Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Perbedaan UI UX dalam Aspek Penerapan

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Sobat Minca, pasti udah sering mendengar istilah UI UX di dalam dunia digital marketing, kan? Tapi kamu tahu nggak sih kalo si dua anak yang sering beriringan ini berbeda fungsi Daripada penasaran, yuk kita bahas pengertian dan perbedaan UI UX!

Apa itu UI UX

UI UX adalah singkatan dari user interface dan user experience. 

User experience (UX) merupakan proses desain produk yang disesuaikan dengan pengalaman (experience) pengguna. Dengan penyesuaian seperti ini, kamu sebagai pencipta produk bisa memperkenalkan sebuah alat yang multi guna sesuai dengan kebutuhan dan keingina pengguna.

Dengan desain UX yang baik, produk akan semakin memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna. Artinya kamu harus menempatkan dirimu pada pelanggan yang ingin kemudahan dan kenyamanan ketika menggunakan produk. 

Pastinya kamu sendiri pun tidak mau ribet-ribet ketika menggunakan suatu produk, bukan?

Ada pun desain UX yang memiliki beberapa komponen, berupa struktur desain, tampilan visual, navigasi yang mudah, dan seluruh materi yang langsung bersinggungan dengan pengguna. 

Selain dari aspek desain, UX juga mencakupi aspek penulisan dan branding, seperti copywriting yang sesuai dengan target pengguna.

Beralih ke UI, yang mana singkatan dari user interface. Jika UX mengedepankan fungsi praktis, maka UI mengambil alih fungsi estetis dalam sebuah produk.

Tapi tentu saja nilai estetis yang digunakan harus mudah dan memberi pengalaman yang nyaman bagi pengguna. 

Komponen aspek dalam desain UI antara lain berada pada tipografi, ikon, simbol, tombol, tema, animasi, dan visual lainnya yang membuat tampilan menjadi enak dilihat.

Perbedaan UI UX

Nah setelah memahami pengertian dasar perihal apa itu UI UX, sekarang kita masuk dalam pembahasan perihal perbedaan UI UX.

1. Penerapan

Desain UI UX tidak jauh dari bagaimana caranya agar pengguna bisa menikmati sebuah produk. Namun ada beberapa perbedaan UI UX dalam aspek penerapan.

Aplikasi UI lebih fokus pada nilai visual, UI yang mengatur bagaimana sebuah produk bisa memberikan kesan yang menjual dan menarik dari penglihatan. Desain UI juga harus menonjolkan tampilan produk agar terkesan cantik dan indah.

Sementara desain UX memberikan pengalaman yang nyaman dan mudah ketika menggunakannya.

Sebagai contoh sederhana, kamu melihat sebuah botol minum dengan struktur botol yang bagus dan warna yang menarik. Ini adalah tugas desain UI untuk menarik perhatian pengguna ketika melihatnya. 

Dan setelah kamu cek, ternyata tutup botol menggunakan jenis tutup flip top dengan karet sehingga tidak mudah tumpah, dan badan botol yang berbentuk jam pasir pun mempermudahmu menggenggamnya, sehingga tidak mudah jatuh ketika hanya digenggam dengan satu tangan.

Fungsi dan bagian botol ini merupakan tugas desain UX yang berfokus pada pengalaman dari pengguna.

2. Komponen desain UI UX

Perbedaan UI UX selanjutnya ada pada komponen pembangun desain UI UX.

Desain UI lebih mementingkan pada tampilan semata, apakah warnanya senada, bagaimana animasinya, apakah gambarnya cocok dengan tema produk, lalu huruf yang digunakan apakah bisa dikolaborasikan dengan tema yang tersedia.

Sementara desain UX meliputi fitur produk, seperti desain yang mudah, navigasi yang sederhana, fitur yang berguna dan tidak mengalamu kendala, judul yang mudah dipahami, hingga branding yang menarik dan bisa dimengerti.

3. Skill yang dibutuhkan

Dalam proses pembangunan desain UI UX ada juga skill yang berbeda antara keduanya. Inilah salah satu perbedaan UI UX yang mungkin paling bisa diidentifikasi.

Banyak lowongan yang memisahkan antara pekerjaan UI dan UX, karena pada dasarnya kedua profesi ini tidak sama dan membutuhkan dua orang dengan dua kemampuan yang berbeda untuk berkolaborasi. 

Skill yang dibutuhkan untuk merancang desain UI lebih berfokus design branding, creative thinking, dan desain grafis. 

Sementara desain UX membutuhkan skill untuk riset, kemampuan menganalisis, kemampuan berpikir kritis, dan kreatif, serta mampu menyelesaikan masalah.

Fungsi UI UX

Secara keseluruhan, desain UI UX berfungsi untuk mempercantik sebuah produk digital, seperti website atau aplikasi.

Tentunya ketika kamu membuat sebuah aplikasi kamu harus menentukan dulu seperti apa temanya, warna yang diinginkan, desain layout dan animasinya, namun juga dengan kenyamanan pengguna. 

Gimana Sobat Minca? Sudah memahami, kan apa itu UI UX, perbedaan UI UX, dan desain UI UX? Sekarang yuk mari kita aplikasikan!

The post Perbedaan UI UX dalam Aspek Penerapan appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar