SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Pilihan Jurusan Kuliah Berbeda dengan Orang Tua? Coba Yakinkan dengan 6 Tips Ini

Hai Campuspedia-friends!—Perihal memilih jurusan kuliah memanglah tak semudah membalikkan kedua telapak tangan ya C-friends? Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari bakat dan minat hingga prospek karir. Apalagi, jika pilihan jurusan berbeda dengan pilihan orang tua.

Seorang anak pastilah pernah berbeda pendapat dengan kedua orang tuanya, tak terkecuali soal pilihan jurusan kuliah anaknya. Sebab setiap orang tua berharap dan ingin yang terbaik bagi anaknya dan tak ingin mereka menderita.

Namun, sayangnya nih, gak jarang karena rasa sayang orang tua yang begitu besar, terkadang hal tersebut malah terkesan ‘memaksakan’ kehendak dan persepsi mereka yang dianggap benar. Tak terkecuali urusan pilihan jurusan dan bahkan kampus.

Memanglah menyoal pengalaman, orang tua tahu lebih banyak. Tapi, alangkah lebih baik juga mempertimbangkan bakat dan minat dari anaknya tersebut, karena bagaimanapun anak merekalah yang menjalaninya.

Nah, kalau kamu sedang berasa di fase kegalauan karena berbeda pendapat pilihan jurusan kuliah dengan orang tua, ada beberapa tips nih untuk meyakinkan mereka C-friends! Penasaran? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Baca juga: Mind Blowing! 7 Rekomendasi TED Talks Inspiratif Untuk Mahasiswa dan Milenial

6 Tips Yakinkan Orang Tua Ketika Pilihan Jurusan Berbeda

Kulik Informasi tentang Jurusan Pilihan

Sebelum kamu memulai diskusi dan menyuarakan isi hati kamu, cobalah untuk riset dan mencari tahu segala informasi mengenai jurusan pilihan kamu. Mulai dari apa saja yang dipelajari, prospek kerja, rekomendasi kampus, atau bahkan peluang beasiswa untuk mencapai kesana.

Sebab, segala informasi tadi, dapat memperkuat alasan kamu sewaktu nanti kamu mencoba membuka diskusi dan meyakinkan mereka. Jadi, ketika kamu telah membuka diskusi dengan orang tua kamu, sudah ada banyak hal dan faktor yang akan membuat mereka yakin.

Diskusi dengan Kepala Dingin

Pastikan kamu sudah menyiapkan diri dan dalam keadaan dingin sebelum memulai diskusi dan menyampaikan uneg-uneg kamu C-friends. lalu cobalah membuka pembicaraan dan bahas masalah pilihan jurusan ini secara perlahan.

Tetaplah berpikir terbuka dan jangan terlalu menggebu-gebu ketika menjelaskan kepada orang tua kamu. Tunjukkan segala informasi yang sudah kamu persiapkan sebelumnya untuk tambah meyakinkan mereka.

Kamu juga bisa banget nih mengambil contoh tokoh dunia favorit kamu yang juga berasal dari jurusan yang sama seperti yang kamu pilih, C-friends!

Jujur pada Diri Sendiri dan Keluarga

Ketika kamu melakukan riset kecil-kecilan dalam mencari informasi jurusan pilihan, kamu kemungkinan akan menemukan beberapa hal yang membuat kamu seakan “maju-mundur”. Disinilah kamu akan ditantang untuk jujur pada dirimu sendiri.

Apakah alasan kamu memilih jurusan tersebut sudah kuat atau masih goyah?

Sebab, terkadang kita merasa pilihan kitalah yang paling baik. Tanpa mempertimbangkan dan mengukur segala kemungkinan yang ada dengan seksama. Bahkan, juga ada kasus jika jurusan pilihan tersebut karena hasutan teman dan ikut-ikutan.

Jadi, di fase inilah kamu akan sedikit banyak tahu, apakah pilihan jurusan ini yang benar-benar kamu inginkan.

Sabar dan Jelaskan Tujuanmu

Sekali lagi, kamu harus benar-benar menyiapkan diri dan hati ya C-friends! Karena memang sebuah diskusi yang menginginkan hasil win-win solution kadang perlu lebih dari satu kali diskusi. Jadi, kamu harus tetap bersabar dan pelan-pelan terus yakinkan orang tua kamu.

Coba jelaskan tujuan kamu dengan rinci serta alasan kamu memilih jurusan tersebut. Gak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan usaha apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, atau bisa juga korelasikan dengan cita-cita terbesarmu.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa coba jelaskan pro dan kontra ketika kamu memaksakan diri untuk menuruti pilihan jurusan dari orang tua kamu.

Gabung Komunitas yang Relevan dengan Jurusan

Kalau memang jurusan pilihan kamu ada banyak komunitas atau organisasi yang relevan, kamu juga bisa loh coba gabung di organisasi tersebut, C-friends! Apalagi jika ada suatu hasil pekerjaan atau bahkan ‘karya’ dari mengikuti organisasi tersebut.

Tunjukkan pada orang tua bahwa kamu sungguh-sungguh, punya niat, usaha, dan konsisten dalam melakukan pekerjaan yang memang relevan dengan jurusan pilihan kamu. Dengan ini, harapannya orang tua kamu akan dapat melihat kesungguhanmu dan sudah ada bukti yang mendukung soal jurusan pilihan kamu.

Perhatikan Timing, Lokasi, dan Suasana Hati

Tips yang terakhir ini sering terlewatkan, padahal akan sangat berpengaruh loh C-friends! Yaitu dengan memperhatikan dan mempertimbangkan timing, lokasi, dan suasana hati orang tua sebelum membuka diskusi.

Pilihlah lokasi dan timing atau kondisi yang nyaman dan mendukung kamu untuk membuka diskusi. Perhatikan juga apakah suasana hati mereka sedang baik C-friends! Sebab suasana hati bisa mempengaruhi penilaian, pemikiran, dan keputusan yang akan dibuat.

Pertimbangkan juga estimasi waktunya, jangan sampai kamu mengajak diskusi orang tua tentang jurusan ini ketika waktu untuk pendaftaran perguruan tingginya sudah mepet.

Hindari juga membuka diskusi ketika orang tua kamu baru saja pulang kerja atau baru saja ada kejadian yang kurang mengenakkan dan membuat mood mereka buruk.

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini 8 Alasan Penting Menguasai Bahasa Asing!

Nah, itu dia C-friends 6 Tips Yakinkan Orang Tua Ketika Pilihan Jurusan Berbeda dengan Pilihanmu.

Bersabarlah dan percayalah bahwa sesungguhnya orang tuamu hanya ingin yang terbaik bagi anaknya, tanpa ada niat apapun. Tetap hormati mereka dan jalankan keputusan akhirmu nantinya dengan serius dan bertanggung jawab. Semangat!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Pilihan Jurusan Kuliah Berbeda dengan Orang Tua? Coba Yakinkan dengan 6 Tips Ini appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR