SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Merasa Bukan Lulusan Kampus Terkenal? Ini 3 Cara Untuk Bersaing Dengan Lulusan Kampus Terkenal

Halo Sobat Campuspedia! Saat ini, tak jarang lulusan SMA berlomba-lomba untuk bisa masuk ke kampus terkenal. Dengan iming-iming yang sudah tertanam di benak masyarakat—sebagai fresh graduate, lulusan kampus terkenal akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan—banyak pula yang rela mengambil ujian masuk perguruan tinggi berulang kali. Tetapi apakah benar title dari kampus terkenal akan menjamin kesuksesan seseorang pasca lulus? Lantas, bagaimana cara bersaing dengan lulusan kampus terkenal?

Ingat! Gelar dari Kampus Terkenal Tidak Menjamin Kesuksesan

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara bersaing dengan lulusan kampus terkenal, mindset jika semua orang memiliki kesempatan yang sama perlu ditanamkan terlebih dahulu. Persaingan dalam dunia kerja sangatlah ketat. Oleh karena itu, agar bisa bersaing dengan orang lain, jangan sekali-kali jadikan IPK atau nilai dari perguruan tinggi favorit sebagai satu-satunya bekal yang Sobat miliki untuk bekerja di perusahaan.

Tahap awal rekrutmen memang bisa saja dilihat dari IPK dan asal universitas, namun untuk survive dalam pekerjaan tentu tidak cukup hanya dengan berbekal IPK saja. Celah inilah yang dapat Sobat manfaatkan untuk bisa bersaing dengan lulusan kampus terkenal. Apalah arti kuliah di kampus terkenal jika yang dilakukan hanya kuliah dan pulang saja, tanpa ada usaha lain untuk berkembang.

Baca Juga: Begini Lampiran CV Yang Disukai Oleh HRD, Sudah Terapkan?

Bagaimana Cara Bersaing Dengan Lulusan Kampus Terkenal? 

Walaupun memiliki tingkat kesulitan tersendiri lantaran sejumlah hirer menyaratkan ‘lulusan dari kampus terkenal’, namun ingat, banyak jalan menuju Roma. Bukan berarti Sobat tidak memiiki kesempatan yang sama untuk bekerja di perusahaan ternama.

Tingkatkan Kualitas Diri

Mulailah dari diri sendiri. Sobat bisa meningkatkan kualitas diri sejak menginjakkan kaki di perguruan tinggi, yaitu dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kampus. Tidak hanya aktif saja, pastikan Sobat ikut ambil bagian dalam pergerakan kegiatan organisasi yang Sobat ikuti. Dari sana, Sobat bisa meningkatkan soft skill yang Sobat miliki. Tak hanya itu saja. Ada banyak alternatif lain yang bisa Sobat lakukan untuk meningkatkan kualitas diri, lho!

Menguasai Beberapa Bahasa Asing

Batas-batas antar negara semakin mengabur dengan adanya perkembangan teknologi. Begitu pula dengan kegiatan bisnis yang semakin mendunia. Menguasai bahasa asing bisa membantu Sobat selama berkomunikasi dan melakukan negosiasi dengan kolega, client, maupun mitra perusahaan yang berasal dari berbagai negara. Sobat bisa mulai belajar menguasai bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, ataupun Rusia. Dilansir dari Love Life Daily, keempat negara tersebut termasuk negara industri yang layak dipertimbangkan.

Baca Juga: 6 Situs Belajar Photoshop Gratis, Siap Jadi Ahli Seketika!

Mengikuti Berbagai Training

Jangan ragu untuk menggelontorkan rupiah untuk mengikuti training atau pelatihan bersertifikat yang kredibel. Pengetahuan yang Sobat dapatkan selama training bisa meningkatkan kualitas diri Sobat tentunya.

Ikut Kegiatan Volunteer

Tentu saja kegiatan volunteer tidak berorientasi materi. Manfaatkan kegiatan volunteer untuk networking dan memperluas koneksi Sobat. Siapa sangka ketika menjadi volunteer Sobat bertemu dengan seseorang yang bekerja di perusahaan ternama dan menjadi akrab kemudian mendapat tanggapan positif. Nama Sobat bisa muncul dari referensi orang tersebut. Pengalaman volunteer juga bisa menambah nilai dalam CV Sobat, utamanya bagi fresh graduate. Hirer akan menilai fresh graduate dari pengalaman organisasi dan non-formal. Sobat bisa mengikuti kegiatan volunteer ketika liburan semester yang diadakan oleh omunitas-komunitas kecil hingga NGO yang cukup terkenal.

Perkaya Pengalaman Dalam Dunia Kerja Dengan Magang

Pengalaman magang belum tentu dimiliki oleh para lulusan dari kampus terkenal. Manfaatkan kesempatan untuk magang sebaik-baiknya, karena jika performa Sobat selama magang baik, Sobat bisa memberikan referensi kerja kepada hirer untuk dapat dihubungi. Peluang Sobat untuk dapat memenangkan persaingan juga semakin besar jika tempat magang Sobat adalah perusahaan besar dan terkenal.

Baca Juga: 4 Perbedaan Jurusan Arsitektur dan Arsitektur Interior

Sebuah cerita pengalaman bersaing dengan lulusan top 3 universitas terbaik di Indonesia disampaikan secara anonim pada situs pertukaran pengetahuan bernama Quora. Sobat bisa mengakses ceritanya disini, untuk menambah insight baru mengenai cara bersaing dengan lulusan kampus terkenal. Share artikel ini jika bermanfaat, yuk! Supaya kamu selalu update info seputar dunia pendidikan yang bisa menunjang karirmu di masa depan, pastikan ikuti Campuspedia di InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE.

 

Sumber:

Love Life Daily

Jobstreet

The post Merasa Bukan Lulusan Kampus Terkenal? Ini 3 Cara Untuk Bersaing Dengan Lulusan Kampus Terkenal appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR