Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Pekerjaan Social Media Specialist, Nggak Cuma Upload Konten

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Di era digital ini kamu sadar nggak sih kalau kehidupan kita sehari-hari tidak lepas dari penggunaan media sosial. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, mulai dari mencari informasi, media berkomunikasi, hingga bisnis online bisa dilakukan lewat media sosial. Nah, berbicara mengenai bisnis, promosi yang dilakukan lewat media sosial terbukti efektif untuk branding dan memperluas promosi produk loh. Hal ini terjadi karena social media menjadi sarana penyampaian informasi yang mudah kepada target audience.

Untuk itu dalam mengelola konten, sebuah perusahaan membutuhkan seorang Social Media Specialist dalam menciptakan konten kreatif untuk sebuah produk. Tapi apa sih sebenarnya Social Media Specialist ini? Apa saja job desk dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk menggeluti profesi ini? Nah, buat kamu yang tertarik berkarir sebagai Sosial Media Spesialis, simak ulasan berikut yuk! 

Pengertian Social Media Specialist

pengertian social media specialist
photo by pixabay

Social Media Specialist adalah sebuah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab dalam merencanakan dan membuat strategi konten digital yang menarik dan kreatif di berbagai platform media sosial milik sebuah perusahaan. Tujuan pembuatan konten oleh Sosial Media Spesialis adalah untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat marketing, meningkatkan engagement, serta mendorong penjualan produk. 

Seorang Sosial Media Spesialis tidak hanya membuat konten untuk satu media sosial saja loh, tetapi juga ke beberapa media sosial milik perusahaan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus bisa menyesuaikan konten yang sama untuk digunakan ke setiap jenis social media yang berbeda. 

Mengapa harus begitu sih Minca? Jadi, hal tersebut perlu dilakukan sebab karakteristik setiap sosmed itu berbeda-beda. Misalnya, konten untuk twitter yang umumnya berupa tulisan tweet tidak bisa diaplikasikan begitu saja ke Instagram, begitu pula sebaliknya. Untuk itu, penyesuaian konten wajib dilakukan. 

Dalam melaksanakan pekerjaannya, seorang Social Media Specialist bekerja sama dengan tim digital marketing untuk melakukan brainstorming ide konten dan berdiskusi bagaimana strategi social media marketing bisa efektif bekerja di socmed. Selain itu, hasil pekerjaan Media Sosial Spesialis akan dipertanggungjawabkan pada seorang Social Media Manager. 

Job Desk Social Media Specialist

Job desk social media specialist
photo by ready made

Setelah mengetahui apa itu pekerjaan Social Media Specialist, sekarang saatnya kita bahas tentang job description-nya. Berikut ini tugas Social Media Specialist:

  1. Membuat rencana dan menciptakan konten yang mempunyai value berdasarkan riset mendalam meliputi target audience yang jelas serta platform sosmed yang tepat.
  2. Menciptakan, menyunting, dan mempublikasikan konten relevan bagi target audience serta mendorong mereka agar tertarik melakukan pembelian.
  3. Membuat schedule posting konten
  4. Melakukan optimasi social media untuk meningkatkan ketertarikan konsumen.
  5. Menggunakan tools analitik seperti Facebook Insights, Google Analytics, atau Hootsuite Pro.
  6. Meningkatkan engagement melalui komunikasi dengan followers social media.
  7. Melakukan komunikasi dengan tim desain untuk membuat visual konten.
  8. Memahami dan update terhadap perkembangan trend di media sosial agar konten yang dibuat selalu up to date.
  9. Menyiapkan laporan perkembangan social media setup bulan.
  10. Mengembangkan dan mengatur program bersama influencer, serta datang ke berbagai event.

Kualifikasi Profesi Social Media Specialist

kualifikasi pekerjaan social media specialist
gustavo

Selain harus melek teknologi dan memahami berbagai macam social media yang ada, seorang Media Sosial Spesialis juga harus memiliki kualifikasi lain, sebagai berikut:

1. Kemampuan Komunikasi

Meskipun bekerja dibalik layar, profesi juga perlu memiliki skill komunikasi yang baik loh. Karena, kamu harus bisa membangun kedekatan melalui komunikasi virtual tanpa tatap muka dengan para followers. Untuk itu, kemampuan komunikasi seperti menulis, editing, storytelling, presentasi, dan SEO jadi sebuah keharusan.

2. Social Media Fluency

Menjadi Sosial Media Spesialis, artinya kamu harus memiliki minat yang tinggi dalam menggunakan sosial media. Karena, kamu juga harus mengetahui berbagai jenis sosmed yang sering dipakai target audience. Selain itu, kamu juga harus peka dengan tren atau topik yang sedang ramai dibicarakan di jagad maya.

3. Paham Tools yang Digunakan

Untuk memudahkan pekerjaan, terdapat banyak tools yang biasa digunakan. Seperti misalnya, Hootsuite, Google Analytics, Facebook Insight, dan Instagram Insight. Dengan tools tersebut, kamu bisa membantu memantau perkembangan sosmed yang dikelola.

4. Skill Komputer dan Desain

Kualifikasi selanjutnya adalah memiliki kemampuan komputer dan desain. Seorang Sosial Media Spesialis harus memiliki pemahaman terhadap penggunaan Blog atau WordPress. Selain itu, juga perlu memiliki selera visual desain yang baik untuk menyesuaikan dengan kelayakan desain yang akan diposting bersama konten.

5. Kemampuan Berpikir Cepat

Selain harus peka terhadap tren, Social Media Specialist juga harus punya kemampuan berpikir cepat dalam mengaplikasikan tren tersebut secara relevan dengan value perusahaan. Karena, setiap harinya ada saja fenomena baru atau tren media sosial yang muncul dengan cepat. Untuk itu, jangan sampai konten yang dibuat out of date sehingga jadi monoton.

6. Manajemen waktu

Kualifikasi yang tak kalah penting adalah kemampuan memanajemen waktu. Seorang Social Media Specialist harus bisa mengatur jadwal posting konten, revisi konten dan desain, serta editing. Segala kegiatan tersebut harus berjalan sesuai schedule yang sudah ditentukan sebelumnya. Oleh karena itu, harus pandai mengatur waktu dan memprioritaskan pekerjaan mana dulu yang harus diselesaikan. 

Jenjang Karir Social Media Specialist

Seiring perkembangan dunia digital, pekerjaan Social Media Specialist akan terus dibutuhkan. Jenjang karirnya juga terbilang cukup menjanjikan loh. Seorang Sosial Media Spesialis bisa menjadi Social Media Manager. Selain itu, karena cakupan profesi ini luas maka kamu juga bisa masuk ke bidang Social Media Marketing dan menjadi Content Producer atau bahkan terlibat dalam bidang SEO. 

Nah, itulah ulasan lengkap seputar pekerjaan Social Media Specialist. Informasi di atas bisa menjadi panduan untuk kamu yang ingin berkarir menjadi seorang Media Sosial Spesialis loh Campuspedia Friends. Jadi, terus belajar dan tingkatkan skill kamu ya! 

Baca juga: Mengenal Pekerjaan Key Opinion Leader (KOL) Dalam Marketing

Baca juga: Wajib Tahu! 6 Tools Social Media yang Bisa Bantu Promosi Produk Kamu!

The post Pekerjaan Social Media Specialist, Nggak Cuma Upload Konten appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar