SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Press Release Online English Fair 2020: It’s A Wrap!

Hai Campuspedia-friends!It’s a wrap! Campuspedia Online English Fair 2020 telah selesai terselenggara! Dengan dua topik utama yang diangkat, yaitu TOEFL Preparation dan Scholarship. Penasaran seperti apa acaranya? Berikut Press Release Campuspedia Online English Fair 2020!

Pada 5 Desember 2020 kemarin, Talkshow sharing session seputar Scholarship bersama Nur Shabrina Safitri, Chinese Government Scholarship Awardee 2019, dan Ahmad Mufid Chomsan, LPDP Scholarship Awardee 2018 telah menyumbang banyak insight nih C-friends, tentang serba-serbi scholarship dan apa saja tips dan triknya!

Scholarship Talkshow

Serba-serbi Chinese Government Scholarship

Scholarship Talkshow, dimulai dengan presentasi dari kak Shabrina nih C-friends! Sebagai penerima beasiswa CGS (Chinese Government Scholarship), kak Shabrina memulai presentasinya tentang serba-serbi beasiswa CGS itu sendiri. Mulai dari jenis, cakupan beasiswa, dokumen yang perlu dipersiapkan, hingga kehidupan di China sebagai seorang muslim!

“Untuk ibadahnya, alhamdulillah untuk semua agama ada tempat ibadahnya meskipun tidak (terlalu) mencolok. Kita sendiri (para awardee) tidak merasa kesulitan. Dan untuk makanan halal juga gak sulit (untuk menemukannya), sudah banyak dan ada logo halalnya dalam bahasa mandarin,” tutur kak Shabrina, pada Sabtu (5/12/2020).

Serba-serbi LPDP Scholarship

Lebih lanjut, Scholarship Talkshow kedua ada presentasi dan penjelasan dari kak Mufid C-friends! Kak Mufid mengawali presentasinya dengan sharing tips dan trik hingga persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum apply beasiswa C-friends! Mulai dari mencari informasi beasiswa impian secara detail, persiapan essay atau motivation letter, hingga pentingnya mendapat restu dari orang tua.

“Doa dan restu orang tua adalah hal yang paling penting. Ketika saya ingin S2, tapi kedua orang tua saya masih ingin saya bekerja, saya coba untuk nego (bernegoisasi) minta restu dengan sangat baik agar semua diberikan jalan dengan lancar. Karena percuma jika kita mau melangkahkan hal apapun kalau ibu tidak direstui,”

“(Maka dari itu) Jangan pernah melangkah dari restu Ibu,” ujar kak Mufid, yang merupakan quotes-nya pada Scholarship Talkshow, Sabtu (5/12/2020).

Setelah itu, Talkshow dilanjut dengan acara mini games, QnA dan sesi dokumentasi. Nah, itu kan Scholarship Talkshow, kalau seminar tentang TOEFL Preparation gimana ya?

Baca juga: Yuk! Intip 4 Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan Lengkapnya!

Seminar TOEFL Preparation

Pastinya juga gak kalah seru dong C-friends! Seminar TOEFL Preparation berlangsung pada Minggu 6 Desember 2020 bersama Dewantoro Ratri, Fullbright Foreign Language Teaching Assistant di University of Georgia, Amerika Serikat, sekaligus Founder dari MainKata Translation Studio dan Ngonten_ID.

Meskipun lagi ngomongin TOEFL Preparation, penjelasan dari pak Dewantoro Ratri ini enak banget C-friends! Apalagi, ditengah-tengah penjelasan, terkadang juga ada mini games berupa latihan soal dan langsung diberikan penjelasan pembahasannya juga. Wah, asik ya C-friends?

Tips dan Trik Mengerjakan TOEFL

Pak Dewantoro juga membagikan berbagai tips dan trik dalam pengerjaan TOEFL C-friends, salah satunya ketika menghadapi soal jenis grammar dan reading. Pak Dewantoro mengatakan bahwa grammar itu adalah soal yang paling enak karena mirip dari soal ke soal lain, jadi beliau dapat dengan cepat menyelesaikan soal grammar karena latihan terus-menerus.

“Kok cepet ngerjainnya (soal grammar) Pak Dewa? Yes, itu adalah hasil dari pekerjaan yang berulang-ulang. Dan enaknya adalah, if I may say, kalau saya boleh berkata, soal-soal grammar itu enaknya bagi saya, it’s all repetition. Semuanya pengulangan, gitu-gitu aja dari jaman saya, gak ada yang berubah” ujar Pak Dewa, Minggu (6/12/2020).

Sedangkan untuk reading, beliau mengatakan bahwa merupakan hal yang wajar jika dalam suatu soal reading ada satu dua kata yang kita tidak tahu. Karena memang kita bukan orang yang native bahasa inggris.

“Tapi soal reading, bahkan saya sekelas penerjemah pun baca soal reading disana ada kata- kata yang saya tidak tau, dan itu normal, ya kan? Kita bukan penutur bahasa itu dan ada satu dua kata yang tidak tau, that is normal. Saran saya, jika ketemu soal reading, jangan gampang stress, at least kalian tau mana subjeknya,” lanjut Pak Dewa, Minggu (6/12/2020).

Pak Dewantoro juga mmberi saran kepada kita untuk lebih melatih pemahaman soal pemahaman kelas kata untuk menyiasati ketika ketemu soal reading. Kelas kata seperti apakah ini noun, adverb, atau adjektiva, sebab jika kita tahu kelas katanya apa, itu akan menguntungkan kita.

Baca juga: Sama-sama Tes Bahasa Inggris, Apa Bedanya TOEFL dan IELTS?

Nah, itu dia informasi mengenai Press Release Campuspedia Online English Fair 2020 dari acara Seminar TOEFL Preparation dan Scholarship Talkshow-nya! Nah, buat kamu yang kemarin ikutan dan penasaran kamu ranking berapa, terus pantengin instagram Campuspedia Edu ya!

Kamu ketinggalan dan gak sempat ikutan Online English Fair kemarin? Tenang! Masih ada event Try Out dari Campuspedia lainnya! Maka dari itu, yuk follow Campuspedia Edu supaya gak ketinggalan infonya!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Press Release Online English Fair 2020: It’s A Wrap! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR