• STIK FAMIKA MAKASSAR
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar

LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI KEPUASAN DOSEN TAHUN 2020

 KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kepuasan Dosen pada Tahun Akademik 2019/2020 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan dosen terhadap tujuh instrumen yaitu: pengembangan kompetensi, pengembangan karir, penelitian dan karya ilmiah (dosen), tugas tambahan, kebutuhan kesejahteraan, kebutuhan kesehatan dan kebugaran, kebutuhan sosial/keagamaan. Monev dilaksanakan untuk mengukur tanggapan dosen terhadap layanan pengelola SDM di lingkungan STIK FAMIKA Makassar. Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan.

Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen STIK Famika Makassar. Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama para pimpinan unit, dan seluruh civitas akademik hingga terselenggaranya survei ini.

Sungguminasa,

Kepala LPM

 

 Ns.Muhammad Syahrul Alam.,S.Kep.,M.Kes

 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar 

Daftar Isi 

  1. Pendahuluan
  2. Metode
  3. Profil Responden
  4. Hasil Survey Kepuasan Dosen
  5. Analisa
  6. Rencana Tindak Lanjut 
  7. Penutup

 

  1. PENDAHULUAN

Survei kepuasan layanan pengelolaan Sumber Daya Manusia di STIK Famika makassar pada dasarnya merupakan salah satu metode  untuk memberi penilaian terhadap system pengelolaan tenaga dosen baik dalam hal  pengembangan kompetensi maupun pengembangan karir. Secara struktural, pengelolaan SDM dilaksanakan oleh Pembantu Ketua I yang kemudian dilaksanakan oleh Tata Usaha dan Kepegawaian.

Survei ini bertujuan untuk mengukur tanggapan Dosen terhadap pelayanan pengelola SDM di lingkungan STIK Famika Makassar. Disamping itu,survey ini akan mampu memetakan mutu pelayanan di lingkungan STIK Famika Makassar dan menjadi dasar perbaikan pengelolaan SDM di lingkungan STIK Famika Makassar.

  1. Metode

Survey dilakukan terhadap dosen STIK FAMIKA Makassar sebanyak 13 dosen dengan cara mengisi kuesioner. Adapun instrument kuesioner dosen meliputi:

  1. Pengembangan Kompetensi meliputi kesempatan untuk studi lanjut; kesempatan untuk mengikuti kursus/pelatihan/seminar/workshop; kesempatan untuk mengikuti studi banding dalam negeri; dan kesempatan untuk mengikuti studi banding luar negeri.
  2. Pengembangan karir meliputi ketersediaan informasi tentang karir, mendapatkan layanan tentang jenjang karir, memperoleh kesempatan untuk meningkatkan jenjang karir.
  3. Penelitian, pengabdian, dan Karya Ilmiah (dosen) meliputi memperoleh informasi tentang kegiatan penelitian, memperoleh pelayanan untuk melakukan kegiatan penelitian, ketersediaan sarana dan prasarana kegiatan penelitian, memperoleh penilaian proposal penelitian dari reviewer, memperoleh kesempatan bimbingan penyusunan proposal penelitian dan laporan akhir, dan kesempatan menjadi reviewer penelitian dan ketersediaan informasi jurnal.
  4. Tugas Tambahan meliputi pemberian kesempatan memperoleh tugas tambahan (kegiatan kepanitiaan, mendapatkan tugas tambahan mengajar di luar home based), mendapatakan kesempatan untuk menjadi kandidat jabatan struktural, dan kesempatan untuk menjadi kandidat Akademik.
  5. Kebutuhan Kesehatan dan Kebugaran meliputi tersedianya informasi tentang layanan kesehatan (klinik) dan layanan peningkatan kebugaran jasmani melalui sarana prasaran olah raga
  6. Kebutuhan Sosial/Keagamaan meliputi layanan rekoleksi, fasilitas ibadah dan hari besar keagamaan

Angketdisusundenganmenggunakan skala likert 1-4 (4 = sangat baik; 3 = baik; 2 = cukup; 1= kurang). Kuisioner hasil survei kepuasan kemudian ditabulasi dan dikelompokkan berdasarkan kriteria responden, yaitu dosen. Pengelompokkan tersebut dilakukan untuk memudahkan analisis dikarenakan masing-masing kelompok memiliki jenis dan kuantitas layanan yang berbeda. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan analisis statistik untuk menguji kesahihan kehandalan instrumen dan dianalisis melaluimicrosoftexcell, yaitudenganmengakumulasikanjumlah poin setiap parameter yang divisualilasisikan ke dalam tabel dan grafik.

 

  1. Profil Responden

Gambar 1. Sebaran responden berdasarkan jabatan fungsional (dosen)

BerdasarkanGambar 1 diatas, jumlahrespondenberdasarkanjabatanfungsional (dosen) adalah2 orang lektor, 5 orang asistenahli, dansisanyasebanyak6orang tenagapengajar.

  1. Hasil Survey Kepuasan Dosen
  2. Pengajaran

Pengajaran merupakan salah satu dari tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Hal ini juga  merupakan hal yang diperhatikan oleh STIK Famika Makassar demi menunjangterlaksananyatridarmaperguruantinggi.

Tabel 1. Pengajaran

No.

Pengajaran

Dosen (%)

Sangatbaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Dosen mengampu mata kuliah sesuai dengan kompetensi

84,6

15,4

0

0

2

Dosenmengajar minimal 12 sks setiap semester

76,9

23,1

0

0

3

Dosendiwajibkan untuk membuat silabus, SAP (Satuan Acara Perkuliahan), dan BAP (Berita Acara Perkuliahan) sesuai dengan mata kuliah yang diampunya

76,9

23,1

0

0

4

Dosendiberi kesempatan melakukan evaluasi pembelajaran secara objektif dan transparan

84,6

15,4

0

0

Total

80,8

19,2

0

0

 

Gambar 2. Sebaran responden berdasarkan Pengajaran

Berdasarkan data diatas survey kepuasan dosen terhadap Pengajaran adalah sebagai berikut: sebanyak 80,8% dosen menyatakan kepuasan terhadap sistem pengajaran di STIK Famika Makassar sangat baik, dan19,2% dosen menyatakan kepuasan terhadap sistem pengajaran di STIK Famika Makassar baik.

 

  1. Pengembangan Kompetensi

Pengembangan pegawai pada dasarnya bertujuan untuk memastian dan memelihara kemampuan pegawai sehingga memenuhi kualifikasi yang diprasyaratkan sehingga dapat memberikan kontribusi optimal bagi organisasi. Pengembangan pegawai dapat dilakukan melalui pendidikan (studi lanjut) maupun dan pelatihan baik melalui pendekatan pelatihan di luar tempat kerja yang memberian kesempatan pada pegawai untuk keluar dari rutinitas pekerjaan dan berkonsentrasi dalam mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan (off  the job) maupun melalui (off the job) maupun melalui on the job training, yaitu memberkan pelatihan dengan menyesuaikan metode kerja, adaptasi dengan pekerja, menggunakan media kerja atau alat kerja secara langsung.

Tabel 2. Pengembangan Kompetensi

No.

Pengembangan Kompetensi

Dosen (%)

Sangatbaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan seminar/pertemuan ilmiah sesuai bidang ilmu

92,3

7,7

0

0

2

Diberi kesempatan untuk melankukan studi kejenjang yang lebih tinggi dengan bantuan pembiayaan dari internal STIK Famika atau dari pihak eksternal

92,3

7,7

0

0

3

Diberi kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi dosen

92,3

7,7

0

0

Total

92,3

7,7

0

0

 

Gambar 3. Sebaran responden berdasarkan Pengembangan kompetensi

 

Dari survey kepuasan dosen terhadap pengembangan kompetensi adalah sebagaiberikut: sebanyak 92,3% dosen menyatakan kepuasan terhadap pengembangan kompetensi di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan7,7% dosen menyatakan kepuasan terhadap pengembangan kompetensi di STIK FAMIKA Makassar baik.

 

  1. Pengembangan Karir

Pengembangan karir merupakan tanggung jawab suatu organisasi yang menyiapkan karyawannya dengan kualifikasi dan pengalaman tertentu, agar pada waktuyang dibutuhkan organisasi sudah memiliki karyawan dengan kualifikasi tertentu. Jadi yang dilakukan karyawan/dosen adalah bekerja sebaik mungkin, mengikuti semua pelatihan yang diberikan, menunggu kesempatan kenaikan karir yang ditawarkan oleh kampus. Pengembangan karir pada umumnya berupa kenaikan karir secara vertikan dari suatu jenjang pekerjaan tertentu ke jenjang berikutnya.

Tabel 3. Pengembangan Karir

No.

Pengembangan Karir

Dosen (%)

Sangatbaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi dosen teladan setiap tahun

69,2

30,8

0

0

2

Diberi fasilitas kemudahan dalam mengurus kepangkatan akademik

84,6

15,4

0

0

3

Diberi kesempatan peningkatan jenjang karir sesuai dengan aturan yang jelas

84,6

15,4

0

0

Total

79,5

20,5

0

0

 

        Gambar 4. Sebaran responden berdasarkan Pengembangan karir

 

Darisurveykepuasandosenterhadappengembangankariradalahsebagaiberikut: sebanyak79,5% dosenmenyatakankepuasan terhadap pengembangan karir di STIK Famika Makassar sangat baik, dan 20,5% dosen menyatakan kepuasan terhadap pengembangan karir di STIK Famika Makassar baik.

Pengembangan karir pada dasarnya berorientasi pada perkembangan STIK Famika Makassardalam menjawab tantangan bisnis di masa mendatang. STIK Famika Makassar  harus menyadari  bahwa ekstensinya di masa depan tergantung pada SDM yang kompetitif. Kondisi seperti itu mengharuskan STIK Famika Makassaruntuk melakukan pembinaan karier pada Dosen.

 

  1. Penelitian, pengabdian dan Karya Ilmiah

Penelitian merupakan salah satu dari tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Hal ini juga  merupakan hal yang diperhatikan oleh STIK FAMIKA Makassar.

Tabel 4. Penelitian, Pengabdian dan Karya Ilmiah

No.

Penelitian, pengabdian, dan Karya Ilmiah

%

SangatBaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Dosen diberi informasi untuk melakukan penelitian baik internal maupun eksternal

92,3

7,7

0

0

2

Dosen diberikan kesempatan untuk melakukan penelitian sesuai keahlian sekali dalam satu semester baik didanai oleh internal STIK Famika atau pihak eksternal.

84,6

15,4

0

0

3

Dosen diberi informasi untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan sumber pendanaan baik internal maupun eksternal

84,6

15,4

0

0

4

Dosen diberikan kesempatan untuk melakukan pengabdian masyarakat sesuai keahlian sekali dalam satu semester baik didanai oleh internal STIK Famika atau pihakeksternal

84,6

15,4

0

0

Total

86,5

13,5

0

0

 

        Gambar 5. Sebaran responden berdasarkan Penelitian, Pengabdian dan Karya Ilmiah

 

Pelaksanaan penelitian, pengabdian, dan karya ilmiah di bawah koordinasi LPPM. Lembaga inilah yang bertugas memberikan informasi, prosedur dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dari survey kepuasan dosen terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah adalah sebagai berikut: sebanyak 86,5% dosen menyatakan kepuasan terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah di STIK Famika Makassar sangat baik, dan13,5% dosen menyatakan kepuasan terhadap Penelitian dan Karya Ilmiah di STIK Famika baik.

  1. Tugas Tambahan

Dalam manajemen pengelolaan SDM dosen sebaiknya tidak hanya berperan dalam institusinya, namun juga berperan dalam institusi lain yang ada di masyarakat. Keterlibatan kepanitiaan pada instansi lain misalnya bukan hanya menambah pengalaman kerja namun juga dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan untuk memperbaiki kinerja di unit sendiri

Tabel 5. Tugas Tambahan

No.

Tugas Tambahan

%

SangatBaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Dosen diberdayakan untuk menjadi pembimbing Akademik mahasiswa

92,3

7,7

0

0

2

Dosen diberdayakan untuk menjadi pembimbing dan penguji tugas akhir

92,3

7,7

0

0

3

Dosen diberi kesempatan untuk membuat buku ajar atau handout, modul atau karya ilmiah yang lainnya.

84,6

15,4

0

0

Total

89,8

10,2

0

0

                                     

Gambar 6. Sebaran responden berdasarkan Tugas tambahan

Dari survei kepuasan dosen terhadap tugastambahanadalah sebagai berikut: sebanyak 89,8% dosen menyatakan kepuasan terhadap tugastambahan di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan 10,2% dosen menyatakan kepuasan terhadap tugastambahan di STIK Famika Makassarbaik.

 

  1. Kebutuhan Kesejahteraan

Kesejahteraan adalah balas jasa lengkap (materi dan non materi) yang diberikan oleh STIK Famika Makassar berdasarkan kebijaksanaan dengan tujuan untuk mempertahankan dan memperbaiki kondisi fisik dan mental dosen dan tenaga kependidikan agar produktifitasnya meningkat. Pemberian kesejahteraan akan menciptakan ketenangan, semangat kerja, dedikasi, disiplin dan sikap loyal terhadap STIK Famika Makassar sehingga turn over relatif rendah.

 

Tabel 6. Kebutuhan Kesejahteraan

No.

Kebutuhankesejahteraan

Dosen (%)

Sangatbaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Memperoleh gaji yang memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup

69,2

30,8

0

0

2

Mendapat tunjangan selain gaji perbulan

69,2

30,8

0

0

3

Dosenmendapatkangajike 13 setiap tahun sesuai dengan aturan yang berlaku

69,2

30,8

0

0

4

Dosen mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) setiap hari raya Idul Fitri sesuai dengan aturan yang berlaku

61,5

38,5

0

0

5

Dosen diberikan tunjangan beras setiap bulan sesuai dengan aturan yang berlaku

69,2

30,8

0

0

6

Dosendiberibantuanuntukmelaksanakanibadahumrahdan haji

69,2

30,8

0

0

7

Dosendiberikan jaminan kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku

69,2

30,8

0

0

8

Dosendiberikantunjanganharitua

76,9

23,1

0

0

9

Dosendiberikankesempatanmengikutikegiatanrekriasibersamakeluargamenggunakan dana STIK Famika Makassar

84,6

15,4

0

0

10

Dosendiberikantunjangan dana pernikahan/kelahirananaksesuaidenganaturan yang berlaku

76,9

23,1

0

0

11

Disediakanbeasiswabagianakdosen yang kuliah di STIK Famikasesuaiaturan yang berlaku

76,9

23,1

0

0

12

Dosenmendapat perlindungan apabila mendapat tekanan psikis di tempat kerja

76,9

23,1

0

0

13

Dosenmendapat bantuan apabila mendapat musibah yang menimpa diri dosen dan atau keluarga

76,9

23,1

0

0

Total

72,8

27,2

0

0

 

Gambar 7. Sebaran responden berdasarkan Kesejahteraan

 

DarisurveykepuasandosenterhadapKebutuhanKesejahteraanadalahsebagaiberikut: sebanyak72,8% dosenmenyatakankepuasan terhadap KebutuhanKesejahteraan di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan27,2% dosenmenyatakankepuasan terhadap KebutuhanKesejahteraan di STIK Famika Makassar baik.

 

  1. Kebutuhan Pemenuhan Fasilitas

Kesehatan (kerja) merujuk kepada kebebasan karyawan dari penyakit secara fisik maupun netral. Dalam bahasa lain kesehatan kerja diartikan sebagai ilmu kesehatan dan penerapannya yang bertujuan mewujudkan tenaga kerja sehat, produktif dalam bekerja, berada dalam keseimbangan yang mantap antara kapasitas kerja, bebas kerja dan keadaan lingkungan kerja, serta terlindung dari penyakit yang disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja.

Tabel 7. Kebutuhan Pemenuhan Fasilitas

No.

KebutuhanFasilitas

Dosen (%)

Sangatbaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Disetiapruangantersediafasilitas LCD

84,6

15,4

0

0

2

Ruang kelas yang memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar

84,6

15,4

0

0

3

Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA dan bimbingan skripsi)

92,3

7,7

0

0

4

Tersedia sarana komputer dan kemudahan untuk mengakses internet bagi dosen untuk memperlancar tugas-tugasnya

84,6

15,4

0

0

5

Tersedia toilet yang memadai dan bersih

76,9

23,1

0

0

6

Tersedia sarana laboratorium yang memadai yang menunjang proses pembelajaran

92,3

7,7

0

0

7

Tersedia perpustakaan yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif

76,9

23,1

0

0

8

Tersedia sarana kesehatan berupa poliklinik

76,9

23,1

0

0

9

Tersedia sarana koperasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dosen simpan pinjam

69,2

30,8

0

0

10

Tersedia sarana parkir yang memadai dan aman

84,6

15,4

0

0

11

Tersediapenerangan yang memadaidisemuaruangan

84,6

15,4

0

0

Total

82,5

17,5

0

0

 

Gambar8. Sebaran responden berdasarkan Fasilitas

Pemenuhan fasilitas bagi dosen STIK FAMIKA Makassar mutlak diperlukan. Dosen yang sehat akan mampu menjalankan kewajibannya dalam mengajar dan melayani mahasiswa dengan lebih baik.Dari survey kepuasandosenterhadapKebutuhanPemenuhan kebutuhan fasilitas adalahsebagaiberikut: sebanyak82,5% dosenmenyatakankepuasan terhadap Kebutuhanpemenuhan fasilitas di STIK FAMIKA Makassar sangat baik, dan17,5% dosenmenyatakankepuasan terhadap Kebutuhanpemenuhan fasilitas di STIK Famika Makassar baik.

 

  1. Analisa

Tabel 8. Rata-rata hasilkomponen survey

No

Komponen Survey

Jumlah (%)

SangatBaik

Baik

Cukup

Kurang

1

Pengajaran

80,8

19,2

0

0

2

Kompetensi

92,3

7,7

0

0

3

Karir

79,5

20,5

0

0

4

Penelitian, Pengabdian, danKaryaIlmiah

86,5

13,5

0

0

5

TugasTambahan

89,8

10,2

0

0

6

Kesejahteraan

72,8

27,2

0

0

7

Fasilitas

82,5

17,5

0

0

Rata-rata (%)

83,4

16,6

0

0

 

Secara umum berdasarkan hasil survey tingkat kepuasan dosen terhadap sistem pengelolaan sumber daya manusia di STIK Famika Makassar menunjukkan hasil jawaban “sangat baik”. Tabel 8 danGambar 9 menunjukkanbahwarata-rata kepuasandosen sangatbaikterhadap seluruh komponen pelayanan yang diberikan oleh STIK FAMIKA Makassardenganjumlah rata-rata 83,4%,dankepuasanbaikterhadap seluruh komponen pelayanan yang diberikan oleh STIK FAMIKA Makassardenganjumlah rata-rata 16,6%. Berdsarkanhaltersebut, makainstitusi STIK Famika Makassar tetapharusmempertahankanhasilkepuasandaridosenpengajarbahkanjikaperluharustetap dilakukan perbaikan untuk peningkatan pelayanan kepuasan dosen.

 

Gambar 9. Grafik Kepuasan Dosen

 

  1. Rencana Tindak Lanjut

Berdasarkan hasil pengukuran kepuasan dosen yang telah dilakukan maka rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan adalah:

  1. Meningkatkan kualitas dan memaksimalkan pengembangan kompetensi dosen
  2. Peningkatan kualitas dan memaksimalkan layanan pengembangan karir terutama dalam memfasilitasi dosen dalam peningkatan jenjang karir dan jabatan struktural.
  3. Memaksimalkan peran LPPM dalam mengelola dan membantu dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat
  4. Memaksimalkan peran dosen dalam memperoleh peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di kampus
  5. Peningkatan kualitas dan memaksimalkan layanan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan
  6. Peningkatan kualitas dan memaksimalkan layanan klinik dan layanan kesehatan lainnya

 

  1. Penutup

Demikian laporan survey kepuasan dosen tahun akademik 2019/2020 ini dibuat, semoga hasil survey ini bermanfaat untuk perbaikan STIK Famika Makassar di masa yang datang dan dapat dijadikan pedoman bagi STIK Famika Makassar untuk mengambil keputusan.

 

 

Komentari Tulisan Ini
wso slot
akun wso slot
nuklir slot
akun pro thailand
akun thailand
pistol4d
akun pro taiwan
slot server taiwan
slot taiwan
akun pro vietnam
slot server vietnam
slot vietnam