Info Kampus
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Seluk Beluk Satuan Kredit Semester (SKS), Mahasiswa Baru Wajib Tau!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Kamu mahasiswa baru? Masih bingung apa itu Satuan Kredit Semester atau SKS dan bagaimana sih maksudnya? Simak penjelasan yang sudah Minca rangkum berikut!

Apa itu SKS?

SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester, yaitu sebuah beban yang terdapat dalam satu mata kuliah. Semakin besar SKSnya, maka akan semakin berat beban dari mata kuliah tersebut. Nilai kredit yang dimiliki oleh mata kuliah tentu berbeda-beda dengan penyelesaian tugas, praktikum, dan kuis yang berbeda pula agar sesuai dengan standar bobot. 

Tujuan Satuan Kredit Semester (SKS)

Tujuan SKS

  • Memudahkan tenaga pendidik untuk melakukan monitoring dan evaluasi.
  • Memudahkan mahasiswa untuk dapat lulus tepat waktu.
  • Merupakan aturan yang jelas untuk melakukan evaluasi dari kegiatan mahasiswa.

SKS dan Mata Kuliah

SKS di setiap mata kuliah tentunya akan berbeda satu sama lain tergantung dengan bobot atau kesulitan dalam mata kuliah tersebut. Biasanya 1 satuan kredit semester akan mengindikasikan waktu yang akan ditempuh dalam pembelajaran di kelas. Misalkan, 1 SKS senilai dengan 45 menit. Maka jika ada mata kuliah 2 SKS, kamu akan melakukan pembelajaran selama 90 menit, dan seterusnya. Setiap mata kuliah memiliki indikator-indikator yang harus tercapai dan dipecah ke dalam jam-jam yang harus ditempuh oleh mahasiswa.

Ada Berapa SKS dalam 1 Semester?

Dalam 1 semester terdapat aturan untuk mengambil sebuah SKS. peraturan tersebut sangat erat kaitannya dengan IP atau Indeks Prestasi yang kalian miliki setiap semesternya. Apabila IP kalian dalam 1 semester melebihi 3, maka kalian bisa mengambil SKS maksimum yang berjumlah 24 SKS. semakin banyak SKS yang kalian ambil setiap semesternya, maka kalian akan semakin cepat lulus. Makanya usahakan IP kalian tetap bagus ya! Agar bisa mengambil jumlah SKS maksimum dan cepat lulus.

Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) untuk Menentukan Kelulusan

Satuan kredit semester dan kelulusan

Nah setiap jurusan atau jenjang pendidikan memiliki jumlah SKS yang berbeda, Minca telah merangkumnya untuk kalian!

Diploma

Untuk jenjang pendidikan Diploma yaitu D1, D3, dan DIV, ada perbedaan sesuai dengan jenjangnya. Untuk program D1 dengan 36 SKS, program D3 76 SKS, dan program DIV 108 SKS.

Strata/S1

Umumnya di semua universitas, jika kalian ingin menyelesaikan studi S1 maka harus menempuh 144 sks terlebih dahulu. Jika kalian bisa memenuhi 144 SKS dalam jangka waktu 7-8 semester maka kalian akan lulus tepat waktu.

Doktor dan Magister

Berbeda dengan program S1, program S2 dan S3 hanya memerlukan 72 SKS untuk bisa mendapatkan gelar. Hal ini dikarenakan jangka waktu studi yang lebih pendek yakni berkisar 1-2 tahun saja.

Hal- Hal yang Mempengaruhi Satuan Kredit Semester (SKS)

SKS
Photo by Product School

IP atau Indeks Prestasi 

Nilai IP merupakan nilai yang menunjukkan prestasi mahasiswa dalam 1 semester. Seperti yang sudah disebutkan tadi, apabila IP kalian bagus maka akan mendapatkan kesempatan mengambil SKS lebih banyak daripada IP yang sedikit.

Tidak Mengulang suatu Mata Kuliah

Apabila kalian mengulang suatu mata kuliah, nantinya akan menghambat pergerakan SKS dan waktu kelulusan kalian. Usahakan untuk tidak pernah mengulang mata kuliah ya!

Bagaimana? Sudah semakin paham kan dengan rupa-rupi SKS?

BACA JUGA:

Rahasia Membuat Abstrak Skripsi dengan Mudah, Mahasiswa Akhir Wajib Baca!

Bingung Bagi Waktu Belajar dan Organisasi? Terapkan Tips Ini

The post Seluk Beluk Satuan Kredit Semester (SKS), Mahasiswa Baru Wajib Tau! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar