Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Self Sabotage: Apa Itu dan Bagaimana Mengatasinya

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Self sabotage atau sabotase merujuk pada perilaku atau pola pikir yang menghentikan Anda melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Self-sabotage biasanya merupakan tindakan atau perilaku yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar dan telah berdampak negatif pada diri Anda.

Perilaku sabotase diri yang paling umum diamati termasuk penundaan pekerjaan (procastination), pengobatan sendiri dengan obat-obatan atau alkohol, kesenangan makan, dan menyakiti diri sendiri. Selain itu, sabotase diri juga bisa secara verbal dengan mengatakan atau meyakinkan diri sendiri dengan kata-kata yang tidak baik (lebih dikenal dengan gaslight). Terkadang masih banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka telah menyabotase diri mereka sendiri atau yang pernah mereka lakukan.

Mengapa bisa terjadi Self Sabotage?

Sabotase diri sendiri bukan sesuatu yang terjadi overnight alias satu malam. Self sabotage biasa terjadi akibat seseorang telah terbiasa di sabotase. Ada beberapa latar belakang dan penyebab mengapa seseorang bisa melakukan sabotase diri.

Mempelajari pola di masa kecil

Pola yang terbentuk dalam hubungan awal Anda sering diulangi dalam hubungan yang telah Anda jalani sepanjang hidup Anda. Bisa juga karena kamu sudah terlalu sering disabotase ketika kecil sehingga kebiasaan tersebut terbawa hingga dewasa.

Pengaruh Pola Dinamika Hubungan di Masa Lalu

Jika Anda tidak merasa didukung atau didengar dalam hubungan Anda sebelumnya ketika Anda membutuhkan sesuatu, kemungkinan besar Anda akan kesulitan berkomunikasi secara efektif dalam hubungan Anda saat ini.

Adanya Ketakutan untuk Gagal

Keinginan untuk menghindari kesalahan dapat membuat Anda menghindari kemauan untuk mencoba. Jika Anda tidak mencoba, Anda tidak tahu apakah Anda akan gagal atau tidak. Kemudian alam bawah sadar Anda dapat memberi Anda alasan dan kesempatan untuk menyabotase diri Anda sendiri.

Kecenderungan untuk Mengendalikan Situasi

Perilaku menyabotase diri sendiri juga dapat berkembang dari kebutuhan atau kecenderungan Anda untuk mengendalikan situasi. Ketika Anda memegang kendali, Anda bisa merasa percaya diri dan kuat. Apa yang Anda lakukan mungkin tidak baik untuk kesehatan emosional atau hubungan Anda, tetapi itu dapat membantu Anda tetap terkendali ketika Anda merasa rentan.

Mengatasi Self Sabotage

Mengetahui Tanda-Tanda dari Sabotase Diri

Tidak selalu mudah untuk memeriksa dan mengidentifikasi tanda-tanda dari sabotase diri yang Anda lakukan secara menyeluruh untuk melihat pola sabotase diri. Ketika Anda merasa nyaman memeriksa perilaku Anda untuk mencari pola, ini membantu Anda menemukan area dalam kehidupan di mana segala sesuatu tampaknya selalu salah.

Berlatih untuk Membiasakan Diri dengan Kegagalan

Normal untuk takut akan penolakan, kegagalan, dan rasa sakit emosional lainnya. Hal-hal ini biasanya tidak menyenangkan untuk dihadapi, jadi ambillah langkah-langkah untuk menghindarinya.

Ini menjadi masalah ketika langkah-langkah yang Anda ambil melibatkan sabotase diri. Anda dapat menghindari pengalaman yang tidak diinginkan, tetapi Anda juga akan kehilangan hal-hal yang Anda inginkan, seperti hubungan yang kuat, teman dekat, atau peluang karier.

Identifikasi Apa yang Sebenarnya Ingin Kita Lakukan

Sabotase diri dapat terjadi jika Anda mencari jalan keluar. Perilaku ini membantu menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak bekerja untuk Anda dalam situasi Anda.

Jika Anda merasa tidak puas di tempat kerja karena tugas sehari-hari Anda tidak memerlukan keahlian khusus Anda; saat Anda bosan, tonton Netflix. Atau Anda bisa mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda menginginkan suatu hubungan meskipun Anda lebih bahagia saat masih lajang. Menanggapi hal ini, setiap kali Anda melewati tahap kencan biasa, Anda mulai menciptakan konflik.

Nah, Campuspedia Friends, berikut dijelaskan apa itu sabotase diri dan bagaimana cara kita mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Good luck!

 

Baca juga: 

The post Self Sabotage: Apa Itu dan Bagaimana Mengatasinya appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar