Info Kampus
Selasa, 27 Jul 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Penyebab Gagal Lolos Seleksi Internship Campuspedia, Jangan Ulangi 6 Kesalahan Ini!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo Campuspedia Friends! Rangkaian proses rekrutmen Internship Campuspedia 2021 Vol. 3 telah mencapai tahap terakhir. Dari ribuan peserta yang mengisi formulir, hanya puluhan peserta yang dinyatakan lolos seleksi final.

Para peserta yang dinyatakan lolos seleksi telah diumumkan via email pada Minggu, 18 Juli 2021. Untuk kamu yang berhasil lolos, selamat ya! Perhatikan ketentuan selanjutnya sebelum program internship dimulai.

Bagi Campuspedia Friends yang belum berhasil lolos, jangan berkecil hati. Umumnya, peserta yang gagal lolos memiliki kesalahan yang sama. Kesalahan tersebut cenderung kesalahan umum yang justru bersifat fatal.

Namun tenang saja, Friends. Kegagalanmu di hari ini bukanlah segalanya. Kegagalan tersebut dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk kedepannya. Learning from the past adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. 

Baca Juga: Tips Lolos Seleksi Berkas: Kamu Wajib Tahu Ini Saat Membuat CV!

CV Tidak Menarik

Kesalahan paling umum terjadi adalah CV yang tidak menarik. CV dapat dikatakan sebagai tiket utama para pendaftar saat melamar internship. Terlepas dari desain CV-mu, seharusnya CV yang dikirim memuat seluruh “peluru” yang kamu punya. 

Tidak sedikit dari para pelamar mengirimkan CV yang tidak lengkap. Informasi yang ditulis justru bertele-tele dan tidak memuat poin-poin yang dicari oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, para pendaftar perlu memahami kriteria yang dicari oleh perusahaan kemudian sesuaikan CV-mu dengan kriteria tersebut. 

Khusus untuk program Internship Campuspedia, para pendaftar telah dibekali dengan handbook yang berisikan kriteria untuk setiap divisi. Handbook tersebut dapat dijadikan patokan untuk menulis CV

Tidak Ada Portofolio

Meskipun Campuspedia tidak mewajibkan portofolio, alangkah baiknya pendaftar tetap mengunggah portofolio di borang pendaftaran. Terlebih untuk pendaftar pada divisi yang bersifat teknis dan kreatif.

Hal ini dikarenakan pihak perusahaan butuh gambaran lebih tentang diri kamu. Melalui portofolio, perusahaan akan melihat bagaimana hasil kerja yang telah kamu lakukan. Portofolio yang lengkap, menarik, dan sesuai dengan kriteria divisi yang dilamar akan menambah nilai kamu dibandingkan pendaftar yang lain.

Assignment Ala Kadarnya

Salah satu tahap dalam proses rekrutmen Internship Campuspedia adalah Tahap Assignment. Pada tahap ini, kesalahan yang banyak dilakukan oleh pendaftar adalah mengirimkan hasil penugasan yang tidak maksimal.

Kesalahan utama terletak pada ketidak sesuaian jawaban dengan perintah soal. Banyak pendaftar yang tidak menjawab keseluruhan poin yang diperintahkan. Selain itu, jawaban yang diberikan juga ala kadarnya. 

Meskipun assignment yang diberikan cukup sulit, sebaiknya kamu tetap memberikan usaha paling maksimal. Pahami perintah soal dan lakukan riset sebelum menjawab, karena jawaban dari Tahap Assignment sangat mempengaruhi skor penilaian.

Baca Juga: Lolos Tahap Penugasan Internship Campuspedia Vol. 3? Berikut Tips Jitu Taklukan Interview!

Tidak Antusias Saat Interview

Tahap Interview merupakan tahap terakhir dari rangkaian rekrutmen Internship Campuspedia. Tahap ini juga sekaligus menjadi tahap penentu kelulusan. Interview bertujuan untuk menilai kelayakan para pendaftar secara komunikasi dua arah. Sehingga pendaftar harus bisa menyampaikan seluruh kemampuan yang dimiliki.

Berdasarkan proses interview pada seleksi Internship Campuspedia 2021 Vol. 3, kesalahan utama pendaftar adalah tidak antusias selama proses interview berlangsung. Antusiasme ini dapat dilihat dari bagaimana cara pendaftar menjawab pertanyaan interviewer. Pendaftar yang tidak fokus dan tidak semangat secara otomatis akan mendapat catatan buruk.

Tidak Mengenal Divisi yang Dilamar

Saat interview, pendaftar akan mendapatkan pertanyaan khusus seputar divisi yang dilamar. Pertanyaan ini bertujuan untuk menguji pengetahuan para pendaftar. Mulai dari pertanyaan terkait teori, teknis, dan skill-skill khusus yang berkaitan dengan divisi tersebut.

Sayangnya, banyak pendaftar yang belum terlalu kenal dengan divisi yang ia lamar. Ketika mendapatkan pertanyaan khusus, pendaftar justru bingung dan tidak tahu menjawab apa. Hal ini membuat nilai pendaftar akan turun drastis.

Skill Belum Memadai

Poin utama yang dicari oleh Campuspedia adalah pendaftar dengan skill yang mumpuni. Skill para pendaftar tersebut dilihat dari seluruh tahapan rekrutmen, mulai dari CV dan portofolio di Tahap Seleksi Berkas. 

Skill tersebut dibuktikan dengan hasil jawaban di Tahap Assignment. Kemudian dipertanggungjawabkan dan dieksplor lebih jauh di Tahap Interview. Jika skill yang dimiliki pendaftar belum memadai, kesempatan untuk lolos akan semakin kecil. Solusinya, latih dan kembangkan lagi skill yang kamu punya.

Baca Juga: Lolos Sampai Tahap Interview Internship Campuspedia Vol.3? 4 Orang Ini yang Akan Mewawancarai Kalian!

Enam kesalahan di atas sering ditemukan selama proses rekrutmen Internship Campuspedia 2021 Vol. 3. Jika ingin mendaftar Internship Campuspedia pada batch selanjutnya, jangan ulangi enam kesalahan tersebut ya, Friends!

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, YouTube, dan Official Line.

The post Penyebab Gagal Lolos Seleksi Internship Campuspedia, Jangan Ulangi 6 Kesalahan Ini! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar