Info Kampus
Minggu, 23 Jan 2022
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Mau Profesional? Hindari Kesalahan Pembuatan PowerPoint Ini

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Halo, Campuspedia Friends! Presentasi memang jadi salah satu kegiatan yang pastinya pernah kamu lalui mulai dari zaman sekolah, kuliah hingga di dunia kerja. Dalam presentasi biasanya seorang presenter akan menggunakan media powerpoint untuk mempermudah penyampaian informasi. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang hal-hal yang harus kamu hindari dalam pembuatan powerpoint agar tampak lebih profesional dan siap. Untuk itu, langsung simak ulasan lengkapnya berikut yuk!

1. Slide Penuh Teks

Slide Penuh Teks
photo by authorstream

Pertama yang harus dihindari dalam pembuatan powerpoint adalah menampilkan slide dengan teks penuh. Hal ini tentunya hanya akan membuat audiens jadi bosan bahkan mengantuk. Jika terlalu banyak tulisan, mereka tidak dapat membaca dengan cepat sehingga informasi yang ingin kamu sampaikan juga mustahil mudah diterima. Oleh karena itu, kamu bisa menampilkan tulisan dalam bentuk poin-poin saja. Kamu bisa pilih inti dari informasi dan dapat dikembangkan lagi melalui penjelasan oral yang kamu sampaikan. Sehingga, powerpoint yang kamu tampilkan dapat terlihat lebih profesional dan berkelas

2. Pemilihan Warna Buruk

Pemilihan warna dalam slide presentasi juga harus diperhatikan karena pemilihan warna yang buruk hanya akan membuat informasi penting yang ditampilkan tidak terbaca. Untuk itu, perhatikan pemilihan warna background dan font. Hindari penggunaan yang sama-sama gelap atau terang. Misalnya, kamu bisa menggunakan background gelap dan warna font yang lebih terang. Dengan begitu, tulisan di slide akan lebih ramah dibaca.

3. Ukuran Font Terlalu Kecil

Ukuran font ternyata juga bisa jadi masalah dalam presentasi loh Campuspedia Friends! Tulisan yang terlalu kecil akan membuat audiens tidak tertarik karena tidak dapat membaca informasi yang kamu tampilkan. Apalagi, jika audiens seorang audio-visual mereka akan kesulitan memahami informasi yang dipresentasikan tanpa membaca tulisan slide jika hanya mendengar saja. Nah, untuk itu pastikan kamu menyesuaikan ukuran font dengan banyaknya informasi yang akan kamu tuliskan di slide ya!

Baca juga: Pentingnya Komunikasi Asertif untuk Mahasiswa

4. Terlalu Banyak Menggunakan Font Fancy

Selain ukuran font, kamu juga harus selektif dalam menggunakan gaya atau karakter font. Sebaiknya kamu hindari penggunaan font fancy yang bersifat dekoratif. Sebab, hanya akan membuat audiens jadi salah fokus dan mengabaikan penjelasanmu. Jadi, lebih baik gunakan font yang sederhana dan mudah terbaca ya Campuspedia Friends. Jika kamu ingin menggunakan lebih dari satu font, kamu bisa gunakan maksimal tiga macam font saja dalam powerpoint.

5. Memasukkan Gambar Tidak Sesuai Tema

Gambar Tidak Sesuai Tema
photo by boingboingnet

Memasukkan gambar pada slide powerpoint memang sah-sah saja. Namun, yang perlu kamu tahu jangan sampai memasukkan gambar yang tidak relevan dengan tema atau topik yang akan kamu sampaikan. Hal tersebut hanya akan membuat audiens jadi salah fokus dan tidak menyimak presentasi. Jika kamu memang ingin menambahkan gambar untuk presentasi, kamu bisa memasukkan gambar yang memang relevan dan mendukung presentasimu.

6. Terlalu Banyak Efek Animasi dan Suara

Mungkin maksud hati ingin menarik perhatian audiens dengan menambahkan efek animasi dan suara pada slide powerpoint. Namun, jika terlalu banyak hal itu hanya membuat kamu jadi terlihat kurang profesional. Nah, sebaiknya kamu hindari penambahan animasi atau suara berlebihan yang memang kurang penting dan tidak mendukung presentasi.

Baca juga: Tips Presentasi: 5 Cara Membuat Power Point yang Menarik dan Memikat

7. Menggunakan Background Berlebihan

Background Berlebihan
photo by slidecow

Dalam pembuatan powerpoint, background juga jadi salah satu hal yang wajib kamu pertimbangkan. Sebab, saat presentasi yang terpenting adalah informasi yang ditampilkan dan disampaikan. Oleh karena itu, cukup gunakan background slide yang sederhana dan tidak mengganggu tulisan yang ditampilkan. Karena, jika background yang digunakan berlebihan seperti menggunakan gambar sebuah objek atau pemandangan, informasi yang kamu tuliskan akan sulit terbaca karena visual yang terlalu ramai sehingga audiens juga kurang nyaman saat membaca.

8. Memasukkan Tabel Apa Adanya

Ketika presentasi terkadang bukan hanya informasi deskripsi atau poin-poin saja yang perlu kamu tampilkan. Namun, ada kalanya kamu juga perlu menampilkan data berupa angka. Nah, untuk itu hindari penambahan data tabel mentah dari excel sebab biasanya data mentah tersebut sulit dimengerti oleh audiens. Sehingga, kamu perlu mengolah data pada tabel terlebih dulu. Cari informasi utama yang memang ingin kamu sampaikan. Kemudian, pilih tampilan visual yang paling tepat seperti diagram, grafik, atau tabel baru yang lebih sederhana. Beri juga highlight atau penekanan pada informasi yang memang penting diketahui audiens jika kamu menggunakan tabel. 

Itulah hal-hal yang wajib kamu perhatikan dalam pembuatan powerpoint. Dengan menghindari hal yang telah disebutkan diatas kamu bisa tampak lebih siap dan dijamin terlihat lebih profesional sebagai presenter. Jadi, segera praktekkan ya Campuspedia Friends!

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post Mau Profesional? Hindari Kesalahan Pembuatan PowerPoint Ini appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar