Info Kampus
Sabtu, 21 Mei 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Program Magang Merdeka Kemendikbud Ristek Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah membuka program Magang Merdeka untuk mahasiswa. Periode pendaftaran berlangsung pada 10 Juni hingga 15 Juni 2021.

Magang Merdeka merupakan bagian dari program Magang Berkualitas dan Studi Independen (MBSI), yakni salah satu dari delapan program Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbud Ristek. 

Melalui program ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar sekaligus melatih hard skill dan soft skill di dunia kerja selama 6 bulan hingga 1 tahun. Perlu diketahui, Magang Merdeka ini setara dengan 1 atau 2 semester. Sehingga bobot SKS-nya akan dihitung sebagaimana mata kuliah yang lain.

Untuk program Magang Merdeka 2021, Kemendikbud Ristek telah bekerja sama dengan lebih dari seratus mitra. Terdiri perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan, hingga startup. Mahasiswa dapat memilih tempat magang di salah satu mitra tersebut.

Baca juga: Calon Intern Magang? Cek Pentingnya Melakukan Program Magang Beserta Tips Magang di Sini

Cara Pendaftaran

Dilansir dari Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, berikut adalah tata cara mendaftar program magang ini.

  • Mahasiswa meminta persetujuan dosen pembimbing akademik atau pihak kampus
  • Setelah itu, mahasiswa mendaftar atau melamar ke mitra tempat magang dengan cara membuat akun pendaftaran di laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id
  • Mahasiswa mengikuti seluruh proses seleksi, sesuai mitra tempat magang yang dipilih
  • Setelah dinyatakan lulus, mahasiswa melaksanakan kegiatan magang sesuai arahan supervisor dan dosen pembimbing magang

Sebagai catatan, prosedur pendaftaran Magang Merdeka di setiap universitas memiliki perbedaan. Untuk itu, Campuspedia Friends perlu mengecek prosedur pendaftaran di kampus masing-masing terlebih dahulu.

Baca juga: BCA Buka Lowongan Magang untuk Lulusan SMA/SMK, Diploma, dan S1, Segera Daftar!

Memilih Mitra Tempat Magang

Terdapat lebih dari seratus mitra yang bersedia menerima mahasiswa magang melalui program Magang Merdeka ini. Setiap mitra pun memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Berikut adalah tutorial memilih mitra tempat magang pada program Magang Merdeka 2021.

  • Pilih program “Magang”

  • Cari mitra yang sesuai dengan minat, lalu klik mitra tersebut

  • . Setelah itu, pahami syarat dan rincian kegiatannya. Jika sudah memastikan mitra pilihan, klik “daftar”

  • Apabila kamu belum memiliki akun, maka buatlah akun terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan pendaftaran sesuai prosedur yang ditetapkan oleh mitra tersebut

Baca juga: Lowongan Magang Kemendikbud Ristek untuk Mahasiswa Kembali Dibuka  

Jika ingin memahami program ini lebih jauh, Campuspedia Friends bisa membaca buku panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi instagram resmi Magang Merdeka (@magangmerdeka). Selamat belajar dan mengasah skill di tempat magang, ya, Friends!

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, YouTube, dan Official Line.

The post Program Magang Merdeka Kemendikbud Ristek Telah Dibuka, Begini Cara Daftarnya appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar