Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Mengenal Branches of Knowledge, Belajar Dari Hal Paling Dasar

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Kalian pernah merasa kesulitan buat belajar nggak sih? Padahal udah belajar tapi masih saja merasa belum paham sama materi yang dipelajari. Nah, mungkin kamu bisa mencoba belajar mulai dasar ilmunya lebih dulu atau memahami branches of knowledge nya. Tapi apa sih branches of knowledge itu? Biar lebih tahu, langsung simak ulasan berikut ini yuk! 

Apa Itu Branch of Knowledge?

apa itu branches of knowledge
photo by science blurtitcom

Dalam Bahasa Indonesia, secara literal branches of knowledge dapat diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan. Jadi, maksud dari branches of knowledge adalah kelompok ilmu pengetahuan yang masih ada di dalam satu disiplin akademik atau bidang studi. Seorang filsuf asal Amerika, Mortimer J. Adler, mengklasifikasikan ilmu pengetahuan ke dalam enam bagian. Ilmu pengetahuan tersebut yaitu Ilmu Logis, Matematika, Sains, Sejarah dan Kemanusiaan, Filsafat serta Preservasi Pengetahuan. Selengkapnya simak penjelasan berikut.

Logika (Logic)

Logika adalah salah satu branches of knowledge yang mempelajari tentang cara atau pemeriksaan prinsip dan metode dalam penalaran untuk mencegah terjadinya kesesatan berpikir. Melansir dari halaman walyben.com, branches of knowledge ini dibagi ke dalam beberapa cabang lagi yaitu logika formal dan informal, logika deduktif dan induktif, logika simbolis, logika tradisional, teori logika, dan logika terapan.

Matematika (Mathematics)

Matematika adalah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan berkaitan dengan proses penalaran. Ilmu Matematika dianggap sebagai salah satu ilmu pengetahuan tertua dan dasar ilmu lainnya. Dalam Matematika, terdapat cabang-cabang ilmu lainnya yaitu Aritmatika, Aljabar, dan Geometri. Kemudian untuk level yang lebih tinggi terdapat Trigonometri dan Kalkulus. Pada cabang ilmu Aritmatika, Aljabar, dan Geometri, banyak digunakan dalam bidang disiplin lainnya seperti Kimia, Biologi, Fisika, Komputer, Teknik, Ekonomi, dan Kedokteran. 

Baca juga: Simak 11 Cara Belajar Efektif Ala Maudy Ayunda Saat Kuliah di Oxford!

Sains (Science)

Dalam branches of knowledge, Sains adalah ilmu pengetahuan yang didapatkan melalui proses pembelajaran dan pembuktian. Dilansir dari leverageedu.com, Sains yang juga dikenal sebagai ilmu alam ini memiliki tiga cabang ilmu utama, yaitu natural science, social science, dan formal science. 

  • Natural science adalah inti dari cabang ilmu pengetahuan tentang sifat dunia fisik dan alam semesta. Beberapa cabang ilmu dari natural science yang kita kenal adalah Kimia, Biologi, dan Fisika. 
  • Social science adalah ilmu sains yang mempelajari tentang manusia di seluruh dunia serta hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya. Dalam social science terdapat cabang ilmu lain seperti Psikologi, Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Arkeologi, Geografi, Politik, dan Hukum.
  • Formal science adalah bidang studi yang unik karena menggunakan sistem formal untuk menghasilkan pengetahuan dan mengeksplorasi sifat disiplin ilmu lain mulai dari Matematika, Logika hingga Teknologi Informasi. Cabang ilmu dari formal science ini adalah Ilmu Komputer, Data Science, System Science, Artificial Intelligence, Teknologi Informasi, dan lainnya.

Sejarah (History and the Humanities)

Sejarah menjadi salah satu mata pelajaran yang kita pelajari di sekolah, mulai dari sejarah nasional hingga dunia. Disiplin ilmu sejarah ini berkaitan erat dengan studi atau analisis tentang peristiwa di masa lalu. Ilmu ini menjadi penting agar manusia mendapat pemahaman menyeluruh tentang peristiwa atau proses masa lalu yang telah membentuk kehidupan sosial di masa kini. Dalam branch of knowledge ini, terdapat beberapa cabang ilmu lain seperti Sejarah Politik, Sejarah Sosial, Sejarah Ekonomi, Sejarah Seni, Sejarah Pengetahuan dan Obat, Sejarah Lingkungan, dan lainnya.

Filsafat (Philosophy)

Filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan menggunakan akal budi tentang sebab dan asas mengenai segala hal yang ada di dalam semesta untuk mengetahui kebesaran dan arti adanya sesuatu. Cabang ilmu filsafat sendiri terbagi menjadi tujuh ilmu, yaitu Aksiologi, Metafisika, Epistemologi, Filsafat Etika, Estetika, Filsafat Logika, dan Filosofi Politik. 

Baca juga: Kamu Merasa Malas Belajar? Berikut Cara Efektif Mengatasinya

Preservasi Pengetahuan (Preservation of Knowledge)

Preservasi pengetahuan atau pelestarian pengetahuan adalah proses untuk mempertahankan pengetahuan atau informasi penting dari waktu ke waktu dan memberi kemungkinan untuk diingat kembali di masa mendatang. 

Mengapa Branch of Knowledge Penting?

Setelah mengetahui apa itu branch of knowledge dan klasifikasinya, pertanyaan berikutnya yang mungkin muncul adalah “Untuk apa sih kita tahu tentang branch of knowledge?” atau “Mengapa branch of knowledge itu penting?” Nah, ternyata dengan mengetahui cabang-cabang keilmuan kita jadi bisa lebih mudah dalam memahami suatu bidang keilmuan. Sebab, kita memiliki pengetahuan fundamental atau yang mendasar. Ibaratnya nih, kita membuat sebuah pohon pengetahuan atau tree of knowledge. Melalui pohon tersebut kita akan belajar mulai akar atau dasar barulah ke bagian lainnya. Nah, dengan cara begitu mempelajari sebuah ilmu akan jadi lebih mudah karena kita jadi tahu dasar ilmunya. Sebagai contoh, kamu ingin mempelajari tentang Ilmu Sains. Kamu bisa coba mencari informasi seputar branch of science, baik melalui mesin pencarian atau buku-buku.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Ala Drama Sky Castle

Itulah sedikit penjelasan tentang branches of knowledge. Nah, dengan memahami dasar-dasar dari cabang keilmuan diharapkan kamu nantinya bisa lebih mudah dalam mempelajari sebuah materi atau disiplin ilmu. Jadi, keep learning ya!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Mengenal Branches of Knowledge, Belajar Dari Hal Paling Dasar appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar