SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Merasa Stres Menjalani Kuliah? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya

Halo Sobat Campuspedia, kamu sedang merasa stres menjalani kuliah? wajar kok kalau kamu sesekali merasa stres ketika menjalani perkuliahan. Namun hal itu menjadi tidak wajar kalau kamu malah sering lari dari perkuliahan hingga lupa kuliah. Jika hal itu terjadi, bisa jadi kamu sedang butuh kemampuan untuk mengelola stres. Sebaiknya, yuk kita belajar tentang dinamika stres dan cara untuk mengelola stres. Simak informasi lengkap berikut ini!

Baca Produktif Gak selalu Positif? Kenali Toxic Productivity Beserta Cara Mengatasinya!

Apa yang terjadi pada tubuh ketika stres?

Stres merupakan respon tubuh yang tidak spesifik atas suatu tuntutan. Ketika stres, yang terjadi pada tubuh adalah: hormon kortisol akan meningkat, denyut jantung meningkat, tekanan darah meningkat. Respon tubuh ini kalau dibiarkan bisa membuat terkena banyak masalah. Saat kamu Stres, kamu akan sulit konsentrasi, jarang berolahraga, pola makan tidak teratur, hingga kamu jadi kurang tidur.

Apa penyebab stres?

Penyebab stres sebenarnya tidak jauh dari apa yang disebut dengan stressor. Yup, stressor adalah segala sesuatu yang kamu persepsi dan nyata adanya sebagai ancaman yang menyebabkan stres. Misalnya kalau kamu stres karena kuliah online ini, stressor yang paling umum dijumpai adalah kondisi di rumah yang tidak kondusif untuk kuliah karena banyak gangguan, bosan karena tidak bertemu dengan teman, ketidakpastian kapan akan kuliah offline, sulit menyesuaikan diri ketika kuliah online, dan tugas-tugas yang menumpuk entah kapan selesainya. Kira-kira apa nih stressor mu dalam menjalani perkuliahan? Hehe.

Selain penyebab stres yang sudah dijelaskan di atas, umumnya stres juga dijumpai karena adanya ketidakseimbangan antara waktu kuliah dan kehidupan pribadi serta dukungan yang minim dari orang-orang terdekat. Gimana menurutmu?

Baca Insightful! Ini 8 Rekomendasi Film Psikologi Terbaik Wajib Nonton!

Jika kamu merasa stres terus-menerus…

Jika kamu merasa stres terus-menerus, kamu akan mudah terpancing amarah, menjadi tidak bersemangat, produktifitas menurun, kesehatan mental dan fisik terganggu, hingga kamu bisa mengalami burnout. Pasti kamu tidak menginginkan hal tersebut bukan? Yuk langsung simak tips-tips mengelola stres dalam menjalani kuliah di bawah ini.

Tips-tips berikut ini akan membantumu mengelola stres dalam menjalani perkuliahan

  1. Kenali Stresor-mu, cari tau penyebabnya

Sadari bahwa stres yang dialami setiap orang berbeda-beda. Misalnya ada yang merasa tugas kuliah yang banyak tidak membuat stres, tapi ada juga yang tugas kuliah yang banyak membuat stres. Hal yang paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres adalah kenali stressor-mu.

Cari tahu apa yang menyebabkan kamu merasa stres. Apakah tugas? Deadline? Teman kuliah? Salah jurusan? dll. Lalu buatlah list atau daftar dari stressor itu dari yang paling dirasa signifikan hingga yang tidak terlalu menjadi stressor. Buat resolusi kecil dari sekarang misalnya dengan mengatakan pada diri sendiri daripada aku mengeluh karena banyaknya tugas mending aku mulai mengerjakannya sedikit demi sedikit. Daripada aku mengeluh karena sulit memahami materi mending aku mulai membaca referensi atau bertanya pada temanku yang lebih paham untuk menjelaskannya.

  1. Kelola waktumu dengan menentukan goal dan prioritas, jaga keseimbangan hidup

Ingat pikiran kita terbatas untuk memikirkan banyak hal, daripada kamu menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak berarti untuk kamu, mending mulai kelola waktumu dengan menentukan tujuan (goal) dan prioritas. Menyelesaikan satu per satu masalah lebih baik, daripada menyelesaikan semua masalah sekaligus.

Jaga keseimbangan hidup kamu, atur prioritasmu agar kamu tidak berat sebelah dalam menjalani kuliahmu. Dari list yang sudah kamu buat tadi, coba buatlah strategi untuk mencari solusinya. Misalnya membuat weeklu planning, menyelesaikan tugas-tugas kuliah yang lebih mudah dulu baru tugas-tugas yang sulit.

Atur waktumu, kapan kamu perlu belajar tentang materi kuliah yang sulit kamu pahami bersama temanmu, kapan waktumu belajar sendiri. Kalau permasalahanmu terasa sangat berat, tidak ada salahnya juga kamu menghubungi bantuan profesional, seperti konseling online, atau mencari psikolog.

  1. Atur ekspektasimu

It’s okay kalau kamu tidak mengerjakan suatu tugas secara sempurna untuk sesuatu di awal. Tingkat kepuasan ketika kamu kuliah akan ditentukan oleh ekpektasi dan realita. Kalau kamu ingin merasakan kepuasan ketika menjalani kuliah cobalah untuk memperjuangkan realita atau mengurangi ekspetasi.

Memperjuangkan realita misalnya kamu ingin mendapat nilai A pada mata kuliah tertentu, berarti kamu akan berusaha mencari tahu cara yang nyaman untuk belajar, strategi apa untuk bisa mencapai nilai itu, dll. Kalau menurut kamu mencari nilai A tidak mungkin, coba kurangi ekspetasi dengan tidak apa-apa untuk mendapat nilai B tapi kamu tetap berusaha sungguh-sungguh.

  1. Tetap terhubung dengan teman-temanmu

Cobalah mengikuti kegiatan menarik dan tetap terhubung dengan teman-teman kuliahmu. Meskipun awalnya terasa sulit tetapi pelan-pelan cobalah untuk mulai terbuka dengan orang yang bisa kamu percaya. Dengan terhubung pada orang yang kamu percaya, kamu juga bisa menyampaikan keadaanmu padanya jika kamu sedang merasa stres, atau sedang butuh bantuan. Teman kuliah akan sangat membantumu melewati hari-hari kuliah yang kadang terasa tidak mudah.

  1. Lakukan aktivitas fisik dan Self-Care

Lakukan olahraga teratur seperti stretching selama 30 menit, low interval training, atau aktivitas lainnya seperti membersihkan rumah, atau merapikan barang-barang. Berdasarkan studi aktivitas fisik dapat meningkatkan kebahagiaan, dan mengurangi kecemasan. Ini juga bisa kamu terapkan ketika kamu merasa stres menjalani kuliah. Dengan melakukan aktivitas fisik kamu bisa merasa lebih fresh untuk menjalani perkuliahanmu.

Selain itu, lakukan self-care atau perawatan diri, mulai dari beristirahatlah ketika kamu merasa lelah, makan ketika lapar, dan lakukan aktivitas yang dapat meningkatkan mood kamu.

Baca Kembangkan Potensimu Dengan 5 Tips Menjadi Kreatif Berikut ini

Nah, itulah sekilas informasi seputar stres, penyebab, dampak, dan cara mengelola stres dalam menjalani perkuliahan. Semoga bermanfaat ya. Don’t forget to stay safe and keep healthy!

Jangan lupa terus ikuti Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE biar kamu nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

Referensi :

www.psychologytoday.com/

www.verywell.mind.com/

The post Merasa Stres Menjalani Kuliah? Ini 5 Tips Untuk Mengatasinya appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR