Monday Blues yang dialami seseorang dapat berujung pada ketakutan ekstrim pada hari Senin. Bahkan ia jadi sama sekali tidak mau keluar rumah di hari Senin. Namun, untuk hasil yang akurat, tentu harus dari hasil pemeriksaan ke tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater ya, C-friends!

Nah, kalau kamu pernah ngalamin Monday Blues, kira-kira seperti apa ya cara mengatasinya?

6 Tips dan Cara Mengatasi Monday Blues

  1. Siapkan Senin dari Hari Jumat

Rita Friedman, seorang career coach di Piladelphia, menyarankan agar menyelesaikan semua tugas di hari Jumat sore. Karena, akan ada banyak kemungkinan pekerjaan yang belum selesai akan menumpuk di hari Senin. Nah, supaya kamu bisa mengawali Senin dengan lebih ringan, kamu bisa membereskan semua tugas dan pekerjaan di Jumat sore.

Supaya lebih tertata lagi, kamu juga bisa nih buat to-do-list untuk satu minggu kedepan setelah menyelesaikan semua tugasmu pada hari Jumat. Jadi, untuk weekend kamu benar-benar bisa fokus untuk istirahat dan bersenang-senang.

  1. Cari Tahu Penyebabnya

Rasa cemas akibat Monday Blues yang kamu rasakan bisa jadi karena kamu terlalu mencemaskan apa yang akan terjadi di hari esok, padahal belum tahu apa yang pasti akan terjadi. Dan, hanya memikirkan dan mencemaskan tentang apa yang akan terjadi esok tidak akan menyelesaikan masalah.

Maka dari itu, coba deh kamu cari akar masalah dan penyebabnya apa. Mulailah dengan mengambil kertas dan pulpen, lalu cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Sebenarnya, perasaan apa yang kamu rasakan? Marah, sedih, cemas, takut, atau yang lainnya?
  • Apa yang membuat kamu stres? Apakah itu tugas yang harus kamu selesaikan atau sesorang yang akan kamu temui?
  • Kira-kira, apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi itu?

Nah, dengan menjawab tiga pertanyaan tersebut, akan membantumu menemukan apa sebenarnya yang menjadi akar permasalahan sekaligus apa yang akan membantumu untuk mengatasi Monday Blues menurut versi kamu sendiri.

  1. Hindari Mengecek Pekerjaan pada Akhir Pekan

Kamu perlu nih C-friends punya gambaran yang jelas mengenai batasan antara waktu pribadi dan waktu kerja.

Hindarilah untuk mengecek, apalagi membahas tugas sekolah, tugas kuliah, ataupun pekerjaan di akhir pekan. Fokuslah pada kegiatan yang dapat menyenangkan dirimu sendiri di weekend ini atau hanya beristirahat dengan cukup.

  1. Lakukan Me Time dan Daftar Hal Menyenangkan

Kira-kira kamu sudah tahu belum C-friends apa hal yang dapat membuat kamu senang dan semangat? Kalau belum, coba deh kamu lebih kenali dirimu dan cari tahu hal apa yang membuat  kamu senang dan bersemangat untuk melakukannya.

Misalkan, berolahraga, menonton film, berkumpul bersama keluarga, dan sebagainya. Atau mengambil banyak waktu untuk sekedar beristirahat dan berleha-leha sudah membuatmu senang, maka lakukanlah itu.

Kamu juga bisa nih membuat daftar hal-hal menyenangkan apa yang akan kamu temui di hari Senin. Misalkan, kamu akan bertemu dengan teman kuliahmu, atau rekan kerjamu, atau kamu bisa membeli jajanan kesukaanmu di tempat kerja.

Dengan melakukan me time dan membuat daftar hal-hal menyenangkan akan membantu kamu menerima energi positif dan bersemangat untuk bertemu dengan hari Senin.

  1. Pilih Pakaian Favorit

Dilansir dari Halodoc, beberapa penilitian menunjukkan bahwa dengan memilih pakaian untuk kamu pakai di esok hari bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan mood dan bersemangat menjalani hari.

Coba deh kamu pilih baju favorit kamu, atau gaya pakaian yang ingin kamu coba pakai di hari Senin mulai dari sekarang ya C-friends! Biar semangat terus, hihi.

  1. Bangun Lebih Awal

Weekend memang kesempatan emas untuk melakukan hal-hal menyenangkan dan bangun lebih siang dari biasanya. Bahkan, beberapa orang juga memanfaatkan weekend untuk bisa begadang dan melakukan hal yang mereka mau.

Tapi, cobalah untuk tetap mengatur pola tidur kamu ya C-friends! Kamu bisa nih tidur lebih awal di hari Minggu supaya kamu punya waktu tidur yang cukup untuk mengawali hari Senin nanti.

Dan, kamu juga bisa nih bangun lebih awal di hari Senin. Supaya apa? Supaya kamu bisa menggunakan waktu ekstra di Senin pagi itu untuk melakukan me time atau hal menyenangkan lain sebelum kamu benar-benar memulai hari Senin kamu.

Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Psikologi Tuk Memahami Diri Sendiri: Mahasiswa Psikologi Wajib Baca!

Nah, itu dia C-friends Monday Blues Syndrome dan 6 Tips Mengatasinya! Gimana? Sudah tahu mau mengatasi Monday Blues dengan cara seperti apa? Semoga bermanfaat ya!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Sering Cemas di Hari Senin? Ini 6 Tips Mengatasi Monday Blues Syndrome! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR