Info Kampus
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Rekomendasi Aplikasi Meeting yang Kaya Fitur dan Gratis!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Munculnya pandemi membuat kegiatan sehari-hari dipaksa menjadi daring. Karenanya, marak pula penggunaan aplikasi meeting untuk menggantikan rapat tatap muka yang biasa dilakukan di kantor. 

Selain rapat, aplikasi meeting juga digunakan untuk pembelajaran daring mulai tingkat SD hingga bangku perkuliahan, lo! Bahkan belakangan, banyak orang yang mengadakan acara nonton bareng (nobar) melalui aplikasi ini.

Banyaknya aplikasi meeting membuat kita kerap kali bingung memilih yang sesuai kebutuhan. Berikut Minca rangkum aplikasi yang bisa kamu gunakan di berbagai acara!

Zoom Meeting

Siapa sih yang tak kenal aplikasi satu ini? 

Zoom merupakan aplikasi meeting dengan pengguna terbanyak. Karena banyaknya masyarakata dari berbagai kalangan yang mulai menggunakan Zoom sejak pandemi, alhasil membawa untung yang besar bagi perusahaan dan memperoleh pendapatan yang meningkat drastis.

Meskipun Zoom Meeting memiliki dua opsi untuk pengguna, yang gratis dan premium, kamu tidak akan mengalami kerugian yang banyak jika menggunakan layanan yang gratis. Kamu tetap bisa berkomunikasi dengan nyaman dengan kerabat, namun hanya dibatasi selama 45 menit, ya!

Tapi tenang, fitur umum seperti merekam rapat dan membagikan layar, masih bisa kamu gunakan sepenuhnya. Jadi tidak perlu khawatir!

Selain dua fitur penting tersebut, Zoom juga memiliki fitur studio effect, sticker effect, dan latar belakang. 

Jika kamu selalu dihebohkan dengan rapat dadakan dan tidak sempat memoles diri, kamu bisa menggunakan fitur studio effect yang berisi lipstik, alis, hingga kumis untuk kaum lelaki.

Apabila ruang kerjamu sedang berantakan, kamu bisa mengganti latar belakang dengan beberapa pilihan yang tersedia di aplikasi Zoom.

Google Meet

Aplikasi meeting ciptaan Google satu ini memiliki penawaran yang sama seperti Zoom. Namun fitur gratis dan premium yang diberi Google tidak sama dengan Zoom.

Jika kamu hanya bisa menikmati Zoom gratis selama 45 menit, beda dengan Google Meet yang tak terbatas. Kamu masih bisa bercakap-cakap lebih dari satu jam menggunakan layanan gratis Google Meet.

Namun yang disayangkan adalah rekaman rapat tidak bisa kamu akses jika kamu merupakan pengguna layanan gratis.

Meskipun demikian, fitur membagikan layar dan mengganti latar belakang masih bisa kamu gunakan!

Cisco WebEx

Sama seperti Zoom, Cisco memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan meskipun kamu merupakan pengguna dengan layanan gratis.

Kamu bisa menikmati layanan gratis dengan kapasitas 100 partisipan dan 100 menit panggilan.

Sementara untuk layanan berbayar, kamu bisa mendapatkan kebebasan panggilan tanpa batas dan kapasitas 1000 partisipan. Banyak sekali, ya!

Tidak hanya itu, Cisco memiliki fitur polling dan pembuatan formulir di aplikasi. Praktis, ya!

Microsoft Teams

Aplikasi meeting satu ini merupakan bagian dari Microsoft 365. Microsoft Teams atau Ms. Teams memiliki banyak aplikasi built-in yang terintegrasi di dalamnya, seperti Planner, Workday, Kahoot!, dan 400 aplikasi lainnya.

Selain itu, Ms. Teams mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar untuk kepentingan dokumen kantor. Aplikasi ini juga memiliki fitur ubah nama ruang percakapan, yang mana akan sangat bermanfaat guna menghindari tragedi salah kirim ke ruang lain.

Skype

Generasi terdahulu pasti akrab dengan Skype.

Ya, aplikasi ini pernah menjadi aplikasi yang terkenal akan penggunaannya untuk video call. Meskipun aplikasi meeting lainnya banyak bermunculan, beberapa dari kita masih ada yang setia menggunakan Skype.

Pasalnya, aplikasi ini bisa melakukan panggilan tanpa mendaftar terlebih dahulu. Kamu juga bisa menikmati meeting dengan kapasitas 50 orang tanpa batas waktu. Fitur seperti rekam rapat dan membagikan layar pun masih bisa kamu gunakan.

Namun sangat disayangkan, Skype tidak memberi akses gratis untuk chat dan panggilan individu.

Gimana? Sudah menemukan aplikasi meeting yang kamu butuhkan?

Baca juga: UNS Siapkan Pertemuan Tatap Muka Bersyarat dan Bertahap

Baca juga: Panduan dan Tips Ospek Online 2021, Mahasiswa Baru Merapat!

The post Rekomendasi Aplikasi Meeting yang Kaya Fitur dan Gratis! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar