Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Sebelum Kamu Melanjutkan Studi S2, Pertimbangkan Hal Ini

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Siapa sih yang nggak mau melanjutkan pendidikan magister setelah lulus S1? Sebagian besar pasti mau dong ya, apalagi jika memang ada kesempatan. Nah, buat kamu yang memang sudah berencana untuk melanjutkan S2 beberapa hal yang akan dibahas dalam artikel ini perlu loh untuk dipertimbangkan. Supaya kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik sebelum fix lanjut magister. Untuk itu, langsung saja simak ulasan seputar pertimbangan masuk S2 berikut ini!

Mempunyai Tujuan Jelas

pertimbangan masuk s2
photo by markus

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan S2, hal pertama yang wajib dipertimbangkan adalah tujuan utamamu. Renungkan apa sih sebenarnya motivasi dan tujuan melanjutkan S2 ini. Apakah karena karir yang kamu inginkan membutuhkan kualifikasi S2?  Atau apakah tuntutan dari keluarga? Nah, kamu harus temukan jawabannya. Jangan sampai kamu hanya ikut-ikutan teman, nggak mau tersaingi orang lain, atau karena gengsi saja. 

Memilih lanjut S2 adalah tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Selain itu, dengan memiliki tujuan jelas kamu bisa menjalani perkuliahan dengan baik bukannya malah bermalas-malasan dan menyia-nyiakan kesempatan. Jadi, pastikan kamu sudah menetapkan apa tujuan utamamu untuk melanjutkan kuliah S2 ya Campuspedia Friends!

Biaya Kuliah

biaya kuliah melanjutkan s2
photo by karolina

Setelah menetapkan tujuan, pertimbangan masuk S2 selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengenai biaya kuliah. Karena biaya akan mendukung kelancaran rencana studimu sampai lulus. Jangan sampai karena masalah biaya yang kurang, kamu jadi berhenti di tengah jalan. Akan sangat disayangkan bukan? Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik dari mana biaya kuliah S2 yang akan kamu gunakan. 

Apabila biaya tersebut berasal dari biaya sendiri, maka kamu harus memastikan apakah biaya tersebut berasal dari tabungan pribadi atau dibiayai orang tua. Namun, jika biaya berasal dari beasiswa maka kamu harus memilih dengan baik beasiswa mana yang akan kamu pilih. Pastikan juga cakupan yang diberikan beasiswa apa saja. Apakah mencakup seluruh atau sebagian biaya kuliah atau biaya penelitian juga. Nah, hal tersebut harus dipertimbangkan dengan matang agar studi S2 kamu nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Lama Masa Kuliah

Biasanya kuliah S2 berlangsung selama 2 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan molor dari durasi studi yang seharusnya. Nah, beberapa faktor tentunya bisa mempengaruhi hal ini. Misalnya, selama masa tersebut kamu menikah dan mempunyai anak. Tentunya hal ini bisa dipertimbangkan lebih dulu sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan S2. Bukannya membatasi diri dan menunda, tetapi kamu harus merencanakannya dengan baik sehingga tidak perlu hingga molor dalam menyelesaikan studi.

Nasib Pekerjaan Sekarang

nasib pekerjaan pertimbangan masuk s2
photo by vlada karpovich

Pertimbangan masuk S2 berikutnya adalah mengenai pekerjaan saat ini. Bagi kamu yang sudah memiliki pekerjaan, sebaiknya bicarakan rencana melanjutkan S2 dengan atasan. Beberapa perusahaan atau instansi ada yang memberi kesempatan bagi karyawannya untuk melanjutkan pendidikan dengan izin cuti kuliah. Namun, ada pula yang hanya memberi kelonggaran waktu bekerja sambil kuliah. Jika kamu memilih untuk lanjut studi magister sambil bekerja, pastikan jadwal keduanya tidak saling mengganggu sehingga kamu bisa menjalaninya tanpa keteteran.

Memilih Kampus dan Jurusan

Setelah mempertimbangkan beberapa hal diatas dan yakin untuk melanjutkan S2. Sekarang saatnya kamu menentukan pilihan kampus dan jurusan. Beberapa orang ada yang merasa kesulitan selama kuliah S2 karena memilih jurusan tanpa melakukan pertimbangan yang matang. Nah, agar hal itu tidak terjadi pertimbangkan jurusan yang akan kamu pilih. Sebaiknya kamu memilih jurusan yang berkesinambungan dengan karir yang ingin dibangun. Sebab, beberapa pekerjaan menuntut karyawan untuk memiliki background pendidikan yang linier sehingga bisa membangun jenjang karir juga nantinya.

Itulah informasi mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melanjutkan S2. Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah mulai merenungi dan mempertimbangkan hal-hal diatas? Semoga ulasan ini bermanfaat ya Campuspedia Friends. Semangat! 

Baca juga: Program S2 yang Jarang Orang Tahu, Tertarik Daftar?

Baca juga: Menyapa Program S2 Kajian Gender di Indonesia

The post Sebelum Kamu Melanjutkan Studi S2, Pertimbangkan Hal Ini appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar