SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Mengenal Test Anxiety, Rasa Cemas Berlebihan saat Akan Menghadapi Suatu Ujian

Mengenal test anxiety – Hai Campuspedia Friends! Tahukah kamu? Bagi kebanyakan orang, ujian merupakan salah satu momen yang paling menegangkan. Rasa cemas, takut, gugup, semuanya bercampur aduk menjadi satu.

Sebenarnya ini merupakan respons normal yang muncul dari masing-masing individu. Namun, kalau hal ini dirasakan secara berlebihan, maka dapat dipastikan hal ini harus kamu waspadai nih, C-friends!

Keadaan cemas luar biasa seperti ini tidak bisa kamu sepelekan begitu saja, selain berdampak pada kesehatan, hal ini juga kemungkinan akan berpengaruh pada gejala-gejala lain yang cukup mengerikan.

Sebab, kondisi ini telah menggambarkan test anxiety karean telah dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikis kamu, lho! Kira-kira apa ya yang membedakan test anxiety dengan kecemasan biasa, penyebab, dan gejalanya, dan juga bagaimana cara menghadapinya, ya? Yuk, disimak!

Baca juga: Prodi D4 di SNMPTN Kini Bisa Kamu Pilih! Begini Ketentuan Memilihnya! 

1. Bagaimana Cara Agar Dapat Mengenal Test Anxiety?

Sesuai dengan namanya, test anxiety merupakan suatu kondisi psikologis pada saat seseorang sedang mengalami rasa cemas dan tekanan yang luar biasa saat menghadapi suatu ujian. Baik itu saat ulangan harian, ujian semester, maupun ujian-ujian lain yang mengharuskan kita harus siap mental untuk menghadapinya.

Biasanya, orang dengan test anxiety akan terlihat sangat cemas yang selanjutnya akan berdampak pada kinerja belajar dan ujian yang sedang dihadapi. Test anxiety sendiri termasuk ke dalam jenis kecemasan kinerja.

Hal ini akan membuat si penderita menjadi kesulitan untuk menunjukkan kemampuan terbaik yang mereka miliki.

2. Apa Saja yang Menjadi Penyebab Terjadinya Test Anxiety?

Berdasarkan Anxiety and Depression Association of America, ada beberapa penyebab terjadinya test anxiety yang harus kamu ketahui nih, C-friends, antara lain seperti:

Pernah Gagal

Dalam hal ini mempunyai artian bahwa kamu pernah mendapatkan nilai atau hasil yang tidak sesuai dengan ekspetasi atau target yang telah kamu rencanakan. Hal ini akhirnya membuatmu berpikiran negatif bahwa kamu akan mengalami hal yang sama lagi. Akibatnya, performamu pada saat mengerjakan ujian nantinya akan ikut terpengaruh nih, C-friends!

Takut Gagal

Biasanya, hal seperti ini akan muncul karena kamu mendapatkan tekanan agar dapat lulus ataupun mendapatkan nilai yang baik. Namun, sebenarnya hal seperti ini malah akan berpotensi membuat kamu mengalami rasa cemas yang berlebihan.

Kurang persiapan

Mungkin bagi kebanyakan C-friends sudah tidak asing lagi nih dengan cara pembelajaran beberapa siswa atau mahasiswa pada umumnya, yakni sistem kebut semalam. Tanpa kamu sadari, hal ini merupakan faktor utama yang menyebabkan kamu sering merasa cemas berlebihan karena kurang menyiapkan dengan lebih baik lagi.

Tekanan dari Eksternal

Campuspedia friends pasti sudah mengetahui bahwa tekanan dapat berasal dari mana saja, tak terkecuali keluarga. Memang, sebenarnya keluarga hanya mempunyai harapan agar kamu mendapatkan yang terbaik.

Tanpa mereka sadari, bahwa harapan yang terlalu tinggi, malah akan membuat kita mudah cemas karena takut mengecewakan harapan yang mereka inginkan.

Baca juga: UTBK 2021 Hampir Tiba! Sudah Kuasai Materi UTBK Berikut?

3. Ketahuilah Gejalanya, Merupakan Salah Satu Cara Mengenal Test Anxiety

Sebenarnya, gejala dari test anxiety sendiri dapat bervariasi mulai dari gejala ringan sampai dengan gejala berat. Bagi C-friends yang mengalami gejala kecemasan yang ringan, biasanya kamu masih dapat mengerjakan ujian dengan cukup baik.

Berbeda dengan C-friends yang mengalami gejala berat, maka dapat dipastikan kamu hampir tidak berdaya untuk menghadapi kecemasan yang luar biasa. Hal ini biasanya akan berdampak pada kinerjamu menjadi buruk dan lebih parahnya kamu bisa mengalmi serangan panik sebelum atau selama ujian berlangsung.

Secara umum, gejala dari seseorang yang mengalami test anxiety dibagi menjadi tiga, yaitu gejala fisik, gejala emosional, dan yang terakhir gejala perilaku atau kognitif nih, C-friends!

Pada gejala fisik mencakup detak jantung berdebar cepat, gemetar, berkeringan, mulut kering, mual-mual, dan bahkan lebih parahnya kamu bisa pingsan, lho!

Sedangkan untuk gejala emosional meliputi perasaan tidak mampu, depresi, marah, putus asa, dan akhirnya membuat rasa percaya diri menurun.

Dan yang terakhir ada gejala perilaku atau kognitif yang mencakup rasa gelisah, sering lupa, ragu akan kemampuan diri sendiri, dan bahkan sering kali menghindari situasi ujian secara langsung.

4. Bagaimana Tips Agar Dapat Menghadapi dan Mengurangi Rasa Cemas Berlebihan?

Tidak menutup kemungkinan kalau test anxiety nantinya dapat semakin buruk seiring berjalannya waktu, terlebih lagi jika hal ini tidak segera kamu tangani dengan tepat. Dapat dipastikan hal ini dapat membuat gejala yang muncul semakin intensif dan persisten nih, C-friends.

Dengan demikian, berarti anggapan banyak orang tentang test anxiety merupakan suatu kondisi yang wajar-wajar saja harus ditelaah lebih dalam lagi. Seseorang dengan intensitas dan taraf kecemasan yang melebihi batas normal juga perlu mendapatkan intervensi medis, lho!

Hal ini bertujuan agar mereka dapat menghadapi dan mengurangi dampak negatif dari rasa cemas berlebihan ini. Maka dari itu, Campuspedia friends harus mengetahui nih beberapa cara agar dapat menghadapi test anxiety, yakni seperti berikut:

Kenalilah Penyebab Munculnya Rasa Cemas Berlebihan

Kamu harus dapat mengetahui dan merasakan sendiri apa yang menyebabkan rasa cemas berlebihan seperti itu dapat muncul. Dengan begitu, kamu dapat memilih solusi dan langkah yang tepat untuk dapat mengatasinya.

Hilangkan Pesimisme, Bangunlah Optimisme

Daripada berfokus pada hasil yang akan didapatkan, bukankah lebih baik kamu membangun rasa optimis dengan mempersiapkan ujian dengan matang? Hal ini pastinya akan membuat kamu tidak mudah merasa kecewa saat mengetahui hasil yang didapatkan nantinya tidak sesuai dengan ekspetasimu.

Jauhkan Tekanan yang Berasal dari Pihak Eksternal

Kamu pasti sering kali merasakan di mana banyak orang, tak terkecuali keluarga menginginkan agar kamu mendapatkan suatu pencapaian atau hasil saat mengikuti ujian.

Tekanan seperti ini sebenarnya harus kamu jauhkan atau setidaknya jangan terlalu dipikirkan. Sebab, hal ini nantinya akan membuat kamu stress dan pada akhirnya menjadi sulit fokus pada saat menjalani tes.

Latihan Pernapasan

Mungkin hal seperti ini terdengar sepele, tetapi C-friends harus tahu bahwa saat kamu merasa cemas, maka tubuhmu akan bereaksi secara otomatis. Dengan demikian, kamu harus berlatih agar dapat menenangkan diri nih, C-friends!

Salah satunya dengan melakukan latihan pernapasan. Selain mengembangkan fungsi beberapa organ tubuh, langkah ini pastinya akan membuat kamu lebih tenang pada saat mengerjakan soal-soal ujian.

Baca juga: BIG SALE! Try Out UTBK 2021 Campuspedia telah dibuka. Yuk segera Daftarkan Dirimu!

Nah, jadi bagaimana? Sudah pahamkah Campuspedia friends tentang berbagai hal yang berkaitan dengan test anxiety? Jangan lupa untuk follow akun InstagramFacebookLinkedInTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi seputar kampus, karier, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya ya, ­Campuspedia friends!

The post Mengenal Test Anxiety, Rasa Cemas Berlebihan saat Akan Menghadapi Suatu Ujian appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR