
LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI KEPUASAN DOSEN TAHUN 2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kepuasan Dosen pada Tahun Akademik 2019/2020 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan dosen terhadap tujuh instrumen yaitu: pengembangan kompetensi, pengembangan karir, penelitian dan karya ilmiah (dosen), tugas tambahan, kebutuhan kesejahteraan, kebutuhan kesehatan dan kebugaran, kebutuhan sosial/keagamaan. Monev dilaksanakan untuk mengukur tanggapan dosen terhadap layanan pengelola SDM di lingkungan STIK FAMIKA Makassar. Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan.
Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen STIK Famika Makassar. Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama para pimpinan unit, dan seluruh civitas akademik hingga terselenggaranya survei ini.
Sungguminasa,
Kepala LPM
Ns.Muhammad Syahrul Alam.,S.Kep.,M.Kes
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
- Pendahuluan
- Metode
- Profil Responden
- Hasil Survey Kepuasan Dosen
- Analisa
- Rencana Tindak Lanjut
- Penutup
- PENDAHULUAN
Survei kepuasan layanan pengelolaan Sumber Daya Manusia di STIK Famika makassar pada dasarnya merupakan salah satu metode untuk memberi penilaian terhadap system pengelolaan tenaga dosen baik dalam hal pengembangan kompetensi maupun pengembangan karir. Secara struktural, pengelolaan SDM dilaksanakan oleh Pembantu Ketua I yang kemudian dilaksanakan oleh Tata Usaha dan Kepegawaian.
Survei ini bertujuan untuk mengukur tanggapan Dosen terhadap pelayanan pengelola SDM di lingkungan STIK Famika Makassar. Disamping itu,survey ini akan mampu memetakan mutu pelayanan di lingkungan STIK Famika Makassar dan menjadi dasar perbaikan pengelolaan SDM di lingkungan STIK Famika Makassar.
- Metode
Survey dilakukan terhadap dosen STIK FAMIKA Makassar sebanyak 13 dosen dengan cara mengisi kuesioner. Adapun instrument kuesioner dosen meliputi:
- Pengembangan Kompetensi meliputi kesempatan untuk studi lanjut; kesempatan untuk mengikuti kursus/pelatihan/seminar/workshop; kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri; dan kesempatan untuk mengikuti studi banding luar negeri.
- Pengembangan karir meliputi ketersediaan informasi tentang karir, mendapatkan layanan tentang jenjang karir, memperoleh kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir.
- Penelitian, pengabdian, dan Karya Ilmiah (dosen) meliputi memperoleh informasi tentang kegiatan penelitian, memperoleh pelayanan untuk melakukan kegiatan penelitian, ketersediaan sarana dan prasarana kegiatan penelitian, memperoleh penilaian proposal penelitian dari reviewer, memperoleh kesempatan bimbingan penyusunan proposal penelitian dan laporan akhir, dan kesempatan menjadi reviewer penelitian dan ketersediaan informasi jurnal.
- Tugas Tambahan meliputi pemberian kesempatan memperoleh tugas tambahan (kegiatan kepanitiaan, mendapatkan tugas tambahan mengajar di luar home based), mendapatakan kesempatan untuk menjadi kandidat jabatan struktural, dan kesempatan untuk menjadi kandidat Akademik.
- Kebutuhan Kesehatan dan Kebugaran meliputi tersedianya informasi tentang layanan kesehatan (klinik) dan layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui sarana prasaran olah raga
- Kebutuhan Sosial/Keagamaan meliputi layanan rekoleksi, fasilitas ibadah dan hari besar keagamaan
Angketdisusundenganmenggunakan skala likert 1-4 (4 = sangat baik; 3 = baik; 2 = cukup; 1= kurang). Kuisioner hasil survei kepuasan kemudian ditabulasi dan dikelompokkan berdasarkan kriteria responden, yaitu dosen. Pengelompokkan tersebut dilakukan untuk memudahkan analisis dikarenakan masing-masing kelompok memiliki jenis dan kuantitas layanan yang berbeda. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan analisis statistik untuk menguji kesahihan kehandalan instrumen dan dianalisis melaluimicrosoftexcell, yaitudenganmengakumulasikanjumlah poin setiap parameter yang divisualilasisikan ke dalam tabel dan grafik.
- Profil Responden
Gambar 1. Sebaran responden berdasarkan jabatan fungsional (dosen)
BerdasarkanGambar 1 diatas, jumlahrespondenberdasarkanjabatanfungsional (dosen) adalah2 orang lektor, 5 orang asistenahli, dansisanyasebanyak6orang tenagapengajar.
- Hasil Survey Kepuasan Dosen
- Pengajaran
Pengajaran merupakan salah satu dari tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Hal ini juga merupakan hal yang diperhatikan oleh STIK Famika Makassar demi menunjangterlaksananyatridarmaperguruantinggi.
Tabel 1. Pengajaran
No. |
Pengajaran |
Dosen (%) |
|||
Sangatbaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Dosen mengampu mata kuliah sesuai dengan kompetensi |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
2 |
Dosenmengajar minimal 12 sks setiap semester |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
3 |
Dosendiwajibkan untuk membuat silabus, SAP (Satuan Acara Perkuliahan), dan BAP (Berita Acara Perkuliahan) sesuai dengan mata kuliah yang diampunya |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
4 |
Dosendiberi kesempatan melakukan evaluasi pembelajaran secara objektif dan transparan |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
Total |
80,8 |
19,2 |
0 |
0 |
Gambar 2. Sebaran responden berdasarkan Pengajaran
Berdasarkan data diatas survey kepuasan dosen terhadap Pengajaran adalah sebagai berikut: sebanyak 80,8% dosen menyatakan kepuasan terhadap sistem pengajaran di STIK Famika Makassar sangat baik, dan19,2% dosen menyatakan kepuasan terhadap sistem pengajaran di STIK Famika Makassar baik.
- Pengembangan Kompetensi
Pengembangan pegawai pada dasarnya bertujuan untuk memastian dan memelihara kemampuan pegawai sehingga memenuhi kualifikasi yang diprasyaratkan sehingga dapat memberikan kontribusi optimal bagi organisasi. Pengembangan pegawai dapat dilakukan melalui pendidikan (studi lanjut) maupun dan pelatihan baik melalui pendekatan pelatihan di luar tempat kerja yang memberian kesempatan pada pegawai untuk keluar dari rutinitas pekerjaan dan berkonsentrasi dalam mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan (off the job) maupun melalui (off the job) maupun melalui on the job training, yaitu memberkan pelatihan dengan menyesuaikan metode kerja, adaptasi dengan pekerja, menggunakan media kerja atau alat kerja secara langsung.
Tabel 2. Pengembangan Kompetensi
No. |
Pengembangan Kompetensi |
Dosen (%) |
|||
Sangatbaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan seminar/pertemuan ilmiah sesuai bidang ilmu |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
2 |
Diberi kesempatan untuk melankukan studi kejenjang yang lebih tinggi dengan bantuan pembiayaan dari internal STIK Famika atau dari pihak eksternal |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
3 |
Diberi kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi dosen |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
Total |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
Gambar 3. Sebaran responden berdasarkan Pengembangan kompetensi
Dari survey kepuasan dosen terhadap pengembangan kompetensi adalah sebagaiberikut: sebanyak 92,3% dosen menyatakan kepuasan terhadap pengembangan kompetensi di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan7,7% dosen menyatakan kepuasan terhadap pengembangan kompetensi di STIK FAMIKA Makassar baik.
- Pengembangan Karir
Pengembangan karir merupakan tanggung jawab suatu organisasi yang menyiapkan karyawannya dengan kualifikasi dan pengalaman tertentu, agar pada waktuyang dibutuhkan organisasi sudah memiliki karyawan dengan kualifikasi tertentu. Jadi yang dilakukan karyawan/dosen adalah bekerja sebaik mungkin, mengikuti semua pelatihan yang diberikan, menunggu kesempatan kenaikan karir yang ditawarkan oleh kampus. Pengembangan karir pada umumnya berupa kenaikan karir secara vertikan dari suatu jenjang pekerjaan tertentu ke jenjang berikutnya.
Tabel 3. Pengembangan Karir
No. |
Pengembangan Karir |
Dosen (%) |
|||
Sangatbaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi dosen teladan setiap tahun |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
2 |
Diberi fasilitas kemudahan dalam mengurus kepangkatan akademik |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
3 |
Diberi kesempatan peningkatan jenjang karir sesuai dengan aturan yang jelas |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
Total |
79,5 |
20,5 |
0 |
0 |
Gambar 4. Sebaran responden berdasarkan Pengembangan karir
Darisurveykepuasandosenterhadappengembangankariradalahsebagaiberikut: sebanyak79,5% dosenmenyatakankepuasan terhadap pengembangan karir di STIK Famika Makassar sangat baik, dan 20,5% dosen menyatakan kepuasan terhadap pengembangan karir di STIK Famika Makassar baik.
Pengembangan karir pada dasarnya berorientasi pada perkembangan STIK Famika Makassardalam menjawab tantangan bisnis di masa mendatang. STIK Famika Makassar harus menyadari bahwa ekstensinya di masa depan tergantung pada SDM yang kompetitif. Kondisi seperti itu mengharuskan STIK Famika Makassaruntuk melakukan pembinaan karier pada Dosen.
- Penelitian, pengabdian dan Karya Ilmiah
Penelitian merupakan salah satu dari tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Hal ini juga merupakan hal yang diperhatikan oleh STIK FAMIKA Makassar.
Tabel 4. Penelitian, Pengabdian dan Karya Ilmiah
No. |
Penelitian, pengabdian, dan Karya Ilmiah |
% |
|||
SangatBaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Dosen diberi informasi untuk melakukan penelitian baik internal maupun eksternal |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
2 |
Dosen diberikan kesempatan untuk melakukan penelitian sesuai keahlian sekali dalam satu semester baik didanai oleh internal STIK Famika atau pihak eksternal. |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
3 |
Dosen diberi informasi untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan sumber pendanaan baik internal maupun eksternal |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
4 |
Dosen diberikan kesempatan untuk melakukan pengabdian masyarakat sesuai keahlian sekali dalam satu semester baik didanai oleh internal STIK Famika atau pihakeksternal |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
Total |
86,5 |
13,5 |
0 |
0 |
Gambar 5. Sebaran responden berdasarkan Penelitian, Pengabdian dan Karya Ilmiah
Pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan karya ilmiah di bawah koordinasi LPPM. Lembaga inilah yang bertugas memberikan informasi, prosedur dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dari survey kepuasan dosen terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah adalah sebagai berikut: sebanyak 86,5% dosen menyatakan kepuasan terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah di STIK Famika Makassar sangat baik, dan13,5% dosen menyatakan kepuasan terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah di STIK Famika baik.
- Tugas Tambahan
Dalam manajemen pengelolaan SDM dosen sebaiknya tidak hanya berperan dalam institusinya, namun juga berperan dalam institusi lain yang ada di masyarakat. Keterlibatan kepanitiaan pada instansi lain misalnya bukan hanya menambah pengalaman kerja namun juga dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan untuk memperbaiki kinerja di unit sendiri
Tabel 5. Tugas Tambahan
No. |
Tugas Tambahan |
% |
|||
SangatBaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Dosen diberdayakan untuk menjadi pembimbing Akademik mahasiswa |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
2 |
Dosen diberdayakan untuk menjadi pembimbing dan penguji tugas akhir |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
3 |
Dosen diberi kesempatan untuk membuat buku ajar atau handout, modul atau karya ilmiah yang lainnya. |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
Total |
89,8 |
10,2 |
0 |
0 |
Gambar 6. Sebaran responden berdasarkan Tugas tambahan
Dari survei kepuasan dosen terhadap tugastambahanadalah sebagai berikut: sebanyak 89,8% dosen menyatakan kepuasan terhadap tugastambahan di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan 10,2% dosen menyatakan kepuasan terhadap tugastambahan di STIK Famika Makassarbaik.
- Kebutuhan Kesejahteraan
Kesejahteraan adalah balas jasa lengkap (materi dan non materi) yang diberikan oleh STIK Famika Makassar berdasarkan kebijaksanaan dengan tujuan untuk mempertahankan dan memperbaiki kondisi fisik dan mental dosen dan tenaga kependidikan agar produktifitasnya meningkat. Pemberian kesejahteraan akan menciptakan ketenangan, semangat kerja, dedikasi, disiplin dan sikap loyal terhadap STIK Famika Makassar sehingga turn over relatif rendah.
Tabel 6. Kebutuhan Kesejahteraan
No. |
Kebutuhankesejahteraan |
Dosen (%) |
|||
Sangatbaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Memperoleh gaji yang memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
2 |
Mendapat tunjangan selain gaji perbulan |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
3 |
Dosenmendapatkangajike 13 setiap tahun sesuai dengan aturan yang berlaku |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
4 |
Dosen mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) setiap hari raya Idul Fitri sesuai dengan aturan yang berlaku |
61,5 |
38,5 |
0 |
0 |
5 |
Dosen diberikan tunjangan beras setiap bulan sesuai dengan aturan yang berlaku |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
6 |
Dosendiberibantuanuntukmelaksanakanibadahumrahdan haji |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
7 |
Dosendiberikan jaminan kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
8 |
Dosendiberikantunjanganharitua |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
9 |
Dosendiberikankesempatanmengikutikegiatanrekriasibersamakeluargamenggunakan dana STIK Famika Makassar |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
10 |
Dosendiberikantunjangan dana pernikahan/kelahirananaksesuaidenganaturan yang berlaku |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
11 |
Disediakanbeasiswabagianakdosen yang kuliah di STIK Famikasesuaiaturan yang berlaku |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
12 |
Dosenmendapat perlindungan apabila mendapat tekanan psikis di tempat kerja |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
13 |
Dosenmendapat bantuan apabila mendapat musibah yang menimpa diri dosen dan atau keluarga |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
Total |
72,8 |
27,2 |
0 |
0 |
Gambar 7. Sebaran responden berdasarkan Kesejahteraan
DarisurveykepuasandosenterhadapKebutuhanKesejahteraanadalahsebagaiberikut: sebanyak72,8% dosenmenyatakankepuasan terhadap KebutuhanKesejahteraan di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan27,2% dosenmenyatakankepuasan terhadap KebutuhanKesejahteraan di STIK Famika Makassar baik.
- Kebutuhan Pemenuhan Fasilitas
Kesehatan (kerja) merujuk kepada kebebasan karyawan dari penyakit secara fisik maupun netral. Dalam bahasa lain kesehatan kerja diartikan sebagai ilmu kesehatan dan penerapannya yang bertujuan mewujudkan tenaga kerja sehat, produktif dalam bekerja, berada dalam keseimbangan yang mantap antara kapasitas kerja, bebas kerja dan keadaan lingkungan kerja, serta terlindung dari penyakit yang disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja.
Tabel 7. Kebutuhan Pemenuhan Fasilitas
No. |
KebutuhanFasilitas |
Dosen (%) |
|||
Sangatbaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Disetiapruangantersediafasilitas LCD |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
2 |
Ruang kelas yang memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
3 |
Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA dan bimbingan skripsi) |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
4 |
Tersedia sarana komputer dan kemudahan untuk mengakses internet bagi dosen untuk memperlancar tugas-tugasnya |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
5 |
Tersedia toilet yang memadai dan bersih |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
6 |
Tersedia sarana laboratorium yang memadai yang menunjang proses pembelajaran |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
7 |
Tersedia perpustakaan yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
8 |
Tersedia sarana kesehatan berupa poliklinik |
76,9 |
23,1 |
0 |
0 |
9 |
Tersedia sarana koperasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dosen simpan pinjam |
69,2 |
30,8 |
0 |
0 |
10 |
Tersedia sarana parkir yang memadai dan aman |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
11 |
Tersediapenerangan yang memadaidisemuaruangan |
84,6 |
15,4 |
0 |
0 |
Total |
82,5 |
17,5 |
0 |
0 |
Gambar8. Sebaran responden berdasarkan Fasilitas
Pemenuhan fasilitas bagi dosen STIK FAMIKA Makassar mutlak diperlukan. Dosen yang sehat akan mampu menjalankan kewajibannya dalam mengajar dan melayani mahasiswa dengan lebih baik.Dari survey kepuasandosenterhadapKebutuhanPemenuhan kebutuhan fasilitas adalahsebagaiberikut: sebanyak82,5% dosenmenyatakankepuasan terhadap Kebutuhanpemenuhan fasilitas di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan17,5% dosenmenyatakankepuasan terhadap Kebutuhanpemenuhan fasilitas di STIK Famika Makassar baik.
- Analisa
Tabel 8. Rata-rata hasilkomponen survey
No |
Komponen Survey |
Jumlah (%) |
|||
SangatBaik |
Baik |
Cukup |
Kurang |
||
1 |
Pengajaran |
80,8 |
19,2 |
0 |
0 |
2 |
Kompetensi |
92,3 |
7,7 |
0 |
0 |
3 |
Karir |
79,5 |
20,5 |
0 |
0 |
4 |
Penelitian, Pengabdian, danKaryaIlmiah |
86,5 |
13,5 |
0 |
0 |
5 |
TugasTambahan |
89,8 |
10,2 |
0 |
0 |
6 |
Kesejahteraan |
72,8 |
27,2 |
0 |
0 |
7 |
Fasilitas |
82,5 |
17,5 |
0 |
0 |
Rata-rata (%) |
83,4 |
16,6 |
0 |
0 |
Secara umum berdasarkan hasil survey tingkat kepuasan dosen terhadap sistem pengelolaan sumber daya manusia di STIK Famika Makassar menunjukkan hasil jawaban “sangat baik”. Tabel 8 danGambar 9 menunjukkanbahwarata-rata kepuasandosen sangatbaikterhadap seluruh komponen pelayanan yang diberikan oleh STIK FAMIKA Makassardenganjumlah rata-rata 83,4%,dankepuasanbaikterhadap seluruh komponen pelayanan yang diberikan oleh STIK FAMIKA Makassardenganjumlah rata-rata 16,6%. Berdsarkanhaltersebut, makainstitusi STIK Famika Makassar tetapharusmempertahankanhasilkepuasandaridosenpengajarbahkanjikaperluharustetap dilakukan perbaikan untuk peningkatan pelayanan kepuasan dosen.
Gambar 9. Grafik Kepuasan Dosen
- Rencana Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil pengukuran kepuasan dosen yang telah dilakukan maka rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan adalah:
- Meningkatkan kualitas dan memaksimalkan pengembangan kompetensi dosen
- Peningkatan kualitas dan memaksimalkan layanan pengembangan karir terutama dalam memfasilitasi dosen dalam peningkatan jenjang karir dan jabatan struktural.
- Memaksimalkan peran LPPM dalam mengelola dan membantu dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat
- Memaksimalkan peran dosen dalam memperoleh peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di kampus
- Peningkatan kualitas dan memaksimalkan layanan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan
- Peningkatan kualitas dan memaksimalkan layanan klinik dan layanan kesehatan lainnya
- Penutup
Demikian laporan survey kepuasan dosen tahun akademik 2019/2020 ini dibuat, semoga hasil survey ini bermanfaat untuk perbaikan STIK Famika Makassar di masa yang datang dan dapat dijadikan pedoman bagi STIK Famika Makassar untuk mengambil keputusan.