Info Kampus
Senin, 06 Des 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Mau Kuliah di Jepang? Daftar Beasiswa Hokkaido University Yuk!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Buat kamu yang memiliki impian berkuliah di Jepang ini saatnya untuk mewujudkan! Karena program Beasiswa Hokkaido University MJSP segera dibuka nih. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi jenjang S1 di Negeri Sakura ini. Mau atau ketentuan dan program apa saja yang ditawarkan Beasiswa MJSP ini. Simak informasinya, yuk!

Beasiswa Hokkaido University MJSP

beasiswa hokkaido university (2)
photo by rodnae

Hokkaido University adalah sebuah universitas di Jepang yang menduduki peringkat 6 di Jepang berdasarkan The Word University Ranking 2022. Universitas ini membuka program beasiswa kuliah yang dikenal dengan Beasiswa Hokkaido University MJSP (Modern Japanese Studies Program). Program beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa yang tertarik belajar mengenai Masyarakat dan Budaya Kontemporer Jepang, Sejarah, Sosiologi, serta Ekonomi Politik. Beasiswa MJSP ini sendiri diberikan selama 4 tahun (masa studi) untuk jenjang S1. Diawali dengan program kursus Bahasa Jepang selama 6 bulan secara intensif. Setelahnya, penerima beasiswa memulai perkuliahan dengan Bahasa Jepang. 

Program Beasiswa

1. Terdapat beberapa program Beasiswa Hokkaido University bagi mahasiswa yang berhasil lolos seleksi. Berikut program beasiswa tersebut :

  • Kursus gratis Bahasa Jepang intensif untuk pendaftar bulan Oktober 2022.
  • Gratis biaya pendaftaran dan kuliah untuk tahun akademik 2022/2023 bagi pendaftar jenjang sarjana.
  • Pada tahun kedua perkuliahan dan tahun selanjutnya, biaya kuliah hanya diberikan pada mahasiswa terpilih berdasarkan nilai akademik.

2. Apabila tidak terpilih untuk mendapat bantuan kuliah, mahasiswa bisa mengajukan keringanan biaya kuliah penuh secara penuh, setengah, atau seperempat jika mengalami masalah keuangan. Keringanan tersebut bisa diperoleh dengan menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa.

Selain itu, terdapat beasiswa dari organisasi swasta, jika ingin mendaftar dalam program tersebut bisa mengajukan beasiswa setelah diterima dalam program MJSP. 

Persyaratan Beasiswa

1. Kewarganegaraan

Mempunyai kewarganegaraan selain Jepang memenuhi syarat pendaftaran. Bagi individu yang berstatus penduduk tetap Jepang tidak memenuhi syarat pendaftaran. 

Note: Individu yang mempunyai kewarganegaraan asing dan kewarganegaraan Jepang harus mengikuti penyaringan sebelum mendaftar. Kamu bisa menghubungi Pusat Penerimaan selama periode berikut:

Gelombang pertama: 1 Oktober 2021 – 8 Oktober 2021 

Gelombang kedua: 4 January 2022 – 12 Januari 2022

2. Kualifikasi Dasar

Terdapat beberapa syarat kualifikasi dasar yang harus dipenuhi pelamar Beasiswa Hokkaido University minimal satu dari kriteria berikut ini:

  • Sudah menyelesaikan 12 tahun pendidikan sekolah di negara selain Jepang atau setidaknya sudah lulus pada 30 September 2022.
  • Pelamar memenuhi atau setara dengan kualifikasi yang tertulis dalam syarat nomor 1 serta telah ditunjuk oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang.
  • Mendapat International Baccalaureate Diploma di negara selain Jepang pada tanggal 30 September 2022 dan diberikan langsung oleh International Baccalaureate, yayasan dengan Kode Sipil Swiss.
  • Menerima Abitur atau gelar yang diakui sebagai kualifikasi masuk universitas di Jerman.
  • Mempunyai gelar Baccalaureate, gelar yang diakui sebagai kualifikasi masuk universitas di Perancis.
  • Mempunyai GCE (General Certificate of Education) Advanced Level (A Level) yang diakui sebagai kualifikasi masuk universitas di Inggris.
  • Warga Negara Asing yang sudah menyelesaikan pendidikan sekolah selama 12 tahun di lembaga pendidikan Jepang yang terakreditasi oleh Western Association of Schools & Colleges (WASC), Association of Christian Schools International (AVSI) atau Council of International Schools (CIS) atau diharapkan sudah lulus pada 30 September 2021. Dalam hal ini, setidaknya pelamar telah terdaftar selama dua tahun berturut-turut di sekolah yang sudah disebutkan termasuk tahun ajaran terakhir.

3. Persyaratan Bahasa Inggris

Calon penerima Beasiswa Hokkaido University MJSP setidaknya harus memenuhi satu dari kondisi berikut:

  • Fasih menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu, atau telah menempuh empat tahun atau lebih pendidikan menengah (sekolah menengah pertama atau atas, dll) atau pendidikan tinggi (Universitas atau perguruan tinggi) menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama dalam pembelajaran. Note: Belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing selama empat tahun atau lebih tidak memenuhi persyaratan.
  • Mempunyai skor minimal untuk sertifikasi bahasa, yaitu minimal 79 untuk TOEFL-iBT dan TOEFL-iBT Home Edition serta 6.5 untuk IELTS. Note: Hasil tes masih dalam kurun waktu dua tahun dari batas waktu pendaftaran online.

4. Informasi Lain

Apabila terdapat ujian standar untuk masuk universitas di negara pelamar (misalnya ujian nasional), maka sebaiknya pelamar tetap mengikutinya. 

Pendaftaran Beasiswa

Gelombang pertama

  1. Pendaftaran online dibuka mulai 26 Oktober – 17 November 2022 dengan batas pengisian formulir online hingga pukul 17.00
  2. Setelah mendaftar online, berkas pendaftaran yang dibutuhkan harus dikirim melalui pos dan sampai di Jepang paling lambat 2 Desember pukul 17.00

Gelombang kedua

  1. Pendaftaran online gelombang kedua dibuka 1 Februari – 24 Februari 2022, dengan batas pengisian secara online hingga pukul 17.00
  2. Berkas pendaftaran yang dibutuhkan dikirim melalui pos dan sampai di Jepang paling lambat tanggal 11 Maret 2022 pukul 17.00

Informasi Kontak

Untuk informasi lebih lanjut seputar pendaftaran Beasiswa Hokkaido University MJSP ini, kamu bisa mengakses website resminya dengan klik disini.

Nah, itulah informasi seputar beasiswa S1 kuliah di Jepang dengan Beasiswa Hokkaido University MJSP. Meski pendaftaran dibuka dua gelombang dan kamu masih punya waktu yang lama untuk mempersiapkan berkas, jangan sampai terlena! Tetap perhatikan jadwal pendaftaran dan cek ulang berkas yang akan dikumpulkan, ya Campuspedia Friends. Semoga berhasil!

Baca juga: Kuliah S1 Gratis ke Korsel dengan Beasiswa GKS (KGSP) 2022

Baca juga: Beasiswa Baznas 2021 Kembali Dibuka!

The post Mau Kuliah di Jepang? Daftar Beasiswa Hokkaido University Yuk! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar