Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Mengenal Pekerjaan Public Relation Lebih Dekat Yuk!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo Campuspedia, Friends! Kamu pastinya sudah familiar dengan profesi PR (Public Relation) dong ya? Pekerjaan ini banyak diminati karena posisinya yang dianggap strategis dan berperan penting dalam sebuah perusahaan. Selain itu, pekerjaan PR yang dituntut siap bekerja di luar kantor untuk bertemu dengan klien terdengar keren dan menyenangkan bagi banyak orang. Sehingga nggak hanya monoton duduk di kubikel kantor tiap harinya. 

Nah, buat kalian yang tertarik untuk berkarir sebagai Public Relation, Minca udah menyiapkan informasi seputar PR mulai dari definisi pekerjaan, tugas, hingga kisaran gaji yang didapat. Wah, penasaran kan? Yuk, langsung simak ulasannya! 

Apa itu Public Relation?

apa itu public relation
photo by linisehat

Public relation adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam mengelola informasi serta komunikasi perusahaan dengan publik. Sehingga, dapat dikatakan seorang PR ini memiliki tugas untuk menjaga hubungan perusahaan yang sudah terbentuk dengan publik atau klien. 

Tujuan dari PR sendiri dalam membangun komunikasi dengan klien adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki citra positif sehingga layak mendapatkan kepercayaan dari publik. Untuk itu, dengan adanya PR dalam perusahaan reputasi bisnis dapat terjaga dan dapat menarik lebih banyak audiens atau pengguna. 

Tugas Public Relation

tugas public relation
photo by highlight id

Selain menjadi perantara atau perwakilan perusahaan dalam berkomunikasi dengan publik, ternyata PR juga memiliki beberapa tugas lain loh Campuspedia Friends. Berikut informasinya.

  1. Membuat press release, seperti misalnya menyiapkan pidato, statement perusahaan, serta audio visual terkait materi yang akan disampaikan.
  2. Melakukan monitor terhadap aktivitas perusahaan kompetitor, membangun identitas brand untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap perusahaan.
  3. Menjaga reputasi atau citra positif perusahaan dengan melakukan riset sentimen publik terhadap perusahaan serta membuat program manajemen krisis.
  4. Mengelola dan membuat berbagai event perusahaan seperti launching produk terbaru dan pameran.
  5. Melakukan monitoring dan pembaharuan terhadap konten atau aktivitas platform social media serta website perusahaan.

Perlu diketahui juga nih, meskipun seorang public relation bekerja di kantor tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di luar. Misalnya, menghadiri pertemuan dengan klien, pidato, dan press release. Sehingga, profesi ini cocok untuk individu yang suka pekerjaan aktif yang menuntut kesana kemari. 

Skill yang Dibutuhkan Public Relation

skill yang dibutuhkan PR
photo by ketut subiyanto

Setelah mengetahui tugas public relation, berikut skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang public relation:

1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Skill pertama yang wajib dimiliki seorang PR adalah kemampuan dalam berkomunikasi. Skill ini dibutuhkan untuk menyampaikan gagasan, ide, informasi, dan berkoordinasi dengan semua pihak perusahaan baik internal atau eksternal. Kemampuan komunikasi ini juga nggak melulu soal pandai berbicara saja tetapi juga negosiasi, persuasi, presentasi, dan mendengarkan.

2. Skill Problem Solving

Seorang PR harus bisa mengantisipasi masalah yang terjadi di dalam perusahaan. Hal itu termasuk kemampuan menyusun agenda kegiatan dan pelaksanaannya serta perincian anggaran hingga evaluasi selepas kegiatan berakhir. Menjadi public relation kamu dituntut untuk selalu berpikir objektif dan jernih ketika menghadapi sebuah permasalahan.

3. Menjaga Relasi

Perusahaan tentunya akan menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak mulai dari internal perusahaan hingga eksternal seperti konsumen, investor, klien, media, pemerintah, dan lainnya. Untuk itu, seorang PR harus bisa membina dan membangun hubungan baik dengan semua pihak sehingga akan terbentuk hubungan saling percaya satu sama lain.

4. Kreatif

Kesuksesan sebuah produk atau brand perusahaan tentunya tidak terlepas dari pemikiran kreatif. Oleh karena itu, seorang PR juga dituntut untuk selalu memberikan gagasan yang kreatif dan cemerlang sehingga wawasan pun juga harus luas.

Selain itu, ketika terjadi masalah dalam perusahaan dengan pemikiran kreatif akan muncul solusi-solusi terbaik yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Kemampuan Menghadapi Situasi Krisis

Situasi krisis bisa terjadi kapan saja di dalam perusahaan. Untuk itu, PR harus mempunyai kemampuan manajemen krisis. Seorang public relation diharapkan bisa mempertahankan ketenangan dan membuat rencana strategis untuk perusahaan dalam mengatasi pemberitaan atau isu negatif yang bisa menjatuhkan reputasi.

6. Skill Menulis

Public relation tidak hanya menyampaikan informasi terkait perusahaan dalam bentuk lisan saja loh, tetapi juga dalam bentuk tulisan. Bentuk tulisan tersebut bisa berupa siaran pers, konten untuk sosial media, artikel blog, buletin, dan lainnya. Dalam hal ini PR berperan penting dalam memastikan pesan yang disampaikan pada audience sesuai dengan apa yang ingin disampaikan perusahaan sehingga tidak akan menimbulkan miskomunikasi dan salah persepsi.

7. Bernegosiasi

Keahlian bernegosiasi bisa dibilang sebagai skill dasar seorang public relation. Kemampuan ini sangat penting, karena PR tidak hanya berhubungan dan melakukan negosiasi dengan pihak internal saja tetapi juga banyak pihak yang bekerja sama dengan perusahaan. Sehingga, semakin baik skill negosiasi PR maka akan baik pula nilai perusahaan dihadapan pihak eksternal.

8. Menjalin Relasi dengan Media

Seorang public relation harus memiliki pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan untuk mengenal media dengan baik. Selain itu, PR juga perlu mengenal jenis media serta karakternya masing-masing, seperti jam deadline, gaya, keunikan, serta media yang cocok dengan goals perusahaan. Oleh karena itu, PR sangat diharapkan bisa menjalin komunikasi baik dengan jurnalis, editor, dan pemimpin redaksi.

Tantangan Menjadi Public Relation

Setiap pekerjaan tentunya memiliki tantangan masing-masing tak terkecuali profesi PR. Bahkan, sebelum menjadi seorang public relation saat masa rekruitmen pun seorang calon PR juga sangat dipertimbangkan loh pengalamannya. Sebab, ketika menjadi PR beragam tugas menantang sudah menanti yang menuntut kamu harus tahan tekanan dan bisa menghadapi stress. 

Selain itu, sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap citra perusahaan, akan menjadi sebuah tantangan ketika perusahaan mendapat penilaian buruk dari masyarakat. Tak jarang pihak public relation lah yang akan disalahkan dan menjadi sasaran media yang melemparkan beragam pertanyaan terkait isu yang menimpa perusahaan. 

Gaji Public Relation

Dengan besarnya tanggung jawab yang diemban oleh seorang PR, tentunya gaji public relation juga akan menyesuaikan. Bagi seorang staf PR yang merupakan fresh graduate, gaji yang diberikan biasanya masih setara dengan UMR masing-masing. Namun, jika sudah berpengalaman gaji yang diberikan cukup lumayan loh. 

Melansir dari LinovHR, besaran gaji public relation di Indonesia bervariasi, yaitu sekitar Rp6.200.000 sampai Rp9.000.000. Perlu kamu ketahui juga kalau besaran gaji tersebut bisa dipengaruhi oleh beragam faktor, seperti skala perusahaan dan pengalaman individu itu sendiri. 

Itulah informasi mengenai pekerjaan Public Relation. Nah, gimana nih Campuspedia Friends udah tertarik mencoba karir sebagai PR belum? Buat kamu suka pekerjaan yang menuntut untuk bertemu orang baru, maka PR bisa jadi salah satu referensi pilihan karir di masa mendatang. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat ya, Campuspedia Friends! 

Baca juga: 9 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Jago Public Speaking

Baca juga: 12 Contoh Deskripsi Diri di CV dan Tips Menulis yang Tepat

The post Mengenal Pekerjaan Public Relation Lebih Dekat Yuk! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar