SEKILAS INFO
: - Sabtu, 08-08-2020
  • 6 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Menteri Bambang Dukung Kolaborasi Jurnalistik SINDO Media dengan Perguruan Tinggi

SIARAN PERS
Nomor: 94/SP/HM/BKKP/VII/2020

Jakarta, Jum’at, 17 Juli 2020.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Ka.BRIN) menerima kunjungan Pimpinan Redaksi (Pemred) SINDO Media Djaka Susila bersama segenap jajarannya.

Dalam bincang-bincang yang rileks tetapi bermanfaat, Djaka Susila mengekspresikan ketertarikannya terhadap kemajuan riset dan inovasi Indonesia dalam berbagai bidang, terutama capaian inovasi anak bangsa yang tepat guna dan bermanfaat bagi Indonesia.

Dikatakan bahwa 18 tahun yang lalu bahkan Pemred Djaka Susila sudah berada di ruangan yang sama dan bahkan telah bekerjasama bersama jajaran Humas dari Kemristek saat itu.

Menanggapi pertanyaan tentang kemajuan Riset dan Inovasi Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19, Menristek/KaBRIN Bambang menyatakan apresiasinya terhadap para inventor dan inovator Indonesia, yang tergabung dalam Tim Konsorsium Riset dan Inovasi bentukan Kemristek/BRIN per 12 Maret 2020, yang bertugas untuk melakukan percepatan penanganan Covid-19.

Dikatakan lebih lanjut oleh Menteri Bambang bahwa sudah diperoleh 61 produk inovasi anak bangsa untuk menghadapi Pandemi Covid-19. Produk-produk ini terbagi dalam kelompok

A. Pencegahan:

  • Tanaman obat,
  • Vaksin,
  • Suplemen,
  • Alat Pelindung Diri (APD)

B. Skrining dan diagnosis:

  • Rapid Test (early and late detection) berbasis antibodi dan antigen.
  • Test kit RT berbasis PCR (Polymerase Chain Reaction)
  • Mobile laboratory BSL-2.

C. Alat Kesehatan dan Pendukung

  • Berbagai ventilator
  • Pengembangan software data movement, artificial intellegence (aplikasi pantau Covid-19), peta geospasial, robot pemberian obat.
  1. Terapi:
  • Multicenter clinical trial
  • Convalescence plasma
  • Produksi serum yg mengandung antibodi-mysencheme stem cell

Sebagian produk inovasi tersebut telah diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional) 20 Mei, 2020. Tahap berikutnya direncanakan, produk-produk inovasi lawan Covid-19 beserta produk riset dan inovasi pada umumnya, akan diluncurkan pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas-25), pada tanggal 10 Agustus 2020. Kegiatan Hakteknas-25 ini tengah diusulkan sebagai bagian dari perayaan Bulan Kemerdekaan 17 Agustus 2020, dan diharapkan dapat menghadirkan Presiden RI Joko Widodo yang selalu mendukung dan mengapresiasi karya riset dan inovasi anak bangsa.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan ramah, Djaka Susila, Pemimpin Redaksi Sindo Media, juga menginformasikan beberapa inovasi yang telah dilakukan oleh Sindo Media, yang berbasis teknologi inovasi dan penelitian.

“Salah satu programnya, saat ini kami sedang menggodok untuk menggandeng universitas, dalam pembuatan konten berbasis penelitian atau jurnal dari kampus, tapi penyajiannya secara jurnalistik, sehingga memudahkan orang awam untuk lebih memahami kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia,” jelas Djaka.

Misalnya, lanjut Djaka, untuk penjajakan awal, Sindo Media meminta universitas untuk melihat sudut pandang akademis dalam bentuk kajian, terkait isu kriminal seperti kasus pembunuhan yang terjadi di Indonesia.

“Sindo Media ingin mengangkat isu kriminal dan melihat dari sisi berbeda. Tidak melulu terkait pembunuhannya. Seperti kenapa tersangka melakukan itu, faktor apa saja yang membuatnya melakukan itu,” jelas Djaka.

Menteri Bambang menanggapi ide positif tersebut dan menyarankan Sindo Media dapat mengulas isu kriminal dengan lebih menarik yang membuat pemirsa akan lebih penasaran (dalam artian positif), sehingga tidak hanya sekedar pencarian sensasi. Menteri Bambang menceritakan sebuah tayangan Unsolved Mystery, sewaktu beliau bersekolah di Amerika Serikat, membuat pemirsa menjadi penasaran dan tertarik untuk menanti episode berikutnya.

“Kalau grup MNC seperti Sindo termasuk RCTI bisa membuat seperti itu pasti menarik. Soalnya di Indonesia belum ada. Karena bisa mendorong keingintahuan orang,” ujar mantan Menkeu dan Kepala Bappenas itu.

Pertemuan diakhiri dengan ajakan Menristek/Ka.BRIN Bambang PS Brodjonegoro terhadap rakyat Indonesia, untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 25, 10 Agustus 2020, dengan melakukan invensi dan inovasi dimulai dari diri sendiri.

Salam Inovasi Indonesia.

Nada Marsudi
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN
dan
Tim Sindo Media

TINGGALKAN KOMENTAR