SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Organisasi, Magang, Volunteering: Mana yang Lebih Penting untuk CV? 

Organisasi, magang, dan volunteering – Hallo campuspedia friends!! Semakin dewasa rasanya hidup seperti perlombaan. Tidak sedikit mahasiswa yang terkadang merasa insecure dengan lingkungan sekitarnya. Mulai dari teman-teman yang berkembang dan aktif dalam organisasi, mereka yang rajin mengikuti kegiatan volunteering, hingga mereka yang memilih magang di perusahaan. 

Bahkan dari sejumlah kegiatan tersebut, banyak mahasiswa yang akhirnya ditawari untuk bekerja. Tentu saja hal ini akan sangat berguna untuk mempercantik CV kamu. Dengan memiliki pengalaman bekerja, untuk mencari pekerjaan selanjutnya akan lebih mudah. 

Namun jika harus memilih salah satu antara organisasi, magang, atau volunteering, kamu mau memilih yang mana? Kalau kamu menimbang yang lebih bagus untuk CV, kira-kira mana yang kamu utamakan? 

Nah ternyata masih banyak yang belum mengetahui pentingnya ketiga hal tersebut. Akan tetapi, haruskan mengambil semuanya? 

Selama Kuliah Kamu Minat pada Organisasi, Magang, atau Volunteering? 

Ketika menginjak bangku perkuliahan, kegiatan apa saja yang kamu rancang? Apakah ketika semester awal kamu telah menentukan ingin mengikuti organisasi apa? Atau kamu cenderung spontan mengikuti kegiatan volunteering karena info yang beredar terdengar cukup seru? 

Atau justru kamu lebih memilih fokus pada akademik? Baru ketika nanti semester atas kamu akhirnya mengambil magang? Semua hal itu memang terdengar menarik di mata mahasiswa. Apalagi karena perlombaan “teman lain lebih berkembang” kamu cenderung ingin melakukan semua yang kamu mau. 

Hal tersebut memang wajar. Yang namanya mahasiswa tentu tidak ingin biasa saja. Kamu tentu ingin berkembang atau sekadar mencari kesibukan bukan? Namun jangan khawatir jika kamu belum memilih satu kegiatan pun.  

Selangkah lebih maju untuk membaca informasi berikut kamu sudah hebat lho! Artinya kamu mau berkembang. 

Beragam Minat Mahasiswa dalam Mengembangkan Dirinya

Secara umum, tiga kegiatan sebagai pengembangan diri mahasiswa adalah organisasi, magang, dan volunteering. Istilah ini cukup familiar. Namun kalau diminta memilih, mana yang lebih dulu kamu pilih? 

Organisasi: Pengertian, Manfaat, dan Alasan Kamu Harus Mengikutinya 

Organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki visi misi untuk mencapai tujuan bersama. Biasanya organisasi bergerak sesuai bidangnya masing-masing. Entah itu keagamaan, sosial, politik, dan sebagainya. Namun secara umum kita mengenal BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai organisasi terbesar di kampus. 

Di kalangan mahasiswa ormawa (organisasi mahasiswa) cukup banyak diincar. Mengikuti organisasi menunjukkan kepedulian kita untuk berkontribusi terhadap kampus. Sebagai kaum intelektual, organisasi dirasa sangat relevan dalam mengembangkan diri menjadi mahasiswa yang aktif. 

Baca juga: 6 Pertanyaan Klise yang Biasa Ditanyakan di Interview Organisasi

  • Mengenal dunia kampus lebih luas 

Siapa yang paling mengenal kampus kalau bukan anak organisasi? Minimal ketika mengikuti organisasi, kamu pasti akan kenal dengan bidang dalam organisasi tersebut. Misalnya bergabung dengan organisasi jurusan membuatmu mengenal seluruh informasi tentang jurusanmu. 

Nah apalagi jika kamu mengikuti BEM, seluruh penjuru kampus sangat mungkin kamu kenal secara luas.  

  • Melatih kemampuan public speaking 

Manfaat ini jelas akan kamu dapatkan. Melalui kegiatan organisasi, kamu pasti berhubungan dengan banyak orang. Alhasil hal ini menuntutmu untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Lambat lain, kamu pun akan terbiasa dan lancar dalam hal public speaking. 

  • Siap membina mental 

Organisasi bukan hanya soal rancangan kegiatan saja. Melainkan juga tentang bagaimana realisasinya. Nah dalam proses tersebut mental kamu akan banyak ditempa. Kamu harus sabar dan siap menjalani konsekuensinya. 

Meskipun demikian, organisasi akan membentukmu menjadi orang yang kuat. Selain itu, kamu memiliki kemampuan problem solving yang andal. Menarik bukan? 

  • Beragam Manfaat Lain Bisa Kamu Dapatkan 

Selain ketiga hal tersebut, masih banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari organisasi. Mulai dari memperluas pergaulan, melatih jiwa kepemimpinan, belajar manajemen waktu, menambah relasi, sampai dengan membentuk kemampuan berpikir yang benar. 

Baca juga: Mahasiswa Baru? Yuk Simak 8+ Organisasi yang Bisa Kamu Ikuti!

Organisasi atau Magang? Kenali Terlebih Dahulu Kelebihan Mengikuti Magang 

Menurut kamus internasional (The International Volunteer Dictectory), magang adalah suatu kegiatan yang berguna untuk mengasah kemampuan secara profesional. Istilah ini memang lebih akrab dalam dunia kerja. 

Tidak sedikit mahasiswa yang tertarik mengikuti magang. Sejumlah alasan kamu mengikuti magang sejalan dengan manfaat yang ingin kamu dapatkan. Nah berikut ini manfaat yang didapat seorang mahasiswa ketika mengikuti magang. 

  • Memahami dunia kerja 

Oleh karena magang ini lebih akrab dengan dunia kerja, tentu saja kamu akan memahami proses dari dunia kerja itu sendiri. Dunia kerja pasti berbeda dengan lingkungan kuliah. Kamu akan mendapat rekan kerja dengan beragam karakter. 

Dengan mengikuti magang, kamu bisa merasakan bagaimana dunia kerja secara langsung. Sepanjang berjalannya magang, kamu pun sudah terbiasa dengan ritme bekerja di bawah tekanan. 

  • Membuka peluang menjadi pegawai tetap 

Mengikuti magang membuatmu memiliki peluang untuk menjadi pekerja tetap. Biasanya ketika akhir periode magang, HRD akan menawarkan posisi pekerja tetap untukmu. Tentu saja hal ini didukung dengan kualifikasi dan kinerjamu selama ini. 

Nah ini yang bisa dicantumkan dalam CV. Memiliki pengalaman magang memberi arti kamu pernah memiliki pengalaman bekerja sesungguhnya. 

  • Magang melatih kemampuan dan keterampilanmu 

Dalam proses pelatihan kerja (magang), kamu akan banyak dilatih mengenai keterampilan di bidang magangmu. Hal ini berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabmu di tempat magang. Pihak perusahaan tentu saja membekali dirimu agar mampu menyelesaikan tugas tersebut. 

Karena hal itulah kamu akhirnya memiliki kompetensi sekelas pekerja dalam perusahaan. Kamu hebat! 

  • Manfaat magang lainnya 

Selain sejumlah manfaat yang disebutkan di atas, kamu pun akan memiliki relasi yang luas di tempat magang. Kamu pun berpotensi memiliki penghasilan dari magang tersebut. Nah manfaat-manfaat tersebut sudah sangat komplit dan meyakinkanmu bukan? 

Baca juga: Ini 5 Alasan Penting Ikut Magang Online di Perusahaan Startup Bagi Mahasiswa Kala Pandemi

Daripada Organisasi atau Magang, Benarkah Volunteering Lebih Ringan? 

Dibandingkan organisasi atau magang, seleksi volunteering memang lebih ringan. Sekadar informasi, volunteer dapat diartikan sebagai sukarelawan. Mereka merupakan orang yang dengan sukarela (tanpa bayaran) mengikuti kegiatan tertentu. 

Volunteer bisa disebut panggilan kemanusiaan. Sebab, kamu melakukannya atas dasar keinginan sendiri dan untuk membantu orang lain. Meskipun terdengar lebih ringan, volunteering tak kalah penting lho! Bahkan beberapa perusahaan menyaratkan pelamar kerja untuk memiliki kegiatan volunteering. 

Nah apa saja manfaat yang kamu dapat dari kegiatan ini nantinya? 

  • Karena berkontribusi langsung, volunteering melatih jiwa empati 

Melatih empati merupakan hal penting yang perlu kita pelajari. Tumbuh menjadi orang yang berempati membuat kita mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain. Maka tak heran jika sejumlah perusahaan menyaratkan pelamarnya pernah mengikuti kegiatan volunteering. 

Dalam kegiatan volunteering ini kamu akan berbaur dengan masyarakat. Alhasil kepedulian sosial meningkat dan ini akan sangat baik untuk membangun jiwa empati kamu. 

  • Yes Kamu Mampu Membangun Personal Branding 

Kalau menganggap personal branding adalah pencitraan, kamu salah. Personal branding lebih tepatnya diartikan sebagai identitasmu untuk dikenal banyak orang. Hal ini berkaitan dengan reputasi yang kamu bangun dalam ruang publik. 

Saat memilih kegiatan volunteering, kamu dikenal sebagai orang yang punya segudang pengalaman. Alhasil mereka yang melihat CVmu dengan beragam volunteering akhirnya memberi kesempatan lebih luas kepadamu untuk berkembang. 

  • Manfaat Lainnya 

Selain bisa dicantumkan dalam CV, banyak manfaat lain yang akan kamu dapatkan dalam kegiatan volunteering. Kamu bisa bertemu orang baru, mengembangkan skill, sampai dengan meningkatkan rasa peduli. 

Baca juga: Ini 5 Alasan Kenapa Wajib Ikut Kegiatan Volunteer!

Jadi Organisasi, Magang, Volunteering, Mana yang Lebih Penting untuk CV? 

CV keren dengan banyak pengalaman memang menjadi dambaan setiap mahasiswa. Meskipun memiliki segudang keahlian tetapi kamu tidak berpengalaman, CV kamu berpotensi kecil untuk dilirik HRD. 

Sementara itu bagi kamu yang aktif dalam organisasi kamu akan dicirikan memiliki kemampuan bekerja dalam tim secara baik. Hal tersebut penting untuk perekrutan lembaga yang lebih besar, seperti LSM di luar kampus. 

Adapun jika kamu banyak magang, kamu dipandang memiliki banyak pengalaman. Dengan catatan, bidang magang tersebut relavan dengan pekerjaan masa depanmu. Namun, jika tidak hal tersebut tidak terlalu bermasalah. Sebab, intinya pengalaman magang sangat berguna dalam meningkatkan kapabilitas CV kamu. 

Eits meski organisasi dan magang sangat penting, volunteering juga penting lho. Kamu akan dipandang sebagai orang yang memiliki kepedulian sosial. Dengan berkontribusi langsung di masyarakat, kamu menjadi lebih peka dan sigap terhadap permasalahan. 

Jadi mana yang lebih penting ini? Kalau CV kamu cenderung diarahkan ke mana? Ketiganya memang sangat penting dalam proses perkembangan diri mahasiswa. Namun, di mata penyeleksi kerja, cukup memiliki pengalaman yang relevan, kamu pasti lolos seleksi pemberkasan. 

Nah daripada harus memilih antara organisasi, magang, atau volunteering, yuk mulai bangun rencana strategis kamu. Toh kamu tidak mungkin mengikuti semuanya dalam satu waktu bukan? Jadi masih bisa dibagi untuk mencoba semuanya ini! 

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya. Ikuti  campuspedia melalui  instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn

 

 

The post Organisasi, Magang, Volunteering: Mana yang Lebih Penting untuk CV?  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR