SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
Mau Mendaftar Beasiswa? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini!

Hallo Campuspedia Friends! Ketika kamu mau mendaftar beasiswa, pastinya banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Mulai dari berkas-berkas yang diperlukan sampai mental yang siap saat interview nanti. Pentingnya setiap proses seleksi membuat kamu jadi deg-degan atau panik sampai melakukan kesalahan sepele saat mendaftar beasiswa.

Kesalahan-kesalahan kecil itu malah bikin kamu gagal buat dapat beasiswa. Terus kesalahan kaya apa sih yang harus kamu hindari saat mendaftar beasiswa? Yuk simak aja!

Baca juga : Yakin Kamu Beasiswa Hunter? Kenali Dulu Istilah Unik Dalam Beasiswa

1. Malas mencari informasi

Kalau kamu punya niat cari beasiswa, kunci paling penting itu jangan malas mencari info. Kamu gak akan mempersiapkan lebih baik kalau kamu cuman nunggu informasi datang tapi gak inisiatif cari tahu sendiri. Disaat orang lain udah maju selangkah untuk mempersiapkan beasiswa, kamu malah kelimpungan sendiri karena gak tahu info apa-apa.

Akibatnya banyak hal-hal yang mungkin saja kamu terlewatkan. Misalnya ada perubahan teknis mendadak, berkas yang dikumpulkan kurang, atau kamu melakukan kesalahan sepele lainnya.

2. Cuman mikirin beasiswa tapi gak nentuin kampus dan jurusan pilihan

Ini biasanya terjadi sama pencari beasiswa yang masih baru. Banyak yang bertanya “Cari beasiswanya dulu atau kampusnya dulu”. Kalau kamu berpikir “Yang penting dapat beasiswa”. Pikiran kaya ginilah yang bisa bikin kamu gagal beasiswa lho.

Emang kenapa? Kalau kamu gak menfokuskan kampus atau jurusan kamu, bisa-bisa kamu malah bingung pas interview nanti. Alangkah baiknya kamu sudah tahu kampus dan jurusan apa yang mau kamu pilih, jadi pas interview nanti kamu gak cuman ngawang-ngawan dan bisa memberikan alasan yang jelas. Bahkan kalau perlu kamu tentukan secara detail, seperti negara mana, kampus apa, atau jurusan mana.

3. Menyiapkan berkas menjelang tanggal deadline

Biasanya setiap beasiswa memiliki tanggal deadline sekitar bulanan. Tapi mentang-mentang tanggal deadline-nya masih lama, kamu malah leha-leha dan menunda-nunda menyiapkan berkas. Hal ini gak bagus lho, kalau kamu begitu niat gak sih dapet beasiswa.

Walaupun berkas beasiswa terlihat sedikit, tapi asal kamu tahu aja kalau mempersiapkannya pun butuh waktu lama dan cukup ribet. Mulai dari sertifikat tes bahasa, surat rekomendasi, surat motivasi dan berkas lainnya. Bahkan Maudy Ayunda pernah mengatakan dia membutuhkan waktu 1 bulan untuk menulis motivasion letter saat mau mendaftar ke Oxford University.

Kalau kamu mempersiapkan dengan awal, kamu juga jadi gak gampang panik. Kamu bisa mempersiapkan dengan teliti dan juga dapat memeriksa kembali kalau-kalau ada berkas yang salah atau kurang.

4. Menyepelekan untuk belajar bahasa asing

Salah satu hal penting nih dalam mendaftar beasiswa, terutama bagi yang mau keluar negeri. Ada beberapa beasiswa yang mengharuskan kamu melampirkan sertifikat bahasa, seperti TOEFL, TOEIC, IELTS, JLPT, TOPIK, dan sertifikat bahasa lainnya. Tapi ada juga beberapa beasiswa yang mengadakan program belajar bahasa asing sebelum memulai perkuliahan.

Walaupun ada program belajar bahasa asing, minimal kamu menguasailah ya dikit-dikit tentang bahasa asing tersebut. Untuk bahasa Inggris sebisa mungkin kamu bisa menguasai 50 persen bahasa tersebut. Ingat lho, bahasa itu jadi salah satu kekuatan untuk bertahan di luar negeri.

5. Gak bisa menjelaskan alasan yang jelas kenapa kamu bisa berhak beasiswa tersebut

Tentunya panitia beasiswa mau mencari kandidat terbaik dong untuk mendapat beasiswa mereka. Untuk itu kamu perlu memberikan alasan yang jelas kenapa kamu berhak mendapat beasiswa tersebut. Jangan cuman “butuh uang untuk kuliah” tapi gak ada motivasi sama sekali dalam melanjutkan kuliah.

Para panitia beasiswa itu bukan cuman mencari kandidat yang pintar, tapi seseorang yang mau belajar. Mereka yang mau belajar pastinya akan sangat berkontribusi besar di masa depan nanti. Makanya kamu jangan minder duluan kalau melihat pesaing kamu yang lebih pintar dari kamu.

Baca juga : 5 Program Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

6. Mental sudah jatuh sebelum bertanding

Baru mau apply, kalian lihat jumlah pelamar tahun lalu dengan yang diterima beasiswa yang bersangkutan kok banyak yang ditolak ya? Akhirnya kalian mundurlah sebelum memulai untuk mempersiapkan diri.

Sebaiknya jika memang kalian ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, kalian juga harus melatih mental kalian sebagai mental pejuang. Gak lucu dong masak belum daftar udah memosisikan diri sebagai bagian yang gagal?

7. Tidak memeriksa kembali berkas-berkas yang akan diserahkan

Kesalahan paling fatal nih saat melamar beasiswa. Berkas jadi hal paling penting nih dalam proses seleksi pertama. Kalau ada berkas-berkas kurang lengkap bisa aja kamu langsung digagalkan lho. Itu karena kamu akan dianggap ceroboh dan gak bersungguh mendaftar beasiswa tersebut. Jadi alangkah baiknya sebelum kamu menyerahkan berkas tersebut, kamu memeriksa kembali kelengkapan dan juga kesalahan kecil pada berkas kamu.

8. Kepedean

Meyakinkan diri supaya lolos memang gak masalah, tapi jangan sampai kepedean. Mungkin kamu orang yang pintar, punya prestasi dimana-mana, sering ikut kegiatan ini itu. Tapi kalau kamu kepedean itu bisa jadi bumerang lho.

Ingat guys, walaupun kamu merasa kamu adalah kandidat yang bakal lolos, masih banyak kandidat lain yang ternyata jauh lebih baik daripada kamu. Kalau kamu kepedean dan ternyata malah gagal, yang ada kamu bakal merasa sakit hati karena merasa jatuh. Untuk itu yakin dirimu secukupnya aja, ada banyak hal yang mungkin terjadi.

Baca juga : Simak 7 Tips Ini Agar Lolos Seleksi Beasiswa Online!

Itulah kesalahan saat mendaftar beasiswa yang perlu kamu hindari. Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

The post Mau Mendaftar Beasiswa? Jangan Sampai Melakukan Kesalahan Ini! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR