Info Kampus
Minggu, 24 Okt 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Punya Bisnis? Jangan Lewatkan Strategi Personal Branding Berikut!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Jika kalian adalah seorang entrepreneur atau mahasiswa yang mempunyai bisnis, lakukan langkah-langkah berikut untuk membangun personal branding pada bisnismu!

Personal Branding Bisnis

Personal branding secara harfiah memiliki arti mengecap diri sendiri, yang dimaksud adalah bagaimana kita mengkomunikasikan diri sendiri atau membangun pandangan orang lain terhadap diri kita. Personal branding lebih dikenal dengan sebutan citra diri. Untuk itu personal branding bisnis adalah sebuah upaya untuk menampilkan citra diri yang positif mengenai sebuah bisnis.

Kenapa penting? 

Personal branding dalam bisnis kalian menjadi penting, karena beberapa hal berikut:

  • Membangun rasa kepercayaan dengan konsumen
  • Membangun relasi dengan berbagai pihak
  • Menciptakan branding yang authentic
  • Meningkatkan pemasaran

Manfaat Personal Branding pada Bisnis

manfaat personal branding
Photo by The Organic Crave Company

Berikut adalah beberapa manfaat dari personal branding untuk bisnis kalian! Jadi jangan sampai tidak melakukan personal branding ya!

Meningkatkan Rasa Percaya customer

Jika kalian menuliskan dan membangun citra yang positif, tentunya para pelanggan atau calon pembeli akan merasa nyaman dan percaya untuk berbelanja produk kalian. Buatlah personal branding yang profesional dan dapat dipercaya. Namun ada hal penting yang harus dilakukan, yaitu posisikan diri kalian sebagai customer dalam memberikan atau membangun citra dari produk yang kalian jual.

Dengan Personal Branding akan Lebih Mudah Dikenal

Apabila kalian sukses dan memiliki keunikan dalam branding, tentu kalian akan mudah dikenal oleh orang lain. Seperti contohnya, branding yang dilakukan oleh Teh Botol Sosro adalah menggunakan tagline “Apapun makannanya, minumnya Teh Botol Sosro,” Semua orang akan dengan mudah mengetahui produk Teh Botol Sosro apabila mendengar kalimat tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Dengan meningkatnya rasa kepercayaan konsumen karena bisnis kalian memiliki branding yang kuat, tentu akan menambah peluang produk Anda dilirik dan dibeli oleh konsumen. Sehingga dapat meningkatkan penjualan Anda

Mendapatkan Citra Positif

Dengan otomatis apabila kalian melakukan branding dan hal tersebut berhasil, mulai dari tagline, logo, desain, dan lain sebagainya, tentu akan membangun sebuah citra yang positif untuk bisnis kalian.

Strategi Membangun Personal Branding untuk bisnis

social media untuk personal branding
Photo by Merakist

Sebutkan Tujuan dari Bisnis Anda

Sebuah bisnis tentunya memiliki dua elemen yaitu brand promise dan brand purpose. Brand promise sendiri merupakan salah satu langkah dari dunia bisnis untuk memberikan janji kepada konsumen. Sementara brand purpose adalah tujuan dari sebuah bisnis yang nantinya bisa menjadi kekuatan dan keunikan dari bisnis itu sendiri. Tujuan dari sebuah bisnis sangat diperlukan untuk menciptakan dimana kedudukan brand berada. Gunakan kalimat yang menjual untuk mengkomunikasikan bisnis yang kalian miliki.

Menjaga Konsistensi Bisnis

Hal yang tidak kalah penting sebenarnya adalah konsistensi dari produk tersebut. Bagaimana cara menjaga agar produk tetap stabil secara kualitas menjadi hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai saat pertama produksi barang kalian bagus, tetapi selanjutnya menurun kualitasnya.

Gunakan Media Sosial

Seperti yang kita tahu, saat ini segala sesuatu bisa sangat mudah dikenal dengan hanya melalui handphone dan di balik internet. Media sosial adalah cara termudah untuk membangun branding kepada khalayak ramai. Pastikan kalian mengikuti trend dan up to date dengan dunia, sehingga konten dari branding bisnis kalian akan lebih mudah diterima.

Membangun Kedekatan Emosional dengan Konsumen

Konsumen adalah raja dan seseorang yang harus dimengerti oleh kita. Posisikan kalian adalah seorang gebetan yang harus mengetahui segala sesuatu dari pasangan kalian. Nah, begitu pula dengan memperlakukan konsumen. Beri mereka treatment sebaik mungkin agar mereka merasa nyaman berbelanja produk kalian.

Jangan lupa ya langsung praktekin ke bisnis kalian!

BACA JUGA: 

Lakukan 10 Langkah Ini Agar Konten Impactful!

Tambahkan 7 Fitur Google Chrome Extension Ini Agar Lebih Produktif!

The post Punya Bisnis? Jangan Lewatkan Strategi Personal Branding Berikut! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar