SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Penunjang Karir, Ini 7 Manfaat Jadi Volunteer!

Hai Campuspedia-friends!—Dalam mempersiapkan karir kamu nanti, pastinya kamu sudah tidak asing lagi bahwa alangkah lebih baik jika kita sudah mempunyai banyak pengalaman sebelumnya. Namun, bentuk pengalamannya sendiri tak hanya pekerjaan saja, bisa dari organisasi, crew event, atau bahkan volunteer.

Volunteer atau relawan adalah seseorang yang melakukan sesuatu dengan sukarela, tidak dibayar, dan biasanya untuk tujuan tertentu, misalnya kemanusiaan, lingkungan, sosial, dan pendidikan.

Loh kok tidak dibayar?

Menurut Rotaract Club D3400, sebuah organisasi yang kegiatannya fokus pada pengembangan kaum muda, para volunteer atau relawannya tidak dibayar bukan berarti karena tidak berharga, tetapi justru karena apa yang mereka lakukan tidak dapat dinilai secara materi.

Dan sudah banyak banget lembaga ataupun organisasi yang memang mengumpulkan atau mencari volunteer untuk pelaksanaan event mereka yang bisa kamu ikutin C-friends! Yang akrab di telinga baru-baru ini misalnya, soal Kemendikbud yang mencari Relawan Penggerak.

Baca juga: Filosofi Kaizen: Teknik Lawan Malas Ala Jepang

Nah, terus kenapa ya jadi volunteer itu akan bermanfaat bahkan menjadi penunjang karir? Yuk kita bahas lebih lanjut!

7 Manfaat Jadi Volunter atau Relawan

1. Pengalaman Belajar Hal Baru

Dalam kegiatan volunteer, kamu akan bertemu dengan banyak orang-orang baru dengan latar belakang pendidikan serta pengalaman yang berbeda-beda, sehingga kamu bisa berbagi dan belajar dari orang-orang tersebut.

Selain itu, kamu juga akan menemui banyak hal baru yang mungkin sebelumnya kamu menganggap kecil hal tersebut, namun setelah menjadi volunteer kamu bisa tahu makna yang lebih berharga dibalik itu.

Misalnya, kamu menjadi lebih menghargai makanan dan tidak membuang-buangnya setlah menjadi volunteer di daerah terpencil 3T atau di sebuah posko pengungsian. Atau, yang dulunya kamu biasa-biasa saja dnegan anak-anak jalanan terlantar, setelah kamu jadi volunteer pendidikan dan mengajar anak-anak tersebut, kamu menemukan sudut pandang baru.

Nah, semakin luas wawasan dan pengalaman kamu, tentu juga akan sangat berpengaruh nantinya di dunia kerja. Entah itu dari cara berkomunikasi, bersikap, atau melihat dari banyak sudut pandang, yang akhirnya akan membuka peluang lebih besar untuk naik ke jenjang karir berikutnya.

2. Mampu Bekerja dengan Tim

Dalam kegiatan volunteer, tentunya kamu akan bekerja sama sebagai tim nih C-friends. nah, kalau kamu sudah terbiasa untuk bekerja sebagai tim secara tidak langsung juga akan mengasah skill kamu dan seberapa siap kamu untuk ditempatkan pada suatu tim nanti di dunia kerja.

Kamu juga akan lebih mudah beradaptasi dan menciptakan suasana tim yang kolaboratif sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dan memuaskan.

3. First Impression di CV

Nah, ketika kamu memasukkan pengalaman volunteer kamu dalam CV, ternyata bisa jadi poin plus loh C-friends!

Dari kacamata HRD, seseorang yang pernah melakukan atau terlibat dalam suatu kegiatan volunteer akan dinilai sebagai orang yang suka membantu orang lain, bahkan tanpa pamrih. Maka dari itu, memasukkan pengalaman volunteer dalam CV ini termasuk hal yang penting C-friends.

4. Mengasah Skill Problem Solving

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, seseorang yang terbiasa menjadi volunteer akan terbiasa untuk tak segan menolong orang lain bahkan untuk menyelesaikan suatu masalah. Dari sini secara tidak langsung kemampuan problem solving kamu juga akan terasah, C-friends!

Hal ini tentu saja juga sangat berguna ketika kamu di dunia kerja, sebab kamu akan jadi pribadi yang ringan tangan dan tak segan untuk berbagi serta mengungkapkan pandangan kamu mengenai pemecahan suatu masalah. Dari sini kamu juga sangat berpeluang untuk menjadi pemimpin loh!

5. Terbiasa Bekerja Cepat dan Cekatan

Dalam kegiatan volunteer, tentunya selain bekerja sebagai tim, kamu juga punya tugas-tugas tersendiri yang harus diselesaikan bahkan dengan waktu yang singkat. Awalnya pasti terdengar susah ya C-friends? Namun, setelah menjalankannya kamu akan semakin terbiasa untuk bekerja dengan cepat.

Di dunia kerja nanti kamu juga tanpa sadar akan menerapkannya dan langsung menyelesaikan semua pekerjaan tanpa ada yang harus ditunda dan mengulur waktu. Kamu akan punya waktu senggang lebih banyak yang bisa kamu manfaatkan untuk hal lainnya.

6. Terbiasa Bekerja Keras

Menjadi volunteer, selain kamu terbiasa bekerja dengan cepat, tentu saja ini juga sejalan dengan kamu akan terbiasa untuk bekerja keras, bahkan tanpa pamrih.

Hal tersebut akan bermanfaat ketika kamu di dunia kerja nanti, sebab kamu akan lebih menghargai setiap pekerjaan dan menjalankannya dengan sepenuh hati. Pekerjaan yang dikerjakan dengan baik dan tak asal-asalan pasti akan membuahkan hasil yang baik pula. Bahkan terkadang juga mendapat bonus berupa apresiasi dan reward.

7. Memperluas Relasi

 

Nah, seperti yang sudah disinggung di poin pertama, dalam kegiatan volunteer kamu akan banyak bertemu dengan orang-orang baru dengan pendidikan serta pengalaman yang berbeda-beda. Selain saling berbagi dan belajar dari orang-orang tersebut, kamu juga pastinya dapat membangun relasi yang baik dengan mereka.

Dan tidak hanya berbeda pendidikan atau jurusan, kamu juga akan menemui orang-orang yang asal daerahnya juga berbeda-beda pula, inilah yang akan semakin memperluas relasi kamu. Selain itu, ketika kamu ingin berdiskusi lebih dalam mengenai campgain, volunteering, dan sebagainya, kamu sudah tidak pusing lagi karena teman-teman  volunteer itulah yang akan menjadi teman diskusi kamu.

Baca juga: Paling Dicari Perusahaan, Ini 6 Skill Leadership Yang Wajib Punya!

Nah itu dia 7 Manfaat Menjadi Volunteer sebagai Penunjang Karir yang wajib kamu tahu karena akan sangat bermanfaat bagi kamu C-friends! Gimana nih? Tertarik menjadi seorang volunteer?

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post Penunjang Karir, Ini 7 Manfaat Jadi Volunteer! appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR