SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Sama-sama Tes Bahasa Inggris, Apa Bedanya TOEFL dan IELTS?

Hai Campuspedia-friends!—Siapa nih yang bercita-cita untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Apalagi dengan didanai beasiswa? Kalau iya, pastinya kamu sudah gak asing kalau lihat salah satu persyaratannya adalah hasil tes bahasa inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Memanglah tes resmi bahasa inggris bukan hanya TOEFL dan IELTS, namun kebanyakan institusi menjadikan hasil tes TOEFL dan IELTS sebagai bahan pertimbangan calon mahasiswanya.

Sama-sama tes bahasa inggris, kira-kira apa bedanya TOEFL dan IELTS ya? Buat kamu yang masih penasaran dan bimbang mau ambil tes TOEFL atau IELTS, yuk langsung kita bahas!

Baca juga: Serba-serbi TOEFL dan Jenis-jenisnya, Sudah Tau?

Tes TOEFL

Seperti yang sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya tentag Serba-serbi TOEFL dan Jenisnya, TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah tes Bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Tes TOEFL ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes dari seluruh dunia.

Umumnya, ada dua tipe tes TOEFL, yaitu ITP dan IBT. ITP (Institutional Testing Program) biasanya digunakan untuk wilayah negara di Asia. Karena sifatnya dan skornya bersifat institusional, maka dari itu hanya berlaku pada institusi dan wilayah lokal tertentu, tidak untuk semua negara.

Nah, kalau TOEFL IBT (Internet Based Test) adalah tes TOEFL yang dilakukan melalui jaringan komputer dengan sambungan internet. Jadi semua jawaban kamu akan terekam dan terkirim langsung ke ETS.

Universitas di Amerika Serikat atau Kanada yang umumnya meminta hasil tes TOEFL.

IELTS

Nah untuk IELTS juga sudah pernah dibahas di artikel Serba-serbi IELTS dan Jenisnya C-friends!

IELTS atau International English Language Testing System (IELTS) adalah sistem tes Bahasa Inggris internasional untuk keperluan studi, pekerjaan, dan bahkan imigrasi. Kalau TOEFL tadi menggunakan aksen Amerika, kalau IELTS ini menggunakan aksen British. Ada juga yang mengatakan bahwa IELTS juga ada sedikit menggunakan aksen Australia.

Oleh karena itu, tes IELTS ini umumnya diterima oleh institusi di negara Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

Nah selain aksen yang digunakan, kira-kira antara TOEFL dan IELTS ada perbedaan apa lagi ya?

3 Perbedaan TOEFL dan IELTS

  1. Modul Tes

Untuk tes TOEFL, apapun jenisnya, tak ada perbedaan modulnya C-friends! baik itu PBT, CBT, atau IBT. Hanya beda media atau jenis tes saja.

Sedangkan untuk IELTS, ada dua modul, yaitu Academic dan General Training. Kalau Academic, lebih ditujukan bagi yang mau mengikuti kegiatan akademis atau oendidikan seperti mengambil beasiswa, kuliah, atau berprofesi disana.

Nah, kalau yang General Training, ditujukan bagi orang-orang yang mau berimigrasi atau mengikuti pelatihan informal di negara yang menggunakan bahasa Inggris.

  1. Format Tes

Dalam tes TOEFL, hanya menggunakan soal pilihan ganda di tiap aspek uji. Sedangkan IELTS menggunakan format yang lebih variatif, bisa saja pilihan ganda dengan jawaban singkat.

  1. Sistem Penilaian

Kalau tes TOEFL, dalam sistem penilaiannya menggunakan sistem poin, yaitu dari 310-677 untuk PBT, dan 0-120 untuk IBT. Sedangkan tes IELTS, sistem penilaiannya menggunakan sistem band dengan skor angka 1-9.

Nah, kalau penentuan skor minimal baik TOEFL maupun IELTS, biasanya ditentukan oleh universitas yang bersangkutan C-friends! Namun, umumnya kalau tes TOEFL untuk jenjang Sarjana minimal skornya adalah 550 (PBT). Sementara itu, kalau tes IELTS perlu skor band minimal 5.5 atau 6.

Baca juga: Yuk! Intip 4 Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan Lengkapnya!

Itu dia informasi mengenai Perbedaan antara Tes TOEFL dan IELTS yang wajib kamu tahu C-friends! Supaya gak dilema lagi nih mau ngambil tes bahasa inggris yang mana.

Gimana nih? Apa sudah ada gambaran mau ambil tes TOEFL atau IELTS? Atau kamu mau coba-coba ikut tes Predictionnya terutama TOEFL?

Ada kabar gembira nih buat kamu, karena Campuspedia Online English Fair 2020 telah dibuka!

Ada 3 paket pilihan yang bisa kamu pilih loh! Jadi, selain untuk TOEFL Preparation, ada juga paket untuk Scolarship atau bahkan Paket Komplit TOEFL dan Scholarship! Dimana Online English Fair Campuspedia 2020 ini akan berlangsung dari tanggal 4-5 Desember 2020.

Eits, apalagi nih ada diskon besar-besaran sebanyak 50% untuk semua harga paket!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #2020LolosPTN (@campuspedia_edu)

Dapet Fasilitas Apa Aja?

Fasilitas yang akan diperoleh dalam Paket Komplit (Paket TOEFL Preparation + Paket Scholarship)  :

  • Test TOEFL
  • Sertifikat
  • Modul & Record Acara
  • Pembahasan & Kunci Jawaban Soal TOEFL
  • Group WA + Coaching Clinic (CV dan Motlet)*
  • Bank Soal TOEFL*

Speakernya Siapa Aja?

  • Dewantoro Ratri, M.Hum. – Fullbright Foreign Language Assistant di University of Georgia, Amerika Serikat
  • Nur Shabrina Safitri – Chinese Government Scholarship 2019 Awardee
  • Ahmad Muhfid Chomsa – LPDP Scholarship 2019 Awardee

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi website Campuspedia Academy atau dengan link alternatif di bit.ly/KelasOEF. Atau langsung tanya ke Contact Person berikut:  0881 1265 172 (Marvel) atau 0898 9735 003 (Alya).

Yuk, tunggu apa lagi? Yakin diskon 50%-nya dianggurin gitu aja? Kami tunggu kamu di Online English Fair Campuspedia ya!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Sama-sama Tes Bahasa Inggris, Apa Bedanya TOEFL dan IELTS? appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR