Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Organic Marketing, Strategi Pemasaran Minim Biaya

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Di era perkembangan teknologi dan dunia digital yang begitu cepat seperti hari ini tentunya mempengaruhi banyak bidang tak terkecuali dunia pemasaran. Salah satunya adalah penerapan metode organic marketing dalam bisnis perusahaan. Strategi marketing tersebut dianggap bisa meningkatkan traffic serta engagement perusahaan dengan cepat. Karena, metode ini menggunakan strategi khusus agar perusahaan bisa menarik minat audiens tanpa mengeluarkan banyak biaya. 

Wah, menarik ya? Tapi, apa sih sebenarnya organic marketing ini? Serta apa saja kelebihan dan strategi yang bisa diterapkan? Biar nggak bingung dan bertanya-tanya, Minca sudah menyiapkan informasi seputar organic marketing nih. Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut yuk! 

Apa itu Organic Marketing?

apa itu organic marketing
photo by bisnis id

Pemasaran organik yang juga dikenal sebagai organic marketing adalah strategi pemasaran yang sifatnya alami dan digunakan untuk menghasilkan prospek, traffic sebuah situs, serta meningkatkan konversi. Perusahaan yang menerapkan strategi ini tidak perlu menghabiskan banyak biaya secara langsung untuk kebutuhan periklanan yang umumnya membutuhkan anggaran cukup banyak. Untuk itu, karena hemat biaya melalui kampanye pemasaran organik ini dapat menghasilkan keuntungan dalam berbisnis. 

Strategi organic marketing ini sendiri banyak ditemukan dalam konten di berbagai platform media sosial seperti video sharing atau konten blog yang SEO friendly. Tujuan utama dari pemasaran organik adalah membangun hubungan emosional dengan audience secara alami melalui konten-konten yang dibuat. Sehingga seorang marketing harus mampu membuat kampanye murah untuk memperoleh kepercayaan audience untuk membangun bisnis jangka panjang. 

Meski organic marketing menjadi salah satu cara efektif untuk menggaet audience dan penggemar produk atau layanan, ternyata hasilnya tidak bisa instan. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak waktu, kesabaran, serta konsistensi dalam penerapan strategi marketing ini. Namun, usaha tersebut tentunya akan sepadan dengan hasil yang diperoleh nantinya. 

Kelebihan Organic Marketing

Saat kampanye menggunakan strategi organic marketing selain bisa meningkatkan minat audience tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, ternyata masih ada beberapa kelebihan lain dibandingkan metode pemasaran lainnya loh. Berikut informasinya. 

  1. Bisa membangun hubungan dengan target audience secara efisien. 
  2. Meningkatkan customer loyalty secara efektif. 
  3. Dapat meningkatkan angka diversifikasi customer. 
  4. Meningkatkan ulasan mengenai kualitas konten perusahaan. 
  5. Meningkatkan raking konten di Google

Strategi Penerapan Organic Marketing

straregi penerapan organic marketing
photo by negative space/pexels

Meski ada banyak kelebihan, ternyata dalam menjalankan metode pemasaran ini harus menggunakan strategi tertentu agar upaya yang dilakukan tidak sia-sia. Untuk itu, berikut beberapa strategi penerapan organic marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

1. Menggunakan Konten Evergreen

Strategi pemasaran organik yang pertama adalah penggunaan konten evergreen. Jenis konten ini bersifat timeless atau bisa relevan hingga beberapa waktu kedepan. Selain itu, konten evergreen ini ramah SEO dan bisa dimanfaatkan untuk pemasaran jangka panjang. Terpenting dari penggunaan jenis konten ini adalah memberikan update jika terdapat pergeseran tren.

2. Ciptakan Value Driven Content

Strategi selanjutnya yang bisa diterapkan adalah menciptakan value driven content. Kamu perlu mengetahui keperluan dan tantangan audience dalam membuat konten jenis ini. Hal tersebut sangat penting karena menyediakan informasi terkait kebutuhan dan aspirasi mereka bisa membuat konten yang dibuat jadi relate dengan audience. Untuk itu, kamu juga harus membangun hubungan baik dengan para target audience.

3. Rancang Konten yang Mobile Friendly

Saat ini banyak orang yang lebih suka menikmati konten atau menggunakan sosmed melalui layar smartphone dibandingkan lewat desktop. Untuk itu, konten kamu ciptakan formatnya harus mobile friendly atau audience akan berpindah ke situs lain. Berikut beberapa hal yang patut kamu perhatikan untuk mengoptimalkan konten di layar smartphone:

  • Kecepatan dalam memuat halaman
  • Desain konten yang interaktif dan responsif
  • Gambar konten telah dikompres
  • Tombol-tombol lebih besar
  • Kemampuan check out dan check in konten sebagai guest (tamu)
  • Pendeteksi lokasi audience

4. Pemanfaatan Platform Media Sosial

Strategi organic marketing selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan berbagai platform media sosial perusahaan secara maksimal. Saat ini media sosial tidak hanya menjadi tempat untuk melakukan komunikasi digital saja tetapi juga bisa menjadi media untuk berbisnis. Oleh karena itu, kamu harus rajin memposting konten secara teratur atau meminta audience meninggalkan komentar, menjawab pertanyaan, atau share ulang konten sehingga engagement rate bisa meningkat. Berikut beberapa cara menggunakan sosmed untuk memperoleh traffic organik:

  • Jenis Postingan: menentukan jenis konten yang relate dan banyak dicari target audience untuk menarik mereka ke situs web milik kamu.
  • Pilihan Platform: Cari tahu platform manakah yang punya traffic tinggi diantara yang lain dan maksimalkan di platform tersebut.
  • Link: Manfaatkan postingan di sosmed dengan mengikutsertakan link postingan konten di situs web milik kamu.
  • Jadwal: Identifikasi pada jam berapa saja pengguna aktif di medsos dan posting konten pada jam tersebut untuk meningkatkan traffic.

5. Optimalkan Situs Web untuk Pencarian Organic

Mengoptimalkan mesin pencarian dapat membantu situs web milik perusahaan. Tidak hanya konten, namun peringkat konten bisa jadi lebih tinggi dan sering muncul di halaman pertama pencarian search engine sehingga terjadi peningkatan grafik organik di website. Walaupun penerapan SEO ini cukup rumit dan terus berubah, berikut beberapa hal yang bisa kamu terapkan:

  • Memastikan untuk selalu memasukkan tag judul dengan kata kunci yang relevan dan banyak dicari audience tag gambar dengan atribut alt serta meta description halaman. Hal ini akan membantu search engine dalam mengidentifikasi tentang apa halaman yang ada di situs perusahaan.
  • Mempertimbangkan desain web untuk telepon seluler. Karena, Google memberikan peringkat pada sebuah website juga berdasarkan seberapa baik situs tersebut untuk dioptimalisasi di smartphone atau tablet.

Jenis-Jenis Platform Untuk Organik Marketing

jenis platform pemasaran organik
photo by pixabay

Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial dengan pengguna yang terbanyak. Platform ini menawarkan beragam kemudahan untuk pemasaran sebuah produk pada target marketing tanpa iklan berbayar. Selain terdapat halaman bisnis, di Facebook pebisnis bisa bergabung dan terhubung dalam grup sesuai segmen pasar untuk melakukan pemasaran.

Instagram

Sebagai salah satu social media yang sebagian besar penggunanya generasi muda, Instagram menjadi platform efektif dalam melakukan organic marketing. Media ini mempunyai beragam fitur menarik yang bisa digunakan untuk membuat followers tertarik dengan produk sebuah perusahaan melalui unggahan konten berupa gambar atau video. 

PR Digital

Dalam memasarkan produk, PR digital bisa dilibatkan untuk menghubungi editor publikasi maupun blogger terpercaya untuk membagikan konten perusahaan melalui backlink. Meski terkadang memerlukan waktu yang cukup lama untuk bertukar backlink, hasil kampanye PR digital bisa dibilang sangat berpengaruh dalam peningkatan traffic jika nantinya berhasil. 

Youtube

Youtube adalah search engine kedua yang paling banyak digunakan setelah Google. Platform ini memberi kesempatan pengguna untuk berbagi konten video. Dalam pemasaran organik, kamu bisa memanfaatkan YouTube untuk berbagi konten video tentang produk perusahaan agar target audience lebih mengenal produk sebelum memutuskan untuk membeli. 

Blogging

Blog bisa menjadi platform untuk mengarahkan target audience pada produk dan layanan perusahaan. Konten di blog sendiri harus yang informatif dan dapat bermanfaat bagi audience. Konten blog yang berupa artikel tersebut juga baik untuk SEO karena bisa meningkatkan peringkat website sebagai pemasaran organic. 

Nah, itulah ulasan seputar metode organic marketing. Gimana nih, Campuspedia Friends? Sekarang udah makin tahu dong tentang pemasaran organik ini. Ternyata ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan ya dengan metode pemasaran ini. Namun, tentunya kamu juga tetap harus menerapkan beberapa strategi tertentu agar metode marketing organik bisa berhasil. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah insight ya! 

Baca juga: Ekstensi Browser Gratis untuk SEO

Baca juga: SEO Marketing Funnel untuk Tingkatkan Pendapatan Perusahaan dan Alasan Penting Miliki Proteksi bagi Pelaku Usaha

The post Organic Marketing, Strategi Pemasaran Minim Biaya appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar