SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Serba-serbi IELTS dan Jenisnya yang Wajib Kamu Tau!

Hai Campuspedia-friends!—Kalau sebelumnya kita sudah membahas soal TOEFL dan jenis-jenisnya, sekarang giliran kita bahas “saudaranya” nih! Yup, tes IELTS dan jenisnya.

Tak kalah populer dengan TOEFL, IELTS juga sudah populer banget nih C-friends! Sebab, kini banyak dari perguruan tinggi atau persyaratan akademik maupun profesional lainnya yang menjadikan tes IELTS sebagai salah satu syarat keahlian bahasa.

Nah, kalau kamu berencana untuk mengambil tes IELTS tapi masih belum begitu kenal sama IELTS dan jenisnya, yuk kita bahas lebih lanjut!

Baca juga: Mudah! Ini 7 Cara Ampuh Belajar Pelafalan Aksen British

Apa Itu IELTS?

IELTS atau International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem tes Bahasa Inggris internasional untuk keperluan studi, pekerjaan, dan bahkan imigrasi. Hasil dari tes IELTS yang valid juga sudah diakui lebih dari 10.000 organisasi, lembaga pendidikan, perusahaan, asosiasi profesional, dan pemerintahan di lebih dari 145 negara di penjuru dunia.

Format Tes IELTS Apa Saja?

Sebenarnya, format tes atau aspek yang diuji dalam IELTS ini hampir sama dengan TOEFL C-friends. Yaitu ada 4 aspek uji Reading, Listening, Writing, dan Speaking. Dan untuk lama pengerjan tes kurang lebih selama 3 jam.

Jenis Tes IELTS Apa Saja?

IELTS Academic

Yang pertama ada IELTS Academic. IELTS jenis ini diikuti oleh siswa yag ingin melanjutkan studinya ke universitas atau perguruan tinggi yang berada di negara-negara yang menggunakan bahasa inggris.

IELTS General Training

Hampir sama dengan IELTS Academic, IELTS General Training diperuntukkan bagi kamu yang ingin mendaftar sekolah menengah, universitas atau perguruan tinggi, pekerjaan dan orang-orang yang ingin bermigrasi ke negara Kanada, Selandia Baru, Australia, dan United Kingdom (Inggris).

IELTS for UKVI

Nah, tadi sempat disinggung nih soal bermigrasi ke Inggris. Kalau kamu ada rencana untuk belajar atau benar-benar pindah ke Inggris, kamu perlu mengambil tes IELTS UKVI ini.

IELTS for UKVI adalah tes IELTS yang disetujui untuk United Kingdom (UK) Visa and Immigration (UKVI). Hal ini berlaku untuk semua orang yang datang dari negara asal yang tidak menggunakan bahasa inggris untuk berkomunikasi sehari-harinya.

Sebenarnya, dari isi, format, tingkat kesulitan maupun penilaian tidak ada yang terlalu berbeda dengan tes IELTS lainnya. Hanya saja, tes IELTS UKVI ini untuk mengikuti protokol keamanan yang lebih ketat guna memastikan peserta tes benar-benar asli sesuai yang terdaftar.

Selain itu, formulir hasil tes (TRF) kamu jika mengambil IELTS UKVI ini akan terlihat sedikit berbeda dari tes IELTS reguler lain.

IELTS Life Skills

Jenis IELTS Life Skills adalah tes yang diperuntukkan bagi kamu yang perlu membuktikan kemampuan berbicara (speaking) dan mendengar (listening) kamu dalam Bahasa Inggris untuk mendapatkan visa Inggris.

Tes ini tersedia di Common European Framework od Reference for Language (CEFR) dan ada 2 level, yaitu level A1 dan B1. Tes ini juga didesain guna memenuhi kebutuhan dari UKVI daam beberapa kategori visa ataupun keperluan imigrasi lainnya.

  • IELTS Life Skills A1

IELTS Life Skills level A1 ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengajukan visa “Keluarga dari orang yang menetap” (visa family of a settled person).

  • IELTS Life Skills B1

Kalau IELTS Life Skills level B1 ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengajukan perpanjangan kunjungan di Inggris (visa indefinite leave to remain or citizenship).

Baca juga:  Hobi Dengerin Musik? Ini 9 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik Favoritmu!

Nah, itu dia C-friends Serba-serbi IELTS dan Jenisnya yang Wajib Kamu Tau sebelum benar-benar mantap mengambil IELTS sebagai tes kemampuan bahasa inggris kamu. Atau, kamu sedang mempersiapkan untuk apply beasiswa di luar negeri? LPDP? Fullbright? Tapi bingung mau memperdalam infonya dimana?

Tenang! Karena ada kabar gembira buat kamu! Karena, Campuspedia telah membuka pendaftaran Online English Fair 2020!

Campuspedia Online English Fair 2020

Ada 3 paket pilihan yang bisa kamu pilih loh! Jadi, selain untuk TOEFL Preparation, ada juga paket untuk Scolarship atau bahkan Paket Komplit TOEFL dan Scholarship! Dimana Online English Fair Campuspedia 2020 ini akan berlangsung dari tanggal 4-5 Desember 2020.

Dapet Fasilitas Apa Aja?

Fasilitas yang akan diperoleh dalam Paket Komplit (Paket TOEFL Preparation + Paket Scholarship)  :

  • Test TOEFL (26-28 November 2020)
  • Sertifikat
  • Modul & Record Acara
  • Pembahasan & Kunci Jawaban Soal TOEFL
  • Group WA + Coaching Clinic (CV dan Motlet)*
  • Bank Soal TOEFL*

Speakernya Siapa Aja?

  • Dewantoro Ratri, M.Hum. – Fullbright Foreign Language Assistant di University of Georgia, Amerika Serikat
  • Nur Shabrina Safitri – Chinese Government Scholarship 2019 Awardee
  • Ahmad Muhfid Chomsa – LPDP Scholarship 2019 Awardee

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website Campuspedia Academy atau dengan link alternatif di bit.ly/KelasOEF. Atau langsung tanya ke Contact Person berikut:  0881 1265 172 (Marvel) atau 0898 9735 003 (Alya).

Yuk, tunggu apa lagi? Kami tunggu kamu di Online English Fair Campuspedia ya!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Serba-serbi IELTS dan Jenisnya yang Wajib Kamu Tau! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR