Info Kampus
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Usai, Ini Jadwal Selanjutnya

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Pendaftaran seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) atau CASN telah berakhir kemarin, Senin (26/7/2021) pukul 23.50 WIB. Dilansir dari akun Facebook resmi milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) kemarin, hingga pukul 15.35 WIB, jumlah pendaftar CPNS yang terdiri dari PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) telah mencapai 4.112.722 orang, sedangkan yang sudah menyelesaikan pendaftaran mencapai 3.388.953 orang. Admin BKN juga merilis daftar 10 instansi dengan pelamar terbanyak. Instansi dengan pelamar terbanyak yang pertama adalah Kementerian Hukum dan HAM. Selanjutnya secara berurutan diikuti oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kejaksaan Agung, Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Badan Pemeriksa Keuangan. 

Baca juga: Penempatan Wilayah CPNS: Penjelasan, Alasan, & Sistem

Setelah proses pendaftaran ini, tahap berikutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasi. Lalu, kapan kah hasil seleksi administrasi tersebut diumumkan? Seperti yang sudah diketahui, Badan Kepegawaian Negara telah melakukan penyesuaian jadwal seleksi CPNS setelah sebelumnya ada perpanjangan masa pendaftaran. Perpanjangan ini dilakukan sebagai bentuk pemberian kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengikuti seleksi calon PNS atau ASN tahun 2021 ini. 

Berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021, disebutkan jika pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Agustus mendatang. Pengumuman hasil administrasi tersebut nantinya dapat dilihat di akun SSCASN milik masing-masing pendaftar. Ada pula ketentuan untuk masa sanggah yang akan diadakan selama tiga hari mulai tanggal 4-6 Agustus serta masa jawab sanggah yang dilakukan pada 4-13 Agustus 2021. Kemudian, untuk pengumuman pasca masa sanggah, yaitu pada 15 Agustus 2021.

Baca juga: Cara Memilih Lokasi Tes SKB yang Tepat, Pejuang CPNS 2021 Harus Tahu!

Menurut keterangan yang disampaikan di laman resmi sscasn.bkn.go.id, masa sanggah adalah waktu pengajuan yang diberikan kepada pelamar sebagai bentuk sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi serta waktu tanggapan sanggah oleh instansi terkait untuk melakukan verifikasi ulang mengenai kesesuaian persyaratan khusus dan umum yang telah ditetapkan oleh instansi tersebut dengan dokumen persyaratan yang diajukan pelamar hingga penetapan keputusan sanggah.

Berikut Rincian Jadwal Seleksi CPNS 2021: 

  • Pengumuman Seleksi CPNS: 30 Juni sampai 14 Juli 2021
  • Pendaftaran Seleksi CPNS: 30 Juni sampai 26 Juli 2021
  • Pengumuman Seleksi Administrasi: 2 hingga 3 Agustus 2021
  • Masa Sanggah: 4 hingga 6 Agustus 2021
  • Jawab Sanggah: 4 sampai 13 Agustus 2021
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 15 Agustus 2021

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Banyak Melahirkan Para CPNS

Untuk tahapan seleksi CPNS selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tahapan ini nantinya akan dijadwalkan lebih lanjut  menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait pandemi Covid-19. 

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Pendaftaran Seleksi CPNS 2021 Usai, Ini Jadwal Selanjutnya appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar