SEKILAS INFO
: - Kamis, 13-05-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Selain Dokter dan Perawat, Jurusan Kesehatan Juga Punya 9 Program Studi Ini!

Hallo Campuspedia Friends! Ketika mendengar orang-orang di sekitar kalian masuk jurusan kesehatan, yang pertama terlintas di bayangan kalian mungkin sekolah kedokteran atau keperawatan. 

Nyatanya, jurusan yang masuk dalam lingkup kesehatan amatlah beragam. Tak hanya sekedar dokter ataupun perawat. Banyak jurusan kesehatan lain yang ikut menopang keberlangsungan penyelenggaraan suatu pusat kesehatan itu sendiri. Sebut saja puskesmas. Di dalam puskesmas ada pekerja tenaga kesehatan lain yang bukan dari prodi kedokteran atau keperawatan.

Nah, buat kalian yang berminat untuk masuk jurusan kesehatan, bisa yuk lirik rekomendasi minca berikut ini!

 

Baca juga : Kaum Rebahan Wajib Tahu! Ini Jurusan Kuliah Paling Santai Untukmu 

 

Kebidanan

Menyerupai keperawatan, dalam prodi kebidanan, kalian akan belajar keperawatan yang dikhususkan pada wanita hamil, kelahiran, balita, hingga kesehatan reproduksi perempuan.

  • Prospek kerja : Bidan di pusat kesehatan, praktek bidan mandiri, penyuluh kesehatan reproduksi, hingga layanan homecare.
  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Sebelas Maret, dan Poltekkes Kemenkes Malang.

Farmasi

Dalam prodi ini, kalian akan belajar tentang obat-obatan dan ilmu pendukungnya. Mulai dari mengenali struktur senyawa, hingga pengolahan obat-obatan hingga layak konsumsi. Jurusan ini juga sangat cocok bagi kamu yang memiliki minat dalam sektor industri obat-obatan.

 

  • Prospek kerja : Apoteker (jika sudah lulus pendidikan dan profesi apoteker), konsultan, peneliti, quality assurance, dan lain-lain.
  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

 

Baca juga : Suka Matematika? 7 Jurusan Kuliah Berikut Ini Bisa Dipertimbangakan 

 

Radiologi

Mungkin bagi kalian yang asing dengan prodi ini, kalian tidaklah asing dengan USG, X Ray, dan Rontgen. Yap, betul prodi ini adalah tempat semua hal itu dipelajari. Di sini, kalian akan belajar tentang tata cara pemeriksaan medis yang dilakukan melalui teknologi pencitraan dengan implementasi radiasi gelombang.

 

  • Prospek kerja : Radiografer, ahli terapi radiologi, ahli teknologi pengobatan nuklir
  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Airlangga, Poltekkes Jakarta 2, Poltekkes Kemenkes Semarang.

 

Teknik Biomedik

Biomedik sendiri merupakan cabang keilmuan yang menerapkan bagian dari ilmu alam dan ilmu umum untuk digunakan dalam kesehatan. Teknik biomedik akan belajar bagaimana cara pengaplikasian bidang teknik (engineering) pada bidang ilmu biomedik tersebut.

 

  • Prospek kerja : Tenaga ahli di pusat kesehatan (operator, pengawas, perawatan, dll), researcher
  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Indonesia, ITS, ITB, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga.

 

 

Baca juga : Mau Jadi Dokter Harus Tidur Bareng Mayat? Simak Dulu Mitos Fakta Kedokteran! 

 

Ilmu Gizi

Dalam prodi ilmu gizi, kalian akan belajar tentang bagaimana sebuah nutrisi akan berpengaruh pada kesehatan dan keberlangsungan tubuh manusia. Selain itu, kalian juga diharapkan menjadi penyedia informasi tentang informasi gizi dalam setiap asupan yang masuk dalam tubuh manusia.

 

  • Prospek kerja : Konsultan gizi dan nutrisi, konsultan diet, selain menjadi konsultan gizi dalam rumah sakit dan membuka praktek sendiri, kalian juga bisa masuk menjadi konsultan gizi dalam dunia industri, baik industri pangan hingga kosmetik.

 

  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka.

 

Baca juga : Kampus Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia Menurut THE WUR 2021 

 

Teknologi Pangan

Jika ilmu gizi mempelajari bagaimana dampak suatu asupan bagi manusia, teknologi pangan berfokus tentang bagaimana pengolahan, pemrosesan, pengawetan, atau hal lain yang berhubungan tentang produksi dan distribusi makanan agar kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga.

 

  • Prospek kerja : Pengawas di BPOM, peneliti di LIPI, wirausaha supply makanan, hingga konsultan dalam industri makanan.

 

  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Sumatera Utara, IPB, dan UNPAD.

Fisioterapi

Bagi kalian yang pernah mengalami cedera, mungkin kalian tidak akan asing dengan profesi ini. Dalam prodi fisioterapi, kalian akan belajar ilmu-ilmu yang berhubungan dengan rangka anggota gerak. Mulai dari perawatan fungsinya, hingga pemulihan setelah cedera.

 

  • Prospek kerja : Fisioterapis rumah sakit, tim kesehatan di pusat olahraga, serta pegawai pemerintahan.

 

  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Udayana, dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fort De Kock Bukittinggi.

Kedokteran Hewan

Tak hanya manusia, hewan pun juga akan membutuhkan seorang dokter ketika mereka sakit. Profesi dokter hewan adalah prodi kedokteran selain kedokteran umum dan kedokteran gigi. 

 

  • Prospek kerja : Dokter hewan rumah sakit atau praktik sendiri, konsultan hewan di pet shop, peneliti di LIPI, dan lain-lain.

 

  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pelita Harapan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dalam lingkup proyek atau pabrik, ada sebuah divisi dimana ia mengatur agar proses kerja yang dijalankan benar benar aman dan tak akan membahayakan orang-orang yang ada di dalamnya. Hal seperti itu lah yang akan kalian pelajari di prodi ini. Selain mengurangi resiko terjadinya kecelakaan di tempat kerja, kalian juga akan belajar tentang undang-undang yang akan berhubungan dengan tenaga kerja.

 

  • Prospek kerja : Dokter hewan rumah sakit atau praktik sendiri, konsultan hewan di pet shop, peneliti di LIPI, dan lain-lain.

 

  • Rekomendasi perguruan tinggi : Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN Jakarta), dan Universitas Indonesia

 

Nah 9 jurusan kesehatan dari minca di atas dapat kamu pertimbangkan ketika ingin memilih profesi kesehatan kedepan selain menjadi dokter. Minca harap kalian udah paham ya,kalau ranah kesehatan tidak hanya kedokteran, namun lebih luas dari itu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

The post Selain Dokter dan Perawat, Jurusan Kesehatan Juga Punya 9 Program Studi Ini! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR