SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Cerah di Masa Depan 

Hayo yang lagi cari jurusan, sudah menemukan mana jurusan yang tepat buat kamu? Nah dari deretan jurusan di perkuliahan, rumpun sosial humaniora ini memiliki prospek cerah loh. Nah apa saja rekomendasi jurusan soshum dan prospek kerja yang dibutuhkan di masa depan? Berikut rekomendasinya. 

Hubungan Internasional 

Hubungan internasional adalah jurusan kuliah rumpun soshum yang mempelajari tentang hubungan luar negeri, seperti politik luar negeri, ekonomi internasional, diplomasi, dan sebagainya. Nah pada SBMPTN 2020 lalu, jurusan ini termasuk jurusan dengan persaingan paling tinggi lho! 

Tak heran karena peminat jurusan ini sangat banyak. Hal ini didukung dengan prospek kerja yang cerah dari lulusan ilmu hubungan internasional. Kalau kamu menyukai mata pelajaran PKn dan senang berbahasa Inggris, kamu bisa memilih jurusan ini! 

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah

Rekomendasi Jurusan Soshum untuk Kamu yang Senang Menilai Orang Lain 

Setiap ilmu pasti bisa kamu dapatkan melalui dunia perkuliahan. Termasuk untuk kamu yang senang menganalisis orang lain, kira-kira kamu cocok masuk jurusan apa ya? Rekomendasi jurusan soshum untukmu adalah psikologi. 

Jurusan psikologi mempelajari tentang pikiran, mental, dan perilaku manusia. Misalnya seperti kognisi, atensi, hubungan antar manusia, dan sebagainya. Nah jurusan ini cocok untuk kamu yang senang mendapat curhatan dari orang lain. Sebab, mahasiswa yang masuk jurusan ini menginginkan untuk bisa menjadi seorang psikolog. 

Ilmu Komunikasi sebagai Rekomendasi Jurusan Soshum yang Populer 

Selain hubungan internasional dan psikologi, jurusan ilmu komunikasi juga memiliki prospek cerah di masa depan. Pada sistem seleksi tahun lalu, jurusan ini termasuk dalam 10 jurusan soshum paling ketat lho! Tidak heran karena minat calon mahasiswa terhadap jurusan ini sangat banyak. 

Eits tapi jangan mengira jurusan ini hanya mempelajari tentang ilmu komunikasi saja. Di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang menulis berita, membuat iklan, film, fotografi, dan sebagainya. Nah bagi kamu yang tertarik dengan bidang-bidang tersebut, yuk berjuang untuk menjadi anak ilkom berikutnya! 

Administrasi Bisnis 

Selain ilmu-ilmu sosial, kamu yang suka bisnis harus masuk jurusan rumpun soshum juga. Hal ini karena jurusan administrasi bisnis termasuk dalam rumpun soshum. Selain dikenal sebagai ilmu adminstrasi bisnis, jurusan ini juga biasa disebut ilmu administrasi niaga. 

Nah penyebutan keduanya cenderung sama. Namun, administrasi niaga lebih condong pada niaga (perdagangan). Sementara itu, administrasi bisnis mempelajari bisnis secara luas. Nah ketika masuk jurusan ini kamu akan dilatih berbinis bahkan menjadi CEO lho! 

Baca juga: Mau Jadi Seperti Han Ji Pyeong atau Nam Dosan? Kepoin Dulu Jurusan Kuliah yang Berkaitan dengan Drama Start-up! 

Selain Administrasi Bisnis, Administrasi Fiskal Juga Bisa Jadi Alternatif Pilihan 

Nah selain administrasi bisnis, untuk kamu yang suka menghitung kamu bisa masuk administrasi fiskal. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari tentang keuangan negara, dalam hal ini pajak. Sebagaimana fiskal yang berarti pajak, di sana kamu mendapat ilmu seputar pengelolaan setoran wajib tersebut. 

Adapun prospek kerja jurusan ini sangat cerah. Kamu bisa berprofesi sebagai pegawai pajak bergaji tinggi, perencana pajak, pengawas imigrasi dan bea cukai, dan sebagainya. Nah karena hal tersebut, rekomendasi jurusan soshum ini pantas untuk kamu pertimbangkan guys! 

Akuntansi 

Tenang saja kalau kamu tidak berminat dalam jurusan hitung-hitungan sebelumnya. Kali ini jurusan akuntansi bisa kamu lirik. Jurusan akuntansi bisa disebut sebagai “sainteknya soshum”. Dengan kata lain, di jurusan ini kamu akan banyak menghitung. 

Misalnya berkaitan dengan akuntansi manajerial, akuntansi keuangan, hukum akuntansi, analisis pelaporan, dan sebagainya. Tidak hanya bekerja sebagai pegawai bank saja, lulusan jurusan ini bisa menjadi akuntan, manajer keuangan, pemeriksa keuangan, dan masih banyak lagi. 

Manajemen  

Masih kurang tertarik dengan administrasi ataupun akuntansi? Jurusan manajemen ini menjadi rekomendasi jurusan soshum selanjutnya. Pada jurusan manajemen kamu akan belajar mengenai pengelolaan perusahaan. Mulai dari perencanaan, membaca laporan keuangan, dan kegiatan klarikal lainnya. 

Di jurusan ini tentunya kamu akan bertemu dengan hitung-hitungan. Namun jurusan ini nyatanya cukup banyak diminati calon mahasiswa. Selain lebih mudah dijangkau, peluang jurusan ini juga besar. Kamu tertarik? 

Baca juga: Mitos dan Fakta SNMPTN yang Wajib Calon Mahasiswa Tahu

Nah dari tujuh rekomendasi jurusan soshum tersebut, mana yang menjadi minatmu? Pertimbangkan dengan baik ya, jangan sampai salah jurusan. Pastikan dalam perkuliahan nanti kamu dapat berkembang sesuai passion kamu. 

Jangan lupa kunjungi campuspedia melalui instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn. Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! 

The post Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Cerah di Masa Depan  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR